LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI SMP NEGERI 2 SURANENGGALA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
“Implementasi Tari Kreasi Merak”
Disusun Oleh :
LAELA SARI
121310049
BIDANG KEAHLIAN SENI PERTUNJUKAN
PROGRAM KEAHLIAN SENI TARI
DINAS PENDIDIKAN KOTA CIREBON
YAYASAN KERATON KASEPUHAN
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN (SMK) PAKUNGWATI
2014
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Rumusan
Maslaah
C. Maksud
dan Tujuan
D. Teknik
Pengumpulan Data
E. Sasaran
II. DESKRIPSI
HASIL PENELITIAN
A. Kondisi
Sekolah
B. Bentuk
Kegiatan Ekstrakurikuler
III. PELAKSANAAN
PKL
A. Praktek
Mengajar
B. Deskripsi
Tarian
IV. PENUTUP
A. Manfaat
PKL
B. Saran
LAMPIRAN
- LAMPIRAN
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa atas berkat dan rahmatnya penulis
dapat menyelesaikan laporan PKL pada tahun ajaran yang dilaksanakan d I SMP
Negeri 2 Suranenggala ini tepat pada waktunya tanpa halangan suatu apapun.
Akhirnya dengan segala
kerendahan hati izinkanlah penulis untuk menyampaikan terimakasih kepada semua
pihak yang telah memberikan pengarahan d an bimbingan dalam menyusun laporan
ini, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak
Ismatrias Djulyekana,S.Pd Selaku Kepala SMK Pakungwati
2. Wiwin
Dewi Yana Selaku Kepala Program Keahlian Seni Tari
3. Ibu
Rohaeni Selaku Pembimbing dari sekolah
4. Ibu
Riatiningsih,S.Pd selaku pembimbing Teknis/Pamong
5. Serta
Bapak/Ibu Guru yang telah memberi saran
dalam penyusunan laporan ini
6. Dan
juga kedua orang tua yang selalu memberi motivasi dan dukungan penuh
Penulis menyadari bahwa
penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangund ari pembaca sangat
dibutuhkan. Harapan dari penulis semoga
laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama
melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK
Pakungwati.
Cirebon,16
Juni 2014
Penulis,
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Didasari dalam
rangka meningkatkan wawasan pengalaman belajar dan Penguasa Keterampilan atau
keahlian Profesi tertentu pada siswa – siswi, antara lain diperlukannya adanya
penciptaan berbagai aktivita belajar dilingkungan sekolah.
Kondisi demikian
telah lama menjadi pusat perhatian Dunia Pendidikan, Lebih – lebih untuk
sekolah kejuruanbahwa penguasa keahlian Profesi sebagai salah satu tujuan
Esensial yang menggambarkan eksistensi
sekolah kejuruan tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya kesempatan melalui
pengenalan pada DUnia Kerja yang
sebenarnya.
Salah Satu Upaya
mewujudkan hal tersebut, yaitu menyelenggarakan Program kegiatan Praktek Kerja
Lapangan dalam rangka Pendidikan Sistem Ganda di Dunia kerja terkait dengan kondisi Obyektif sekolah
yang bersangkutan.
Sehubungan
dengan dasar pemikiran sebagaimana diutarakan diatas, SMK Pakungwati Cirebon
menerjunkan semua siswa kelas XI (Sebelas) untuk melaksanakan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) atau pendidikan Program system ganda (PSG) yang di tetapkan oleh
Sekolah.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalahnya adalah
sebagai berikut :
1.
Bagaimana minat siswa terhadap kesenian
terutama seni tari daerah di SMP N 2 Suranenggala?
2.
Bagaimana usaha sekolah dalam
mengembangkan minat dan bakat siswa dalam kesenian terutama seni tari daerah SMP
N 2 Suranenggala?
3.
Bagaimana respon siswa terhadap
implementasi tari Kreasi Merak SMP N 2 Suranenggala?
4. Adakah
pengaruh positif implementasi Tari Merak SMP N 2 Suranenggala?
C.
TUJUAN DAN
MANFAAT
1.
Mengetahui sejauhmana minat siswa
terhadap seni daerah SMP N 2 Suranenggala
2.
Mengetahui sejahmana usaha sekolah dalam
mendukung dan mengembangkan minat dan bakat siswa dalam kesenian terutama seni
tari daerah di SMP N 2 Suranenggala
3.
Mengukur sejauhmana respon siswa
terhadap implementasi tari Kreasi Merak di SMP N 2 Suranenggala
4.
Mengukur sejauhmana respon siswa
terhadap implementasi Tari Kreasi Merak di SMP N 2 Suranenggala
D. METODE PENGUMPULAN DATA
Adapun
cara atau langkah yang ditempuh dalam menyusun PPL II ini adalah sebagai
berikut :
1.
Sumber Data
Dalam memperoleh
data empiris yang sesuai dengan keadaan SMP N 2 Suranenggala adalah :
a. Kepala
Sekolah x
Ø Wakil
Kepala sekolah
Ø Guru
Bidang Kurikulum
Ø Guru
Mata Pelajaran Seni dan Budaya
Ø Staf
Pengelola Peralatan Praktek Kesenian
Ø Siswa
1.
Teknik Pengumpulan Data
Untuk
memperoleh data yang tepat, lengkap dan akurat,
maka dalam penelitian ini penyusun menggunakan teknik pengumpulan data
sebagai berikut :
a. Observasi
Teknik ini kami gunakan untuk
memperoleh data yang diperlukan dimana, kami dapat melakukan pengamatan secara
langsung di lokasi PKL, yaitu tentang proses belajar mengajar dan kondisi
obyektif dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
b. Wawancara
Teknik ini dilakukan, guna
melengkapi data yang kami peroleh. Wawancara dilaksanakan secara langsung
dengan kepala sekolah, guru, staf pengelola peralatan kesenian dan siswa
c. Studi
Dokumentasi
Dalam teknik ini, penyusun mengutip
tentang identitas sekolah, sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki serta
segala hal yang berkaitan dengan data yang kami analisis
2.
Teknik Deskripsi dan Analisis
a. Teknik
Deskripsi
Tekhnik ini penyusun gunakan untuk
memperoleh data tentang SMP Negeri 2 Suranenggala, yang didalamnya meliputi:
lingkungan sekolah, Personalia Sekolah, Kegiatan ekstrakurikuler, sarana
kegiatan ekstrakurikuler sekolah.
b. Teknik
Analisis Data
Data Analisis yang penyususn
peroleh dalam bentuk uraian yang sifatnya sistematik dan penyusun menggunakan
analasis logisdidalam memperoleh data yang berhubungan dengan kegiatan
ekstrakurikuler dan kondisi obyektif SMP 2 Suranengala yang bersifat kualitatif.
BAB II
DESKRIPSI
HASIL PENELITIAN
A.
Kondisi Sekolah
1. Identitas
Sekolah
a. Nama
Sekolah/Madrasah : SMP N 2 Suranenggala
b. Alamat
Sekolah/Madrasah
1) Jalan
:
Sunan Gunung Jati Km. 11
2) Kecamatan
: Suranenggala
3) Kabupaten
: Cirebon
c. Status
Sekolah / Madrasah : Negeri
d. Waktu
Kegiatan Ekstrakurikuler :
Rabu : Pkl. 10.00 – 11.30 WIB
Jum’at : Pkl. 09.30 – 11.30 WIB
2. Kelengkapan
praktek Ekstrakurikuler
No
|
Sarana Pendukung Kesenian
|
Lengkap
|
Kurang Lengkap
|
Tidak Ada
|
Jumlah
|
1.
|
Gamelan
/ Degung
|
|
|
P
|
|
2.
|
Perangkat
Band
|
|
|
P
|
|
3.
|
Angklung
|
|
|
P
|
|
4.
|
Keyboard
(Piano)
|
|
|
P
|
|
5.
|
Gitar
Akustik
|
|
|
P
|
|
6.
|
Marching
Band
|
P
|
|
|
|
7.
|
Marawis
|
P
|
|
|
|
8.
|
Perlengkapan
Tari
|
|
|
P
|
|
9.
|
Kostum
- Kostum
|
|
|
|
|
|
*)
Tari Topeng Kelana
|
|
|
|
|
|
*)
Tari Kreasi
|
|
|
|
|
|
*)
|
|
|
|
|
|
*)
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
B.
Bentuk Kegiatan dan Ekstrakurikuler
DATA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMP
NEGERI 2 SURANENGGALA
NO
|
JENIS
KEGIATAN
|
JADWAL
|
NAMA
PELATIH/ PEMBINA
|
PRESTASI
TERAKHIR
|
BERDIRI
TAHUN
|
*)
UMUM
|
|
|
|
|
|
1.
|
PASKIBRA
|
|
Unasi S,Pd
|
|
|
2.
|
PRAMUKA
|
|
Bpk.Amir,S.Pd.I
|
|
|
3.
|
PMR
|
|
Ibu.VinaS,Pd
|
|
|
4.
|
REMAJA MASJID
|
|
Ibu Ismawati,S.Pd
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)
OLAH RAGA
|
|
|
|
|
|
1.
|
BASKET
|
|
|
|
|
2.
|
VOLLY
|
|
|
|
|
3.
|
ATLETIK
|
|
Bpk. Alibasah,S.Pd
|
|
|
4.
|
SEPAK BOLA
|
|
|
|
|
5.
|
BADMINTON
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)
SENI
|
|
|
|
|
|
1.
|
MARCHING BAND
|
|
Ranita
|
|
|
2.
|
SENI DEGUNG
|
|
H.Sentot/Darto
|
|
|
3.
|
MARAWIS/REBANA
|
|
Ratnawati
|
|
|
4.
|
OLAH VOKAL
|
|
Ibu.Dinamaryanti,S.Pd
|
|
|
5.
|
SENI LUKIS
|
|
|
|
|
6.
|
SENI TEATER
|
|
|
|
|
7.
|
SENI TARI
|
|
Rohaeni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)
LAIN – LAIN
|
|
|
|
|
|
1.
|
|
|
Mustofa S,Pd.I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
PELAKSANAAN PKL
A.
Praktek
Mengajar
Pelaksanaan
Praktek mengajar merupakan salah satu cara agar siswa PKL memperoleh pengalaman
dan penghayatan secara langsung dari kegiatan megnajar yang dituangkan dalam
bentuk praktek Kerja Lapangan.
Pelaksanaan
PKL ini mengarahkan siswa agar menjadi gurutari atau pelatih ekstrakurikuler
yang professional dan berkompeten dalam bidangnya. Karena sebelum calon guru menjadi guru yang sebenarnya, calon guru
harus dibekali dengan pengalaman dan penghayatan lewat praktek pengalaman kerja lapangan.
Ssiswa
yang melaksanakan PKL di SMP NEGERI 2 Suranenggala minimal melaksanakan 15 kali
pertemuan, dengan materi pelajaran tari yang telah ditentukan oleh guru pamong
dan diskusi bersama guru pembimbing.
Sebelum
melaksanakan praktek mengajar, praktikan diwajibkan membuat persiapan mengajar
secara matang, terperinci, dan terencana dengan baik. Misal membuat persiapan
tertulis berupa scenario pembelajaran dan mengisi jurnal PKL. Beberapa tahapan
persiapan yang dilakukan antara lain :
1. Tahapan
Persiapan
·
Merencanakan teknis dan metode
pengajaran yang akan disampaikan
·
Merencanakan langkah – langkah yang akan
dilakukan dalam pengajaran
·
Merencanakan alat pendukung/peraga
2. Tahapan
pelaksanaan
·
Menyiapakan materi pokok yang akan
disampaikan
·
Menggunakan strategi pembelajaran dalam
pengajaran
·
Memberikan latihan berupa olah tubuh
·
Mengimplementasikan tarian Bangbugn
Hideung
·
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
megembangkan tarian
·
Pemberian tugas
3. Tahapan
penilaian
B.
DESKRIPSI TARIAN MERAK
Tari Merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu burung merak. Tata cara dan geraknya
diambil dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri
Merak yaitu binatang sebesar ayam, bulunya halus dan dikepalanya memiliki seperti mahkota. Kehidupan merak yang selalu mengembangkan bulu ekornya agar menarik burung merak wanita menginspirasikan R. Tjetje Somantri untuk membuat tari Merak ini.
Dalam pertunjukannya,
ciri bahwa itu adalah terlihat dari pakaian yang dipakai penarinya memiliki motif seperti bulu merak. Kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak; hijau biru dan/atau hitam. Ditambah lagi sepasang sayapnya yang melukiskan sayap atau ekor merak yang sedang dikembangkan. Gambaran merak akan jelas dengan memakai mahkota yang dipasang di kepala setiap penarinya.
Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan, biasanya tiga penari atau bisa juga lebih yang masing-masing memiliki fungsi sebagai wanita dan laki-lakinya. Iringan
lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul. Dalam adegan gerakan tertentu terkadang
waditra bonang dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang, itu merupakan bagian gerakan
sepasang merak yang sedang bermesraan.
Dari sekian banyaknya tarian yang
diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, mungkin tari Merak ini merupakan tari
yang terkenal di Indonesia dan luar negeri. Tidak
heran kalau seniman Bali juga, diantaranya mahasiswa Denpasarmenciptakan tari Manuk
Rawa yang konsep dan gerakannya hampir mirip dengan tari Merak.
Sejarah
Tari Merak sebenarnya berasal dari bumi pasundaan ketika pada tahun 1950
seseorang keografer bernama raden TJE TJE P Somantri menciptakan gerakan tari
Merak. Dalam perjalanan waktu, tari merak jawa barat telah mengalami perubahan
tari gerakan asli yang diciptakan oleh raden somantri. Dr.Irawati Durban Arjon
yang berjasa menambahkan beberapa koreografi kedalam Tari Merak versi asli. Sejarah
tari merak tidak hanya sampai disitu karena pada tahun 1985 gerak tari merak
kembali direvesi.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Manfaat
PKL Bagi Praktikan
Dengan adanya
Praktekan Kerja Lapangan (PKL) yang dirasakan oleh praktikan besar sekali
manfaatnya. Praktikan dapat merasakan langsung bagaimana menghadapi siswa
didepan kelas pembelajaran ekstrakurikuler, bagaimana cara menyampaikan materi
dan bagaimana mengendalikan siswa dalam jumlah banyak. Dan praktikan juga dapat
mengetahui bagaimana cara menggunakan media pembelajaran ayng baik. Karena pada
saat terjun kelapangan harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
tersebut.
Serta Praktikan
dapat mengetahui tentang tata cara pembuatan Skenario pembelajaran sebelum
mengajar kemudian dikonsultasikan kepada guru pamong.
Praktek Kerja
Lapangan (PKL) Merupakan sebuah pengalaman berharga bagi praktikan, karena dengan
dilaksanakan PKL dapat memberi gambaran yang jelas untuk menjadi seorang guru
tari yang baik. Dengan kegiatan PKL Praktikan mampu mengaplikasikan teori yang
didapat dari sekolah dengan dunia kerja yang sebenarnya.
2.
Hambatan
yang dihadapi
a. Praktikan
pertama kali melakukan kegiatan belajar mengajar, sehingga masih terdapat rasa
sgugup sehingga praktikan merasa kesulitan dalam menyampaikan materi
b. Belum
pandai dalam pengelolaan waktu dalam KBM dalam Ekstrakurikuler
c. Dalam
Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran,Terkadang siswa kurang memperhatikan materi
yagn diberikan oleh praktikan
d. Sarana
dan prasarana yang kurang memadai untuk kegiatan ekstrakurikuler kesenian
e. Kurang
adanya dukungan penuh dari sekolah untuk mengembagnkan bakat siswa dalam bidang
kesenian terutama seni tari
f. Siswa
terkadang absen dalam kegaitan pembelajaran tari, sehingga praktikan sering
mengulang materi.
3. Upaya
untuk mengetasi Hambatan yang dihadapi
Dalam kegaitan
ekstrakurikuler menggunakan metode menarik supaya pengelolaan siswa lebih baik,
praktikan sering konsultasi, baik dengan guru pamong yang ada ataupun dengan
wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Sedangkan dalam hal materi, untuk
menguasai materi supaya lebih baik praktikan sering melakukan diskusi dengan
guru pamong, guru pembimbing, ketua jruusan seni tari , peserta praktikan yang
lain dan mencari sumber materi dari internet.
4. Pencapaian
Materi
DAFTAR NILAI KEMAMPUAN SISWA
EKSTRAKURIKULER SENI TARI
“Implementasi Tari Bangbung Hideung”
NO
|
NAMA SISWA
|
KELAS
|
NILAI
|
NA
|
KET
|
||
WIRAGA
|
WIRAHMA
|
WIRASA
|
|||||
1.
|
Yulia
|
7D
|
75
|
83
|
80
|
238
|
|
2.
|
Affa
|
8C
|
75
|
80
|
80
|
235
|
|
3.
|
Mega
|
8F
|
80
|
80
|
80
|
240
|
|
4.
|
Cindy
|
8G
|
75
|
80
|
80
|
235
|
|
5.
|
Zulfa
|
8D
|
76
|
81
|
80
|
237
|
|
6.
|
Diyon
|
8F
|
75
|
80
|
75
|
230
|
|
7.
|
Seka
|
8F
|
80
|
85
|
80
|
245
|
|
8.
|
Sucipto
|
8B
|
75
|
82
|
80
|
237
|
|
9.
|
Toyib
|
8E
|
75
|
80
|
80
|
235
|
|
10.
|
Tarsadi
|
8A
|
80
|
75
|
80
|
235
|
|
11.
|
Robadi
|
7G
|
80
|
73
|
80
|
233
|
|
12.
|
Rohadi
|
8F
|
85
|
80
|
81
|
246
|
|
13.
|
Zaenal
|
8G
|
85
|
80
|
80
|
245
|
|
Dari data diatas, dapat disimpulkan
bahwa pencapaian materi hasil PKL praktikan mencapai 80% dan dianggap berhasil
melaksanakan PKL dalam mengimplementasikan Tari Merak di SMPN 2 Suranenggala
B. Saran – saran
1.
Saran
Kesekolah
a. Kedisiplinan
Siswa lebih ditingkatkan lagi supaya kegiatan Ekstrakurikuler lebih efektif
b. Sarana
dan prasarana sekolah lebih ditingkatkan lagi
2.
Saran
ke Jurusan dan SMK Pakungwati
Dalam
pembekalan PKL diusahakan lebih mendalam baik persiapan ataupun meateri
pelajaran supaya praktikan lebih siap secara mental ataupun materi dalam
melaksanakan PKL Materi Tarian harus lebih Variatif terutama tari kreasi
3. Lain
– Lain
PKL adalah suatu
system pembelajaran yang memadukan antara teori dengan Praktek dilapangan. Sehingga
jangan hanya materi pelajaran saja yang diperdalam, tetapi mental, teknik
melatih dan penguasaan siswa harus juga dilatih sehingga ketika PKL
dilaksanakan, praktikan sudah siap mental maupun materi sehingga kegiatan PKL
akan berjalan dengan lancar
No comments:
Post a Comment