Tuesday 6 October 2015

PT.PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PERSERO) (P E L N I)

PT.PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PERSERO)
(P E L N I)


S H I P S ’S   P A R T I C U L A R S


NAME OF SHIP                                 : MV.CIREMAI
CALL SIGN                                        : Y E U P
L.M.O BUMBER                                : 9 0 3 2 1 3 5
NATIONALITY                                  : REPUBLIK INDONESIA
PORT OF REGISTERACY                : JAKARTA
OWNER                                               : DIR.GEN.OF SEA COM
                                                                (DITJENLA – JAKARTA)
OPERATOR                                        : PT.PELNI JAKARTA
OFFICIAL NUMBER                        : GT.14610 NO.311/PST
GROSS TONNASE / G.R.T               : 14.610.TON
NET TONNAGE / N.R.T                    : 5.422.TON
DEAD WEIGHT TONS / D.W.T        : 3.200.TON
LENGTH OVE ALL/L.O.A               : 130.Mtr
BREADTH MOULDED                     : 23.40 Mtr
DEPTH MOULDED                           : 13.40 Mtr
LIGHT DRAFT                                   : 2.32 Mtr
FULL DRAFT                                     : 5.89 Mtr
DISPLACEMENT                               : 10.800 TON
BALE SPACE                                     : 1.200 CBM / 1.400 CBM
TYPE OF VESSEL                             : RO-RO PASSANGER
MAIN ENGINE POWER                   : KRUPP.MAK 6M 601C

SPEED                                                 : 18.50 KNOTS
SERVICE AREA                                : INDONESIA OCEAN
CREWS/PILOT/OWNER                   : 105 PERSON
NUMBER OF DECK                          : 10.th.DECK
PASSANGER FACILITIES               : 1st CLASS                        : 44 PERSONS
: 2nd CLASS                         : 88 PERSONS
: BISNIS/EKO CLASS      : 763 PERSONS
: TOTAL                              : 895 PERSONS


HALAMAN PENGUJI


Judul / Mata Kuliah    : …………………………………………………………………………….
Nama Taruna / NIT     : …………………………………………………………………………….
Tanggal Pengujian       : ……………………………………………s/d………………………….

Penguji
Nama / NIP
Tanda Tangan
Nilai
Ket
1.




2.







KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
1.      Proyek Laut merupakan hal yang harus dilaksanakan oleh setiap Akademi Pelayaran, dengan terjun langsung ke lapangan para Taruna Proyek Laut akan memperoleh tambahan ilmu  yang didapat di bangku kuliah
2.      Dengan melaksanakan proyek Laut, para Taruna akan menambah wawasan dan mendapat pengalaman baru yang sangat berguna
3.      Pada dasarnya ilmu yang didapat dibangku kuliah tidak jauh berbeda dengan ilmu yang didapat pada saat praktek diatas kapal.

B.     Saran – saran
Kalau boleh kami menyarankan, kiranya Akademi – akademi Pelayaran Swasta mengadakan kerja sama dengan Perusahaan – perusahaan Pelayaran guna untuk mempermudah Taruna yang akan melaksanakan Proyek Laut untuk mendapatkan kapal sebagai tempat praktek.


PENUTUP

Satu tahun lamanya kami menjalankan Praktek Kerja Laut di MV.Ciremai selama itulah kami menimbah ilmu sebagai bekal pengalaman untuk menapaki dunia kerja.
Berdasarkan pengalaman – pengalaman tersebut kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1.      Kapal terdiri dari orang – norang yang kompleks, baik suku agama, ras dan kepentingan yang berbeda – beda setiap orang harus saling menghargai sehingga tercipta keharmonisan dalam rangka untuk menjaga kelangsungan operasional kapal
2.      Setiap insane pelayaran selalu di tuntut untuk membekali dirinya dengan segala keterampilan dari pengetahuan sesuai bidangnya. Perkembangan teknologi dan perubahan – perubahan peraturan harus selalu di antisipasi
3.      Disiplin kerja adalah mutlak diperlukan dalam setiap pelaksanaan dinas jaga maupun dalam pelaksanaan kerja harian
4.      Permesinan dan perlengkapan dikapal dapat menimbulkan bahaya terhadap personil. Oleh karena itu, segala tindakan dan kegiatan diatas kapal dilakukan dengan selalu memperhatikan aspek – aspek keselamatan.
Pada kesempatan kali ini pula, ijinkan kami mengemukakan saran – saran demi kebaikan bersama sebagai berikut :
1.      Meningkatkan kesadaran untuk tidak melakukan hal – hal yang dapat mengakibatkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain, terutama ketika sedang melakukan suatu pekerjaan
2.      Meningkatkan kesadaran untuk tidak melakukan hal – hal yang dapa tmenimbulkan pencemaran terhadap laut
3.      Meningkatkan pemberdayaan Taruna terutama tentang pengenalan di kampus terhadap laut tinggal kedalamannya saja.
Akhirnya kami mohon maaf apabila terdapat kata – kata dan penulisan yang tidak berkenan dihati para pembaca. Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk mencapai hasil yang lebih baik. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak telah membantu terselesainya laporan ini.
Semoga dengan adanya laporan Kerja Proyek Laut ini akan dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


LAMPIRAN


KEMENTRIAN PERHUBUNGAN
BADAN PENGEMBANGAN MSUMBER DAYA MANSUAI PERHUBUNGAN
SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN

JL.MARUNDA MAKMUR
CILINCING JAKARTA UTARA
JAKARTA 14150
TEL.

Email
: (021) 88991618 (Hunting)
FAX : (021) 44834345



SURAT IJIN PRAKTEK PELAYARAN
NO.SM.106/49/16/.STIP-13

1.      Memperhatikan surat Direktur Akademi Maritim Suaka Bahari (AKMI) Cirebon Nomor : 569/SB/AKMI.C/NT/IV/2013, Tanggal : 24 A[ro; 2013, dan hasil evaluasi administrative persyaratan praktek berlayar, dengan ini :

NO
NAMA
JURUSAN / NIS
ASAL
1.
Pupung Saepulloh
NATIKA/10243072
AKMI Cirebon
Diijinkan untuk melaksanakan praktek berlayar apda kapal niaga selama 12 bulan

2.      Kepada Perusahaan Pelayaran yang dapat memberikan bimbingan, kesempatan mendapatkan keterampilan dikapal dan evaluasi yang obyektif agar Taruna tersebut dapat menjadi perwira kapal yang professional.

3.      Perusahaan Pelayaran, Nahkoda dan Perwira Kapal Juga diharapkan dapat memberi bahan masukan untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan kepelatuan Indonesia.

4.      Kepada Taruna/Siswa Diklat Kepelautan yang telah mendapatkan / Penempatan di Kapal (Mutasi Sign On) diminta agar segera melapor dengan mengirimkan copy surat mutasi penempatan dari perusahaan pelayaran tersebut ke Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.

5.      Sehubungan dengan hal tersebut daitas, Taruna / Siswa agar melaksanakannya dengan sungguh – sungguh, karena hal itu adalah merupakan bagian dari persyaratan untuk mengikuti ujian paket praktek berlayar di Sekolah TInggi Ilmu Pelayaran Jakarta.


Jakarta, 10 Mei 2013
An.KETUA
SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN
KABAG ADM AKADEMIK DAN KETARUNAAN




Tembusan :
1.      Ketua STIP
2.      Kepala Pusat Pengembangan SDM Hubla
3.      Direktur Akademi Maritim Suaka Bahari (AKMI) Cirebon

 


Capt. DEDTRI ANWAR, SE.MM
(PEMBINA IV/a)
NIP. 19690524 199709 1 001


LAPORAN
KERTAS KERJA PROYEK LAUT
PROGRAM STUDI NAUTIKA

ILMU PELAYARAN DATAR & MENJANGKA PETA
Laporan Ini Disusun Sebagai Persyaratan Untuk Mendapatkan Ijazah
AHLI NAUTIKA TINGKAT III (ANT III)






DISUSUN OLEH :
NAMA                  : NANDANG GUNAWAN
NIT                        : 10243069
ASAL DIKLAT     : AKMI CIREBON
NAMA KAPAL    : MV. CIREMAI




AKADEMI MARITIM (AKMI) SUAKA BAHARI
CIREBON

2015

No comments:

Post a Comment