Saturday 3 October 2015

RUSA



Cirri dan perilaku : cirri khas rusa gambar adalah tubuh yang besar dengan warna buluh kecoklatan dan cenderung berwarna coklat ke abu – abuhan atau ke merah – merahan warna gelap sepanjang bagian atas.
Rusa yang hidup disumatera Indonesi ini dapat tumbuh stinggi 102 cm – 160 cm dengan panjang tubuh sekitar 150 cm. Berat rusa dewasa sekitar 80-90 kg (betina) dan 90 – 125 kg (jantan) tanduk rusa sambar juga tergolong panjang dan bisa mencapai hingga tinggi 1 meter.
Meskipun tidak memiliki musim kawin yang spesifik, umumnya rusa sambar (cervus unicolor) melakukan perkawinan alami berkisar antara bulan juni sampai September, rusa betina akan bunting selama 7-8 bulan. Anak – anak bersembunyi selama 12 minggu. Kemudian bergabung dengan kelompok.
Tanduk rusa hanya dimiliki oleh rusa jantan yang tumbuh pada umur sekitar 14 tahun. Tanduk pertama hanya berbentuk lurus dan bercabang apda masa pertumbuhan tanduk berikutnya. Tanduk akan lepas pada umur 10-12 bulan setelah tumbuh. Selanjutnya akan tumbuh kembali.

Rusa sambar merupakan binatang diurnal yang beraktifitas pada siang hari. Mereka hidups ecara berkelompok dan mendiami daerah hutan tropis maupun sub tropis hingga ketinggian mencapai 2.000 meter PPL.

No comments:

Post a Comment