RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS
/ SEMSTER : I / SATU
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT (IX PERTEMUAN)
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mengenal
cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
II.
KOMPETENSI
DASAR
2.2 Membedakan
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
III.
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
1. Menyebutkan
ciri – ciri lingkungan sehat
2. Menyebutkan
ciri – ciri lingkungan sehat
3. Menceritakan
manfaat lingkungan sehat
4. Menjelaskan
akibat lingkungan tidak sehat
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan ciri – ciri lingkungan sehat dengan baik
2. Siswa
dapat menyebutkan ciri – ciri lingkungan tidak sehat dengan benar
3. Siswa
dan menceritakan manfaat lingkungan sehat dengan baik
4. Siswa
dapat menjelaskan akibat lingkungan tidak sehat dengan benar
V.
MATERI
AJAR
Lingkunganku sehat
Perhatikan gambar di sebelah kiri
Apa yang dilakukan orang pada gambar megnapa orang
pada gambar melakukannya sekarang perhatikan gambar sebelah kanan apa
keuntungan lingkungan sehat apa ciri – ciri lingkungan sehat bagaimana agar
lingkungan tetap sehat
VI.
METODE
DAN STRATEGI
Metode : Tanya
jawab, penugasan
Strategi :
Tekstual dan Kontekstual
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal ( 5 Menit )
1. Guru
Mengucapkan Salam
2. Siswa
Berdo’a
3. Guru
Menanyakan kehadiran siswa
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti ( 25 Menit )
1. Eksplorasi
a. Siswa
menulis materi
b. Guru
menjelaskan materi
c. Siswa
membaca materi
d. Membaca
berganitan mengalak
2. Elaborasi
a. Melalui
Tanya jawab siswa dfapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
b. Guru
memberikan tugas
c. Siswa
menulis di buku masing-masing
3. Konfirmasi
a. Guru
dan siswa mengoreksi tugas
b. Guru
dan siswa bertanya jawab seputar lingkungan sehat
c. Melalui
penugasan siswa dapat mengetahui menfaat dan akibat menjaga dan tidak menjaga
lingkungan
d. Guru
dan siswa mekuruskan kesalahfahaman
e. Memberikan
penguatan dan kesimpulan.
VIII. PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Akhir
b. Jenis
penilaian
1. Tertulis
c. Bentuk
penilaian
1. Essay
d. Alat
penilaian
1. Teks
Penugasan
e. Instrument
penilaian
Diambil berdasarkani indikator :
1. Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan hidup sehat
2. Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan tidak sehat
3. Menceritakan
manfaat lingkungan sehat
4. Menjelaskan
akibat lingkungan tidak sehat
Soal
Penugasan
1. Sebutkan
ciri-ciri lingkkungan sehat !
2. Sebutkan
ciri-ciri lingkungan tidak sehat !
3. Apakan
manfaat lingkungan sehat !
Apakah akibat
lingkungan tidak sehat !
Kunci
Jawaban
1. Rapih,
bersih dan teratur
2. Kotor,
berserakan, dan tidak teratur
3. Kita
mendapatkan kesehatan, kenyamanan diri, dan terhindar dari penyakit
4. Kita
menjadi tidak sehat, lebih mudah terkena penyakit
Perhitungan nilai
Bobot soal 25 / Skor Perolehan x 100
4
x 25 =
100 / Jumlah skor
IX.
RENCANA
TINDAKAN
Nilai : Mengikuti Remedial
Nilai : Mengikuti Pengayaan
Nilai : Tidak Mengikuti Remedial
Lemahabang, 1 Desember 2015
Guru
Pamong Pratikkan
Hj. TURI SA’DIYAH,S.Pd.SD DARITO
NIP.
195704281978032002 NIM.
130641305
RENCANAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS : V ( LIMA )
SEMESTER : I ( SATU )
ALOKASI
WAKTU : 3 X 35 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1. Mengungkapkan
Pikiran,perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk
karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
II.
KOMPETENSI
DASAR (SD)
2.1.Menuliskan
karangan berdasarkan penglaman dnegan memperhatikan pilihan kata dengan
pengunaan ejaan
III.
INDIKATOR
1. Menyusun
pokok-pokok pikiran dan pengalaman pribadi
2. Mengembangkan
pokok-pokok pikiran menjadi paragraf dengan bahasa yang baku.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu membuat kerangka karangan
dengan benar
2.
Siswa mempu menyusun kerangka karangan
menjadi karangan dengan benar
3.
Siswa mampu membuat karangan tanpa
kerangka karnagan dengan benar
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggung
jawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
A. Mengamati
gambar dan membuat kerangka karangan
Perhatikan gambar berikut !
Setelah kamu perhatikan gambar diatas, jawablah
pertanyaan
1. Adakah
koperasi sekolah disekolahmu? Jika ada, apa namanya?
2. Apa
saja yang dijual dikoperasi mu?
3. Bagaimana
harga barang-barang di koperasi sekolahmu? Lebih mahal atau lebih murah dari pada
toko?
4. Pernahkah
kamu belanja di koperasi sekolahmu ? mengapa?
5. Apakah
setiap sekolah harus mempunyaiu koperasi? Bagaimana pendapatmu?
VI.
METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
METODE : Cerama, Tanja Jawab, Demonstrasi,
Dan Penugasan
MODEL :
Teks Dialog
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal ( 5 Menit )
1. Siswa
berdo’a bersama-sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan operasi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti ( 25 Menit )
1. Eksplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan materi yang disampaiakan guru
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
c. Guru
dan siswa Tanya jawab tentang meteri yang disampaikan.
2. Elaborasi
a. Siswa
memperlihatkan gambar
b. Guru
memberikan pertanyaan kepada suswa tentang kegiatan yang ada dalam gambar
c. Guru
memebrikan tugas membuat karangan kepada siswa
d. Siswa
menyampaikan hasil karangannya di depan kelas.
3. Konfirmasi
1. Memberikan
umpan balik yang positif atau penguatan secara lisan, tulisan, isyarat
terdhadap keberhasilan siswa
2. Guru
bertanya jawab, meluruskan kembali kesalahfahaman memberi penguat dan kesimpulan.
C.
Kegiatan
Akhir / penutup ( 5 menit )
1. Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan penjelasan
2. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
3. Guru
mengucapkan salam kepada siswa
VIII. MEDIA DAN SUMBER BAHAN
MEDIA :
SUMBER
BAHAN : Buku Bahasa Indonesia ( TIM
RINA BAHASA
INDONESIA
) Yudistira hal 32-34
IX.
PENILAIAN
A. Prosedur
Penilaian
1. Dalam
proses
2. Akhir
B. Jenis
Penilaian
1. Tertulis
C. Bentuk
Penulisan
1. Essay
D. Alat
Pernilaian
1. Soal
Evaluasi
Mengetahui
Lemahabang,1
Desember 2015
Guru
Pamong Praktikan
HJ. AYU MAYA DARITO
NIP. NIM.130641305
RENCANAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS : III ( TIGA )
SEMESTER : I ( SATU )
ALOKASI
WAKTU : 1 X 35 Menit ( 1 X
Pertemuan )
I.
STANDARA
KOMPETENSI
1. Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilaksanakan
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.2.
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan.
III.
INDIKATOR
1. Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita binatang
2. Menyebutkan
sifat-sifat tokoh dalam cerita binatang
3. Menebutkan
judul cerita dalam cerita binatang
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
mendengarkan cerita yang disampaiakan guru, siswa mampu menyebutkan kembali
nama-nama tokoh yang ada dalam cerita anak dengan benar.
2. Setelah
mendnegarkan cerita yang disampaikan guru, siswa mampu menyebutkan kembali
sifat-sifat tokoh yang ada dalam cerita anak dengan benar.
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggung
jawab
3. Ketelitian
4. Toleransi
5. Percaya
diri
6. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
Mendengarkan
cerita binatang
KISAH HARIMAU DAN GAJAH
Dahulu kala disebuah hutan sangat
rimba. Hiduplah bermacam-macam binatang, dari yang paling kecil seperti semut
dan binatang yang paling besar seperti gajah.
Gajah sangat angkuh, ia mengakui
dirinya paling kuat, gajah binatang yang disegahi di hutan tersebut karena
berhasil mengalahkan harimau si raja hutan, Gajah dengan mudah mengalahkan
Harimau, dengan belalainya yang panjang, Harimau diangkat tinggi-tinggi dan
dibanting ke tanah, karena dapat mengalahkan harimau, Gajah mengakui sebagai
penguasa hutan rimba yang baru.
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
1. METODE : Penjelasan singkat, Tanya jawab,
demonstrasi dan
penugasan
2. MODEL : Gambar-Gambar
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal ( 5 Menit )
1. Siswa
berdo’a bersama-sama
2. Guru
memotivasi dan mengkodisikan siswa
3. Guru
mengadakan apresiasi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaiakan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti ( 25 Menit )
1. Eksplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan materi yang
disampakain guru
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
c. Guru
dan siswa Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a. Guru
membagi lembar kerja kepada siswa
b. Siswa
mengerjakan lembar kerja yang diberikan oleh guru
c. Siswa
menceritakan kembali
3. Konfirmasi
a. Memberikan
umpan balik yang positif dan penguatan secara lisan, tulisan, syarat terhadap
keberhasilan siswa
b. Guru
bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui
c. Guru
dan siswa bertanya jawab, meluruskan kembalikesalahan, memberikan penguatan dan
kesimpulan
C.
Kegiatan
akhir / Penutup(5 menit)
1. Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan pelajaran
2. Melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang mudah dilakukan secara terprogram
3. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut remedial, atau melakukan tugas rumah baik individu
maupun kelompok sesuai hasil belajarpeserta didik
4. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
1. Media : Gambar – gambar
IX.
PENILAIAN
A.
Prosedur
penilaian
1. Dalam
proses
2. Akhir
3. Jenis
penilaian
4. Tertulis
5. Bentuk
penilaian
6. Essay
7. Alat
penilaian
8. Soal
– soal tes
SOAL EVALUASI
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan dibawah ini!
1. Siapa
saja tokoh dalam cerita yang baru saja dibacakan?
2. Bagaimana
sifat dari tokoh gajah dalam cerita tersebut?
3. Siapa
tokoh yang memiliki sifat baik?
4. Siapa
tokoh yang memiliki sifat jahat?
5. Apa
judul dari cerita tersebut?
KUNCI JAWABAN
1. Semut,
Gajah, Harimau, Beruang, Landak dan badak
2. Angkuh
3. Semut,
Harimau, Beruang, Badak, dan Landak
4. Gajah
5. Kisah
Harimau dan Gajah
Skor
Penilaian
Bobot
Soal Tiap Item : 20
Jumlah
Soal : 5
Jadi
Nilainya 20 x 5 : 100
Mengetahui, Lemahabang,
27 November 2015
Guru
Pamong Praktikan
NUNUNG NURHAYATI,S.Pd.SD DARITO
NIP.
19630509 1982042004 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
OPELAJARAN : IPA
KELAS
: MIII
(Tiga)
SEMESTER
: 1 (satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 x 35 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1. Makhluk
Hidup dan proses Kehidupan
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.1 Mengidentifikasi
Ciri – Ciri Makhluk Hidup
1.2 Mengidentifikasi
Kebutuhan Makhluk Hidup
III.
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi
ciri – ciri makhluk hidup
2. Membedakan
antara makhluk hidup dan tak hidup ebrdasarkan pengamatan ciri – ciri
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARNA
1. SIswa
dapat menyebutkan ciri – ciri makhluk nhidup
2. Siswa
dapat menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
3. Siswa
dapat membandingkan ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggung
Jawab
3. Ketelitian
4. Toleransi
5. Percaya
diri
6. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
Ciri – ciri makhluk hiudp dan makhluk
tak hidup
Ciri – ciri makhluk hidup
a. Bernapas
b. Membutuhkan
makanan
c. Mengalami
pertumbuhan
d. Menerima
dan menanggapi rangsangan
e. Bergerak
f. Berproduksi
(menghasilkan keturunan)
Ciri – ciri makhluk tak
hidup (benda mati)
a. Tidak
bernapas
b. Tidak
membutuhkan makanan
c. Tidak
mengalami pertumbuhan
d. Tidak
mampu menerima dan menanggapi rangsangan
e. Tidak
bergerak (diam)
f. Tidak
mengalami reproduksi (tidak menghasilkan keturunan)
VI.
METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. METODE
: Penjelasan singkat, Tanya jawab,
Demonstrasi dan
penugasan
2. MODEL : Makhluk Hidup dan benda mati
VII.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal (5 menit)
a. Siswa
berdo’a bersama – sama
b. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
c. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti (25 menit)
1. Eksplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan materi yang disampaikan guru
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
c. Guru
dan siswa Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a. Melalui
Tanya jawab siswa dapat menyebutkan ciri
- ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
b. Guru
memberikan tugas
c. Siswa
menulis di Buku masing – masing
3. Konfirmasi
a. Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan penjelasan
b. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
c. Guru
mengucapkan salam kepada para siswa
VIII. MEDIA DAN SUMBER BAHAN
1. Media
: Gambar - Gambar
2. Sumber
Bahan : Buku paket IPA kelas
III penerbit Erlangga
IX.
PENILAIAN
1. Tertulis
=> melalui soal – soal yang diberikan
2. Nontulis
=> melalui keaktifan siswa didalam kelas, misalnya dalam Tanya jawab dll
SOAL – SOAL EVALUASI
A.
Pilihan
Ganda
1. Berikut
ini yang tidak termasuk makhluk hidup adalah….
a. Hewan
c. Manusia
b. Udara d. Tumbuhan
2. Makhluk
hidup memiliki ciri sebagai berikut, Kecuali….
a. Hewan
c. Bernapas
b. Udara d. Diam
3. Alat
gerak pada ikan berupa….
a. Sisik c. Kulit
b. Sayap d. Sirip
4. Hewan
air pada umumnya bernapas dengan menggunakan……
a. Paru
– paru c. Insang
b. Hati d. Jantung
5. Hewan
yang bergerak dengan cara terbang ialah……
a. Semut c. Kucing
b. Burung d. Kelinci
B.
Lengkapi
pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar :
1. Batu
dan air merupakan contoh makhluk
2. Agar
tubuh kita tambah besar dan tinggi, kita harus makan makanan yang….
3. Oksigen
diperlukan untuk…
4. Katak
bergerak dengan cara….
5. Akar
berfungsi sebagai…..
Kunci Jawaban
A. Pilihan
Ganda
1. b.
Udara
2. d.
Diam
3. d.
Sirip
4. c.
Insang
5. b.
Burung
B. Uraian
1. Makhluk
tak hidup
2. Sehat
dan bergizi
3. Bernapas
4. Melompat
5. Tempat
menyimpan cadangan makanan
Skor
Penilaian
Bobot
Soal tiap item : 10
Jumlah
Soal : 10
Jadi
nilainya 10 x 10 : 100
Mengikuti
: Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
NUNUNG
NURHAYATI, S.Pd.SD DARITO
NIP.
19630509 198204 2 004 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS
/ SEMESTER : IV / II
MATERI
POKOK : GAYA
WAKTU
: 2 X 45 MENIT
METODE : CERAMAH
A.
STANDAR
KOMPETENSI
7..Memahami
gaya dapat mengubah gerakan dan / suatu benda
B.
KOMPETENSI
DASAR
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan
bahwa gaya (dorongan dan tarikan dapat mengubah gerak suatu benda
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menarik kesimpulan dari
kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak dan benda
bergerak menjadi:
a.
Diam
b.
Bergerak makin cepat
c.
Berubah arah
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin (Disiplin), Rasa Hormat dan perhatian
(Respect), tekan (Diligence), Tanggung Jawab (Responsibility) dan ketelitian
(Laretulness)
D.
MATERI
ESSENSIAL
Gaya mempengaruhi benda
E.
MEDIA
BELAJAR
1. Buku
SAINS SD Relevan Kelas IV
2. Bola
Ketereng, berbagai benda yang berat, dinding sekolah
F.
RINCIAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA
Pertemuan Ke-1
1.
Pendahuluan
A. Apersepsi
dan Motivasi
1) Menyampaikan
indikator dan kompetensi yang di harapkan
2) Memahami
kembali peta konsep tentang gaya
2.
Kegiatan
Inti (35 Menit)
B.
Ekplorasi
Dalam Kegiatan Eksplorasi, Guru :
1. SIswa dapat memahami konsep gaya berupa
dorongan atau tarikan
2. Memahami
perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya
C.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, Guru :
1. Memberikan
contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
b. Kuda
menarik delman
c. Menutup
pintu
d. Menendang
Bola
e. Menarik
tali bendera saat upacara
f. Tukang
baso mendorong gerobak
g. Melakukan
kegiatan
D.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Guru :
1. Guru
bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
2. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman diketahui siswa
3. Memberikan
Penguatan dan Penyimpulan
a. Menarik
Kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak
4. Pekerja
rumah
a. Tugas
7.1 (Hal. 138)
E.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrument
|
Instrumen / Soal
|
a. Membuat
daftar berbagai gerak benda
b. Mendemonstrasikan
cara menggerakan benda, misalnya didorong dan di lempar
c. Mengidentifikasikan
faktor yang mempengaruhi gerak benad, misalnya jatuh bebal akibat gravitasi,
gerak dilantai yang daftar karena dorongan
|
Tugas
individu dan kelompok
|
Laporan
uraian objektif
|
a.
Buatlah daftar berbagai gerak
benda
b.
Jelaskan cara menggerakan benda
misalnya, di dorong dan dilempar
c.
Jelaskan faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya jatuh bebas akiabt gravitasi, gerak dilantai daftar
karena dorongan
|
Format Kriteria Penilaian
a.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
a.
Pengetahuan
b.
Kadang - kadang pengetahuan
c.
Tidak pengetahuan
a.
Aktif praktek
b.
Kadang – kadang aktif
c.
Tidak aktif
a.
Sikap
b.
Kadang – Kadang Sikap
c.
Tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
b.
Produk
(Hasil Diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
1 Skor
|
1.
|
Konsep
|
a.
Semua benar
b.
Sebag Besar Benar
c.
Sebag Kecil Benar
d.
Semua Salah
|
4
3
2
1
|
c.
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jml Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
a. Nilai
= (Jumlah Skor : Jumlah Skor Maksimal) x 10
b. Untuk
Siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.
Mengetahui Lemahabang,
20 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
HASRINARTI KUSUMA, S.Pd DARITO
NIP. NIM:
130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS
/ SEMESTER : V (LIMA) / 2 (DUA)
ALOKASI
WAKTU : 3 x 35 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1. Memahami
Cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan.
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1. Mengidentifikasi
unsur cerita (Tokoh, Tema, Latar, Amanat)
III.
INDIKATOR
1. Menulis
tokoh – tokoh dalam cerita
2. Menjelaskan
tema yang terkandung dalam cerita
3. Menyebutkan
latar cerita
4. Mengungkapkan
amanat yang terkandung dalam cerita
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungjawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
6. Kerja
Kelompok
IV.
MATERI
PEMBELAJARAN
Menanggapi
cerita tentang peristiwa
A. Mendengarkan
Cerita
Dengarkan
baik – baik cerita yang akan dibacakan temanmu dibawah ini!
Untuk
sementara, tutuplah buku pelajaranmu!
MABUK
KARENA NGANTUK
Namaku Kuku, Rumahku
didesa dan jauh dari kota aku sudah lama ingin pergi ke Jakarta. Aku Ingin
melihat keramaian Kota Jakarta, Aku ingin meliehat langsung kota Jakarta walaupun
sudah sering melihat Jakarta dilayar kaca suatu hari, paman datang ke desaku
untuk menghadiri pernikahan saudara bibi.
V.
METODE
DAN MODEL PEMBELA
1.
Metode :
Penjelasan Singkat, Tanya Jawab, Demonstrasi dan
Penugasan
2. Model : Cerita Anak
VI.
LANGKAH
– LANGKAH PELAJARAN
A.
Kegiatan
awal (5 menit)
1. Siswa
berdo’a bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
inti (25 menit)
1. Eksplorasi
b. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
c. Guru
membagikan buku kepada siswa
d. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap pembelajaran
e. Guru
membacakan teks cerita
2. Elaborasi
a. Siswa
menyimak cerita
b. Guru
memberikan pertanyaan tentang cerita yang dibacakan
c. Siswa
berdiskusi kelompok tentang cerita yang dibacakan
d. Siswa
mengumpulkan hasil diskusi kelompok
3. Konfirmasi
a. Memberikan
umpan balik yang positif dan penguatan secara lisan tulisan, syarat terhadap
keberhasilan siswa
b. Guru
bertanya jawab, meluruskan kembali kesalah pahaman memberikan penguatan dan
kesimpulan
c. Guru
dan siswa Tanya jawab tentang materi yang disimpulkan
C.
Kegiatan
Akhir / Penutup (5 menit)
1. Bersama
siswa, Guru membuat kesimpulan pembelajaran
2. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
3. Guru
mengucapkan salam kepada para siswa
VII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
a. Media : Teks Cerita
b. Sumber
Bahan : Buku Bahasa Indonesia
(Hal 105 – 106)
VIII.
PENILAIAN
a. Prosedur
Penilaian
1. Tes
b. Jenis
Penilaian
1. Tes
Tertulis
c. Bentuk
Penilaian
1. Essay
d. Alat
Penilaian
1. So’al
Evaluasi
Jawablah pertanyaan
dibawah ini kemudian, berikan jawabannya dengan teman sebangkumu!
1. Dimanakah
tokoh “Aku” Tinggal?
2. Mengapa
paman “Aku” dari Jakarta datang ke desa!
3. Dengan
cara bagaimana “Aku” ingin sampai keJakarta?
4. Mengapa
pada malam hari menjelang keberangkatan “Aku” tidak dapat tidur?
5. “Kepalaku
terasa buat dan pesatku mual – mual,”Apa yang terjadi pada “diri aku”?
Kunci
Jawaban
1. Di
Desa
2. Ingin
menghadiri pernikahan
3. Naik
kereta api
4. Karena
senang
5. Masuk
angin
Skor
Penilaian
Bobot
Soal tiap item : 20
Jumlah
soal : 5
Jadi
nilainya 20 x 5 : 100
Mengetahui,
Lemahabang, 8 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
DIAN INDRIANA, A.Ma.Pd DARITO
NIP. NIM.
130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : PKN
KELAS
: V (Lima)
SEMESTER : 1 (Satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 x 35 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.1 Mendeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
III.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
pengertian NKRI
2. Menyebutkan
dasar hukum NKRI
3. Menjelaskan
satuan daerah otonom dalam NKRI
4. Menjelaskan
tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian NKRI
2. Siswa
dapat menyebutkan dasar hukm NKRI
3. Siswa
dapat menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI
4. Siswa
dapat menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1) Disiplin
2) Tanggungjawab
3) Toleransi
4) Percaya
diri
5) Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian
NKRI
2. Dasar
Hukum bentuk NKRI
3. Otonomi
daerah dan hubungan luar negeri
4. Pemerintahan
dan pemilihan kepala Negara
VI.
METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: Penjelasan Singkat, Tanya Jawab
2. Model : Siswa
VII.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal (5 menit)
1. Siswa
berdo’a bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti (25 Menit)
1. Eksplorasi
b)
Siswa menyimak penjelasan materi yang
disampaikan guru
c)
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
d)
Guru dan Siswa Tanya jawab tentang
materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a)
Melalui Tanya jawab siswa dapat
menyebutkan pengertian NKRI
b)
Guru memberikan tugas
c)
Siswa menulis di buku masing – masing
3. Konfirmasi
a)
Memberikan umpan balik yang positif penguatan
secara lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa
b)
Guru bertanya jawab, meluruskan kembali
kesalahpahaman, memberikan penguatan , dan kesimpulan
c)
Kegiatan akhir / penutup (5 menit)
1. Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan penjelasan
2. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
3. Guru
mengucapkan salam kepada para siswa
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
1. Media :
2. Sumber
Bahan : Buku paket (buku pendidikan
kewarganegaraan) terbitan ESIS
IX.
PENILAIAN
a. Penilaian
1. Dalam
proses
2. Akhir
b. Jenis
Penilaian
1. Tertulis
c. Bentuk
Penilaian
1.. Tertulis
d. Alat
Penilaian
1. Soal
Evaluasi
Contoh Instrumen
1. NKRI
Adalah…..
2. Indonesia
merupakan Negara berbentuk…..
3. Satuan
Daerah otonom dalam NKRI misalnya…..
4. Indonesia
memiliki bentuk Negara kesatuan karena…..
5. NKRI
perlu mengadakan pemilihan umum untuk …..
Kunci
Jawaban
1. Negara
Kesatuan Republik Indonesia
2. Kesatuan
3.
4.
5.
Skor
Penilaian
Bobot
Soal Tiap Item : 20
Jumlah
Soal :
5
Jadi
Nilkainya 20 x 5 : 100
Mengetahui, Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
pamong Praktikan
DIAN INDRIANA,A.Ma.PD DARITO
NIP. NIM:130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : IPS
KELAS
: 1 (satu)
SEMESTER
: 1 (satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 x menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1.
Memahami identitas diri dan keluarga
serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.1 Mengidentifikasi
Identitas diri, keluarga dan kerabat
III.
INDIKATOR
1. Menyebutkan nama lengkap dan
panggilan beserta usia
2. Menceritakan alamat tempat
tigngal dan alamat sekolah
3. Menyebutkan nama ayah dan ibu,
serta anggota keluarga yang tinggal di
Rumah
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat memperkenalkan diri
2. Siswa dapat mengetahui alamat
tempat tinggalnya
3. Siswa dapatmenyebutkan nama
ayah, ibu, serta keluarga yang tinggal di
rumah
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungajwab
3. Ketelitian
4. Toleransi
5. Percaya
Diri
6. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
Identitas diri, keluarga dan kerabat
VI.
METODE
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Metode
: Tanya Jawab, dan Penugasan
2. Strategi : Tekstual, dan kontekstual
VII.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal (5menit)
1. Siswa
berdo’a bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti (25 menit)
1.
Eksplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan tentang materi yang disampaikan guru
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Guru dan siswa Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a.
Melalui Tanya jawab siswa dapat
menyebutkan nama lengkap dan panggilan
b.
Guru memberikan tugas
c.
Siswa menulis di buku masing – masing
3. Konfirmasi
a.
Guru dan siswa mengoreksi tugas
b.
Melalui Tanya jawab siswa dapat
mengetahui diri sendiri
c.
Guru dan siswa meluruskan kesalahpahaman
d.
Memberikan penguatan dan kesimpulan
C.
Kegiatan
penutup (5 menit)
1. Guru
mengumumkan nilai siswa satu persatu
2. Guru
mengucapkan hamdalah
3. Siswa
berdoa untuk pulang
VIII.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Akhir
b. Jenis
Penilaian
1. Tertulis
c. Bentuk
penilaian
Teks Penugasan
Soal
Penugasan
1.
Soal Penugasan 1. Tuliskan nama lengkap
dan panggilan beserta usiamu!
2.
Ceritakan alamat tempat tinggal alamat
sekolahmu!
3.
Sebutkan nama ayah dan ibuserta anggota
keluarga yang tinggal di rumahmu!
Mengetahui,
Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
Hj.TURI
SA’DIYAH, S.Pd.SP DARITO
NIP.
19570428 1978032002 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS
: 1 (satu)
SEMESTER
: 1 (satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 x 35 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1.
Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya
serta cara perawatannya
II.
INDIKATOR
1.1
Mengenal bagian – bagian anggota
tubuhdan kegunaannya serta cara perawatannya
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan bagian – bagian
tubuh manusia
2.
Siswa dapat menjelaskan kegunaan dan
bagian – bagian tubuh manusia
3.
Siswa dapat menjelaskan cara merawat
bagian – bagian tubuh manusia
IV.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggung
jawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Bagian – bagian anggota tubuh dan
kegunaan serta cara perawatannya
III.
METODE
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Metode :
Penjelasan singkat, Tanya jawab, Demonstrasi dan
Penugasan
2.
Strategi : Tekstual dan Kontekstual
IV.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (5 menit)
1.
Siswa berdo’a bersama – sama
2.
Guru memotivasi dan mengkondisikan siswa
3.
Guru mengadakan apersepsi tentang materi
yang akan disampaikan
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
V.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Akhir
b. Jenis
Penilaian
1. Tertulis
c. Bentuk
Penilaian
1. Essay
d. Alat
Penilaian
1. Penugasan
Soal
Penugasan
1. Sebujtkan
bagian – bagian tubuh manusia!
2. Jelaskan
kegunaan dan bagian – bagian tubuh manusia!
3. Jelaskan
cara merawat bagian – bagian tubuh kita!
Kunci
Jawaban
1. Tangan,
kaki, kepala, telinga
2. Tangan
untuk menulis, kaki untuk berjalan, telinga untuk mendengar
3. Mandi
paling sedikit 2 x sehari
Skor Penilaian
Bobot Soal No.1 : 20
No 2 :
40
No 3 :
40
Jadi Nilainya 20 + 40 + 40
= 100
Mengetahui,
Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
Hj.TURI SA’DIYAH,
S.Pd.SP DARITO
NIP.
19570428 1978032002 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : PKN
KELAS
: 1 (satu)
SEMESTER
: 1 (SATU)
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT ( 1 X
PERTEMUAN)
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan
II.
KOMPETISI
DASAR
1.2 Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
III.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
ciri – ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki – laki
2. Menceritakan
kegiatan yang dilakukan oleh laki – laki dan perempuan laki - laki dan anak
perempuan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan ciri – ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki – laki
2. Siswa
dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki – laki dan perempuan
3. Siswa
dapat menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki – laki dan
perempuan
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungjawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
VI.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Hidup
rukun dalam perbedaan
VII.
METODE
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Metode :
Penjelasan singkat, Tanua jawab, Demonstrasi dan
penegasan
2.
Strategi : Tekstual dan kontekstual
VIII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (5 menit)
1.
Siswa berdo’a bersama
2.
Guru memotivasi dan mengkondisikan siswa
3.
Guru mengadakan apersepsi tentang materi
yang akan disampaikan
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti (25 menit)
1. Eksplorasi
a.
Siswa menyimak tentang penjelasan materi
yang disampaikan guru
b.
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
c.
Guru dan siswa Tanya jawab tentang
materi yang disampaikan
IX.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Akhir
b. Jenis
penilaian
1. Tertulis
c. Bentuk
penilaian
1. Essay
d. Alat
penilaian
1. Teks
Penugasan
Soal
Penugasan
1. Jelaskan
ciri – ciri fisik perbedaan anatara perempuan dan laki – laki
2.
Ceritakan kegiatan yang dilakukan oleh
laki – laki dan perempuan
3.
Sebutkan jenis permainan yang dilakukan
oleh anak laki – laki dan perempuan
Kunci Jawaban
1.
Alat kelamin perempuan vagina, alat
kelamin laki – laki pentis
2.
Laki – laki suka memanjat pohon,
perempuan suka memasak
3.
Laki – laki suka memanjat pohon,
perempuan suka memalak
4.
Laki – laki suka bermain bola, perempuan
suka bermain boneka
Skor penilaian
Bobot Soal No
1 : 50
No 2 :
25
No 3 :
25
Jadi nilainya 50 + 25 + 25 : 100
Mengetahui,
Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
Hj.TURI
SA’DIYAH, S.Pd.SD DARITO
NIP.
19570428 1978032002 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : PKN
KELAS
: 2 (Dua)
SEMESTER
: 2 (Dua)
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT ( 1 X
PERTEMUAN)
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
2.1 Membiasakan hidup bergotong royong
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
2.2 Mengenal pentingnya hidup rukunn. Saling berbagi
dan tolong
menolong
III.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
arti rukun
2. Menjelaskan
manfaat saling berbagi dengan teman
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan arti rukun
2. Siswa
dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungjawab
3. Toleransi
4. Percaya
Diri
5. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Hidup
bergotong royong
VI.
METODE
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Metode
: Penjelasan singkat, Tanya
jawab
2. Strategi
: Tekstual dan kontekstual
VII.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal (5 menit)
1. Siswa
berdo’a bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti (25 Menit)
1. Eksplorasi
a.
Siswa menyimak penjelasan tentang materi
yang disampaikan guru
b.
Melibatkan siswa secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran
c.
Guru dan siswa Tanya jawab tentang
materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a. Melalui
Tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun dan manfaat saling berbagi
dengan teman
b. Guru
memberikan tugas
c. Siswa
menulis di buku masing – masing
3. Konfirmasi
a. Guru
dan siswa mengoreksi tugas
b. Guru
dan siswa meluruskan kesalahpahaman
c. Memberikan
penguatan dan kesimpulan
C.
Kegiatan
akhir / penutup (5 menit)
a. Guru
mengumumkan nilai siswa satu persatu
b. Guru
mengucapkan hamdalah
c. Siswa
berdoa untuk pulang
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
1. Media
: Siswa
2. Sumber
Bahan : Buku PKN Kelas 2
IX.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
1. Proses
2. Akhir
b. Jenis
Penilaian
1. Tertulis
d. Bentuk
penilaian
1. Essay
e. Alat
Penilaian
1. Teks
penugasan
Soal Penugasan
1. Jelaskan
arti hidup rukun!
2. Jelaskan
akibat hidup rukun!
3. Jelaskan
akibat hidup tidak rukun!
4. Sebutkan
manfaat saling berbagi dengan teman!
5. Jelaskan
arit tolong – menolong dan berikan contohnya!
Kunci Jawaban
1. Salins
menghargai sesame
2. Damai,
tentram dan sejahtera
3. Sering
rebut, tidak nyaman, sengsara
4. Dapat
meringankan beban teman, melatih untuk menjadi dermawan
5. Membantu
sesame, Contoh : membantu teman yang sedang kesusahan
Skor
Penilaian
Bobot
Soal tiap item : 20
Jumlah
Soal : 5
Jadi
nilainya 20 x 5s : 100
Mengetahui,
Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
DWI HATI EKA,
S.Pd.SD
DARITO
NIP.
197710202010012004 NIM
: 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : PKN
KELAS
: III
(Tiga)
SEMESTER
: 1 (Satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT ( 1 X
PERTEMUAN)
I.
STANDARA
KOMPETENSI
Mengamalkan
makna sumpah pemuda
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
1.
Mengamalkan makna satu nusa, satu
bangsa, dan satu bahasa
2.
Mengamalkan nilai – nilai sumpah pemuda
dalam kehidupan sehari – hari
III.
INDIKATOR
1. Mengklasifikasi
dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
2. Menyebutkan
nama organisasi pemuda di nusantara
3. Menyebutkan
lima tokoh pmeuda yang ikut kongers pemuda
4. Mengidentifikasi
pengalaman nilai – nilai sumpah pemuda di lingkungan rumah
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan
bangsa
2. Siswa
dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
3. Siswa
dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda
4. Siswa
dapat mengidentifikasikan pengalaman nilai – nilai sumpah pemuda di lingkungan
rumah
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungjawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Makna
satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Metode
: Penjelasan singkat, Tanya
jawab, dan penugasan
2. Strategi : Tekstual dan kontekstual
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal (5 menit)
1. Siswa
berdo’a bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti (25 menit)
1. Eksplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan yang disampaikan
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
c. Guru
dan siswa Tanya jawab tentang materi yang disampaikan
2. Elaborasi
a. Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
b. Guru
memberikan tuas
c. Siswa
menulis di buku masing – masing
3. Konfirmasi
a. Memberikan
umpan balik yang positif dan penguatan secara lisan, tulisan syarat terhadap
keberhasilan siswa
b. Guru
dan siswa meluruskan kesalahpahaman
c. Memberikan
penguatan dan kesimpulan
C. Kegiatan akhir / penutup (5 menit)
1. Bersama
siswa guru membuat kesimpulan penjelasan
2. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
3. Guru
mengucapkan salam kepada para siswa
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
1. Media
: Gambar
2. Sumber
Bahan :
Buku yang relevan
IX.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
Dalam
proses
akhir
b. Jenis
Penilaian
tertulis
c. Bentuk
Penilaian
Essay
d. Alat
Penilaian
Soal
evaluasi
Soal Penugasan
1. Klasifikasi
dan buatlah daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa!
2. Sebutkan
nama organisasi yang ada di nusantara!
3. Sebutkan
lima tokoh pemuda yang ikut kongres pemuda!
4. Bagaimana
pengalaman nilkai – nilai sumpah pemuda di lingkungan rumah!
Kunci
Jawaban
1.
2.
3.
4.
Mengetahui,
Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
NUNUNG
NURHAYATI,S.Pd.SD DARITO
NIP.
19630509 1982042004 NIM : 130641305
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA
SEKOLAH : SDN 2 LEMAHABANG
MATA
PELAJARAN : IPS
KELAS
: 2 (Dua)
SEMESTER
: 2 (Satu)
ALOKASI
WAKTU : 2 X 35 MENIT (1X
PERTEMUAN)
I.
STANDARA
KOMPETENSI
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis
II.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
-
Memelihara dokumen dan koleksi benda
berharga miliknya
-
Memanfaatkan dokumen dan benda penting
keluarga secara kronologis
III.
INDIKATOR
1. Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga
2. Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen
3. Menceritakan
cara memelihara dokumen pribadi
4. Menyampaikan
pendapat / komentar tentang peristiwa yang dialami teman
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menunjukkan dokumen diri dan keluarga
2. Siswa
dapat menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan
keluarga melalui dokumen
3. Siswa
dapat menceritakan cara memelihara dokumen pribadi
4. Siswa
dapat menyampaikan pendapat / komentar tentang peristiwa yang dialami teman
KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1. Disiplin
2. Tanggungjawab
3. Toleransi
4. Percaya
diri
5. Keberanian
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Penting
dalam keluarga secara kronologis
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Metode : Penjelasan singkat, Tanya jawab, dan
penugasan
2. Strategi : Tekstual dan kontekstual
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
awal (5 menit)
1. Siswa
berdoa bersama – sama
2. Guru
memotivasi dan mengkondisikan siswa
3. Guru
mengadakan apersepsi tentang materi yang akan disampaikan
4. Guru
menyampaikan Tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan
Inti (25 menit)
1.
Ekplorasi
a. Siswa
menyimak penjelasan tentang materi yang disampaikan guru
b. Melibatkan
siswa secara aktif dalam setiap kegaitan pembelajaran Guru dan siswa Tanya
jawab tentang materi yang disampaikan
2.
Elaborasi
a. Melalui
Tanya jawab siswa dapat menunjukkan dokumen diri dan keluarga
b. Guru
memberikan tugas
c. Siswa
menulis di buku masing – masing
3.
Konfirmasi
1. Memberikan
umpan balik yang positif penguatan secara lisan, Tulisan, insyarat terhadap
keberhasilan siswa
2. Guru
dan siswa meluruskan kesalahpahaman
3. Memberikan
penguatan dan kesimpulan
C.
Kegiatan
akhir / Penutup (5 menit)
1. Bersama
siswa guru membuat kesimpulan penjelasan
2. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
3. Guru
mengucapkan salam kepada para siswa
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BAHAN
Media :
Siswa
Sumber Bahan :
Buku tematik Kelas II
IX.
PENILAIAN
a. Prosedur
penilaian
Dalam
proses
Akhir
b. Jenis
Penilaian
Tertulis
c. Bentuk
Penilaian
Essay
d. Alat
Penilaian
Teks
penugasan
Soal
Penugasan
1. Jelaskan
arti dokumen!
2. Ceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen!
3. Ceritakan
cara memlihara dokumen pribadi!
4. Sampaikan
pendapat/Komentarmu tentang peristiwa yang dialami teman!
Kunci
Jawaban
1.
2.
3.
4.
Skor Penilaian
Bobot
Nilai Tiap Item : 25
Jumlah
Soal :
4
Jadi
Nilainya 25 x 4 : 100
Mengetahui, Lemahabang, 22 Januari 2016
Guru
Pamong Praktikan
DWI HATI
EKA,S.Pd.SD DARITO
NIP.
197710202010012004 NIM : 130641305
No comments:
Post a Comment