LAPORAN
HASIL KEGIATAN
PROGRAM
PENGALAMAN LAPANGAN
DI
SMA YADIKA KEDAWUNG CIREBON
2013
Diajukan
untuk melengkapi salah satu
persyaratan
Penyelesaian PPL Kependidikan
Disusun
Oleh :
NAMA : WIDAR WIDI ASTUTI
NPM :
110060113
PRODI : PEND.BAHASA INGGRIS
UNIT
PELAKSANAAN TEKNIS PPL KEPENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
2013
9.
Kegitaan Belajar mengajar
Pada tanggal 28 Agustus
2013 penyerahan ke sekolah didampingi oleh dosen pembimbing. Setelah
dilakukannya penyerahan disampingi oleh dosen pembimbing. Setelah dilakukannya
penyerahan selama 1 minggu praktikan melakukan observasi sekolah atau bisa
disebut sebagai masa orientasi lapangan. Kegiatan lapangan PPL dimulai pada
tanggal 2 september 2013 sampai dengan 16 November 2013 praktikan memulai
pembelajaran dalam kelas pada tanggal 03 September 2013. Sebelum tanggal
tersebut praktikan di haruskan melakukan observasi kelas dan melihat metode –
metode atau cara guru pamong saat melakukan kegiatan pembelajaran disekolah.
Dari observasi tersebut praktikan dapat melihat cara – cara yang dilakukan guru
pamong saat melakukan kegiatan pembelajaran didalam kelas. Praktikan dapat
melihat cara mengkondisikan kelas dengan baik mengatur anak agar mendengarkan pelajaran
yang disampaikan. Kemudian cara bagaimana membangun semangat anak dalam
pembelajaran Pada jam yang sudah melelahkan bagi anak.
Sebelum terjun kedalam
kegiatan belajar mengajar, praktikan sebelum melakukan konsultan atau bimbingan
kepada guru pamong seperti pembuatan RPP ataupun konsultasi kegiatan belajar
dikelas setelah selesai melakukan kegiatan pengajaran, guru pamongmengoreksi
bagaimana cara kita mengajar kekurangan apa saja trik dari mengoreksi bagaimana
cara menghendel kelas, dengan baik.
Pada tanggal 03
September 2013 . Saya diberi kesempatan mengisi kelas XII IPA, itu kali pertama
saya mengajar dikelas dan ini sangat membuat saya gugup dan kadang bingung apa
yang harus dilakukan didalam kelas, namun itu menjadi sebuah pengakuan berharga
buat saya karena dari kegiatan ini saya dapat menikmati, betapa menyenangkannya
menjadi seorang guru penduduk.
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktik pengalaman Lapangan
disusun Oleh
Nama
:
Windar Widi Astuti
NPM :
110060113
Jurusan/Prodi : FKIP Bahasa Inggris
Diketahui Oleh :
Guru Pamong
Tumiasih,S.Pd
Kepala Sekolah Dosen Pembimbing
Hj.Sukma
Yulianti,S.Pd Dwiniasih,S.Pd.M.Hum
BAB
I
PENDAHULUAN
Pembelajaran merupakan
hasil awal yang harus dicapai oleh proses pengajaran Sementara itu proses
pengajaran dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan pendidikan yang
produktif, terencana, terarah dan terkontrol untuk mencapai tujuan tertentu.
Dari konsep tersebut, diperoleh beberapa hal yang harus diperhatikan pada prose
pembelajaran. Hal – hal tersebut adalah adanya tujuan yang harus dicapai.
Materi yang harus diajarkan, strategi yang haris dilakukan, serta evaluasi
untuk mengukur dan menilai.
Demi keterarahan,
efektifitas serta efisiensi maka setiap usaha pengajaran harus direncanakan.
Tahap ini merupakan serangkaian aktifitas yang berkaitan dengan pemilihanbahan
ajar, penciptaan urutan, langkah – langkah yang procedural untuk mengukur dan
menilai.
Demi keterarahan,
efektifitas serta efisiensi maka setiap usaha pengajaran harus direncakan.
Bahan urutan, langkah – langkah yang procedural untuk dilakukan pengajaran
serta menentukan metode pengukuran untuk menilai keberhasilansekaligus
mempersiapkan langkah yang layak untuk dilakukan sebagai kelanjutan tindakan
sebelumnya dengan kata lain. Perencanaan harus mampu merumuskan empat komponen
pembelajaran sebelum dilaksanakan.
Berikut merupakan berbagai unsure
pembelajaran :
1. Guru
Keberhasilan
pendidikan ditentukan oleh factor – factor pendidikan salah satunya adalah
guru, Guru di SMA YADIKA kedawung Cirebon adalah sebagai pendidik dan sebagai
pengajar, sehingga tujuan pendidikan Nasional dapat terwujud Selain itu juga
guru dituntut untuk :
a. Mengintensifkan
pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan waktu belajar sebaik – baiknya
sehingga target kurikulum dapat tercapai.
b. Memantau
belajar siswa dikelas sehingga tidak ada siswa yang tidak memperhatikan atau
keluar tanpa pengetahuan guru
c. Selektif
dalam memberikan izin kepada siswa yang meninggalkan kelas
d. Bagi
guru yang mendapatkan tugas sebagai guru piket harus selektif dalam memberikan
izin pada siswa yang meninggalkan sekolah.
Selama penulis rasakan menjadi guru di SMA YADIKA
Kedawung Cirebon, penulis banyak sekali mendapatkan pengetahuan dari segi
pengajaran maupun kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh figure seorang guru.
2.
Murid
Aktifitas siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon berjalan
cukup baik. Adapun aktifitas siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon dikelas adalah mengkondisikan
diri untuk siap menerima pelajaran yang akan disampaikan dan wajib mengikuti
kegiatan proses pembelajaran setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah
ditentukan dan mematuhi segala peraturan yang ada baik sikap. Perilaku dan
penampilan. Disamping belajar siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon juga diwajibkan
mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari senin, serta mereka juga
mengikuti kegiatan ekstrakulikuler antara lain, Paskibra,Olah Raga,
Kesenian,ICT, dan Bimbingan Osis.
3.
Intraksi
Pembelajaran
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah
laku individu yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman. Sedangkan
pembelajaran merupakan penataan lingkungan belajar yang dilakukan oleh guru dan
peserta didik agar memberi nuansa belajar yang kondusif sehingga tercapai
proses belajar yang optimal
Di
SMA YADIKA Kedawung Cirebon intraksi pembelajaran sangat baik dan kondusif. Dimana
siswa dan guru saling memberi dan menerima dan adanya take and Give. Sehingga
suasana pembelajaran di SMA YADIKA Kedawung Cirebon dapat tercapai dan optimal.
4.
Materi
Pembelajaran
Materi pembelajaran merupakan pengetahuan, konsep,
contoh serta pengalaman – pengalaman tertentu yang harus diberikan kepada
peserta didik sebagai bekal mereka untuk emgnuasai kompetensi yang telah ditetapkan
dalam rencana.
Materi yang diberikan kepada peserta didik adalah
sesuai dengan program studi yang telah dipelajari oleh praktikan dan ditentukan
oleh sekolah berdasarkan standar kompetensi dan komp[etensi dasar. Penguasaan
materi pembelajaran sangat penting dalam menentukan keberhasilan praktikan dalam
menyampaikan materi kepada peserta didik. Dan materi yang disampaikan harus
sesuaid engan format,pembuatan rencana pengajaran dan buku materi agar peserta
didik mampu memahami dan menguasai skill yang sesuai.
Penguasaan materi pembelajran merupakan penting
dalam menentukan keberhasilan siswa. Oleh sebab itu sebelum melaksanakan
kegiatan belajar mengajar seorang guru harus mempelajari pelajaran yang akan
diberikan kepada siswa, hingga kegiatan belajar mengajar dikelas tidak
mengalami hambatan dan materi yang akan disampaikan akan mudah dimengerti oleh
siswa dan akhirnya akan memperoleh hasil yang lebih baik.
Dalam
hal ini pemberian materi harus sesuaid engan format pembautan rencana
pembelajaran adapun materi yang akan disampaikan diusahakan dapat menarik
perhatian siswa agar siswa termotivasu untuk belajar.
5.
Metode
Pembelajarn
Penetapan metode ajar paling tidak harus
mempertimbangkan beberapa aspek antara lain karakteristik materi ajar, tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai ketersediaan materi serta fasilitas penunjang.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah factor situasi dan kondisi yang
dihadapi ketia proses KBM berlangsung. Oleh karena itu, Keterampilan seorang
guru untuk mengkondisikan berbagai metode ajar adalah menjadi keharusan.
6.
Tujuan
PPL Pendidikan
Program pengenalan Lapangan (PPL) Kependidikan FKIP
Unswagati Cirebon bertujuan agar praktikan memperoleh pengalaman pendidikan di
lapangan, sebagai upaya lembaga untuk membentuk tenaga – tenaga pendidik yang
professional diantaranya:
a. Praktikan
dapat menambah wawasan pengetahuan baik teori dan praktik dalam bidang disiplin
ilmu pendidikan
b. Praktikan
dapat menambah pengetahuan baik teori dan praktik sesuaid engan program
studinya
c. Praktikan
dapat melakukan proses belajar mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan
profesi seorang guru
d. Praktikan
mampu mengembangkan etika – etika gurus esuai dengan tuntutan seorang guru/
tenaga kependidikan yang professional
7.
Analisa
Keadaan dan Potensi Sekolah
A.
Lingkungan
Sekolah
1) Nama
Sekolah : SMA YADIKA
Kedawung Cirebon
2) Nama
Kepala Sekolah : Hj.Sukma
Yulianti,S.Pd
3) NIS/NIM : 20244677
4) NISS/NSM : 32.2.02.17.03.057
5) Alamat
Sekolah : Kedawung
Kabupaten : Cirebon
Propinsi : Jawa Barat
Kode Pos : 45152
Telepon & Faksimili : (0231) 487146
6) Status
Sekolah :
Swasta
7) Nama
Yayasan : YAYASAN
ABDI KARYA
8) Tahun
pendirian Sekolah : 2005
9) Akreditasi : A
B.
Keadaan
Sekolah
1) Sarana
dan Prasarana
a. Tanah
dan Halaman
Tanah Sekolah
sepenuhnya milik sendiri, luas areal seluruhnya 8.000 m2. Sekitar
sekolah dikelilingi oleh pagar sepanjang 360 m.
Keadaan Tanah Sekolah SMA Yadika
Kedawung Cirebon
Status : Milik Sendiri
Luas Tanah : 8.000 m2
Luas Bangunan : 6.821 m2
Jalan : 2.039 m
b. Gedung
Sekolah
Bangunan Sekolah pada
umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar
sangat memadai.
Keadaan Gedung Sekolah SMA Yadika
Kedawung Cirebon
NO
|
Nama
|
Luas
(m2)
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|
Tanah
Lapangan Upacara / Basket / Bola
Volley
Tempat Parkir
Taman Skeolah
Jalan
Bangunan
1. Ruang kepala sekolah
2. Ruang
wakil bidang kurikulum
3. Ruang
wakil bidang kesiswaan
4. Ruang
BP/BK
5. Ruang
Guru
6. Ruang
OSIS
7. Ruang
Teori
8. Ruang
Laboratorium Biologi
9. Ruang
Laboratorium Fisika
10. Ruang
Laboratorium Kimia
11. Ruang
Laboratorium Bahasa Inggris
12. Ruang
Laboratorium Komputer
13. Ruang
Perpustakaan
14. Ruang
Agama Kristen
15. Ruang
Komite Sekolah
16. Ruang
PMR
17. Ruang
Band/Galeri Seni
18. Musholla
19. Ruang
Peralatan Olahraga
20. Ruang
Keuangan
21. Ruang
Tata Usaha
22. Ruang
Logistik
23. Ruang
Dapur
24. Ruang
Petugas kebersihan
25. Ruang
UKS
26. Ruang
Kantin
27. Ruang
Serba Guna/Aula
28. Gardu
Jaga
29. Ruang
WC Guru
30. Ruang
WC Siswa
31. Ruang
Gudang
|
8.000
688
432
100
4
2.039
8x8
6x8
8x8
8x8
9x8
9x8
9x8
9x8
9x8
20x8
9x8
15x8
15x8
9x8
6x8
7x8
9x8
12x13
3x3
9x8
9x8
3x5
3x3
3x3
7x8
17x8
21x36
2x2
4x4
4x4
8x8
|
-
-
-
2
-
-
1
1
1
1
1
1
16
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
12
2
|
Tepat
Tepat
Tepat
Tepat
1 Jalur
Tepat
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
8.
Perencanaan
Kegiatan
Kurikulum
merupakan acuan utama bagi para guru untuk mengajar demi terciptanya
keseragaman tujuan yang dicapai. Sebelum praktikan melakukan kegiatan belajar
mengajar, langkah awal yang harus dilakukan berdasarkan anjuran guru pamong
adalah praktikan harus membuat rencana pengajaran yang akan dilakukan selama
kegiatan PPL diselenggarakan dengan membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran
(RPP) berdasarkan silabus. RPP adalah salah satu kelengkapan administrasi yang
sangat penting sebagai acuan utnuk melaksanakan KBM. Setelah rencana dibuat,
kemudian dikonsultasikan dengan guru pamong untuk mendapat persetujuan apabila
terdapat kesalahan aka guru pamong memberikan masukan untuk perbaikan dan
setelah semuanya benar baru melanjutkan pada aktivitas lainnya.
9.
Kegiatan
belajar Mengajar
Pada
Tanggal 7 Agustus 2012 Penyerahan praktikan ke sekolah didampingi oleh Dosens
pengantar setelah itu praktikan diharuskan melakukan orientasi lapangan selama
2 hari untuk mengal kondisi dan lingkungan fisik sekolah. Pelaksanaan PPL
Kependidikan di SMA Yadika Kedawung Cirebon sesuai jadwal efektif mulai tanggal
8 Agustus sampai dengan tanggal 25 Oktober 2012
Praktikan
mulai melakukan kegiatan latihan mengajar dikelas pada tanggal 27 Agustus 2012.
Sebelum tanggal tersebut praktikan diharuskan melakukan observasi kegiatan
belajar mengajar di kelas guru pamong mengajar. Dari observasi tersebut. Praktikan
dapat memperhatikan metode apa yang guru pamong gunakandalam KBM, melihat
kondisi siswa dikelas dan bagaimana minat dan perhatian siswa terhadap KBM
dikelas. Setelah melakukan observasi dan mendapat data yang cukup untuk
mengajar, saya diberi kesempatan oleh guru pamong untuk memegang kelas XI IPA
sesuai dengan jadwal beliau.
Pada
tanggal 27 Agustus 2012 Praktikan melakukan latihan mengajar didampingi oleh
guru pamong. Sebelum dan sesudah praktikan melakukan latihan mengajar,
praktikan melakukan bimbingan kepada guru pamong sehingga hal – hal apa yang
kurang dalam penyusunan RPP maupun pelaksanaan KBM dikelas dapat dikoreksi dan
mendapatkan panduan yang benar untuk melakukan kegiatan latihan mengajar pada
pertemuan berikutnya.
Pada tanggal 27
Agustus 2012 saya diberi kesempatan oleh guru pamong untuk mengisi kelas XI
IPA. Hari itu pertama kali saya masuk kelas. Saya merasa gugup karena itu
pertama kalinya saya mengjar siswa SMA. Tetapi setelah waktu demi waktu
berlangsung, Alhamdulillah akhirnya rasa gugup saya hilang dan saya dapat
menikmati peran sebagai seorang guru.
Bentuk
evaluasi untuk epserta didik tidak hanya berupa tes kompetensi dan uju blok,
tapi juga tugas pekerjaan rumah dan latihan – latihan setiap kali pertemuan
yang berupa tes lisan atau tertulis
C.
Kegiatan
diluar Pembelajaran
Disamping membuat RPP
atau lesson Plan dan melakukan kegiatan mengajar praktikan juga dituntut untuk
aktif mengikuti langkah – langkah dalam kegiatan pendidikan di luar kelas
seperti kegiatan – kegiatan berikut :
1)
Upacara
Bendera
Upayaca bendera
dilakukan satu kali dalam satu minggu yaitu dilaksanakan pada hari senin pagi
dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam
07.45 WIB. Upacara ini diikuti oleh seluruh warga SMA & SMK Yadika
Kedawung Cirebon meliputi para guru, staff tata usaha, praktikan dan para siswa
– siswi kelas X sampai kelas XII.
2)
Piket
Piket dilaksanakan oleh
1 orang SMA dan 2 orang guru praktikan PPL Kependidikan Petugas piket bertugas
untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan sekolah serta mendata kehadiran dengan
melakukan absen keliling pada tiap kelas serta mengabsen guru – guru yang hadir
pada hari itu atau memberikan tugas kepada siswa – siswi yang dititipkan oleh
guru yang bersangkutan dikarenakan tidak dapat hadir
3)
Layanan
Perpustakaan
Perpustakaan sekolah
sangat bermanfaat bagi praktikan karena banyak pengetahuan yang didapat, seperti
melakukan kunjungan perpustakaan, meminjam buku pelajaran, membaca buku diperpustakaan, emngetahui penulisan pinjaman
maupun pengembalian buku serta administrasi perpustakaan, juga ikut merapihkan
tatanan buku,menyampulkan buku dan lainnya. Perpustakaan SMA Yadika Cirebon di
Kepalai oleh ibu Silvia.
4)
Bimbingan
OSIS
Semua praktikan
dilibatkan dan diikutsertakan dalam menyukseskan kegiatan – kegiatan OSIS yang
pernah terlaksanakan dan ikut memantau cara kerja OSIS. Pembimbing OSIS SMA
Yadika Cirebon adalah Bapak Suwarso,S..Kom
5) Paskibra
Kegiatan paskibra atau
dikenal PASSUS dilaksanakan setiap Sabtu, keberadaan kegiatan ekstrakurikuler
ini sangat membantu pada saat dilaksanakannya upacara bendera rutin maupun hari
perayaan kemerdekaan. Kegiatan ini dibawah pembinaan Bapak SUwarso,S.Kom
6) BP/BK
Kegiatan BP/BK memiliki peranan
yang sangat penting di SMA Yadika Kedawung Cirebon BP/BK memiliki Program kerja
yang sangat bagus sehingga ketika ada suatu masalah semaksimal mungkin
diminimalisisr dan diselesaikan dengan baik BP/BK mempunyai fungsi untuk memberikan
bimbingan atau solusi atas masalah yang dihadapi oleh para siswa – siswi kelas
XII yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang diminati oleh siswa
– siswi kelas XII yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang
diminati oleh siswa – siswi dan sesuai bakat dan kemampuannya. Serta
merekomendasikan beasiswa bagi siswa – siswi yang tidak mampu namun mempunyai
prestasi yang baik. Kegiatan ini dibawah pembinaan Ibu fikriah Novianti, S.Pd.
RENCANA KEGIATAN PPL KEPENDIDIKAN
NO
|
WAKTU
|
URAIAN
KEGIATAN
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
28 Agustus 2013
29 Agustus 2013
30 Agustus 2013
31 Agustus 2013
3 September 2013
4 September 2013
8 September 2013
24 September 2013
8 Oktober 2013
16 Oktober 2013
22 Oktober 2013
23 Oktober 2013
19 November 2013
14 November 2013
|
-
Penyerahan Praktikan pada sekolah
SMA Yadika Kedawung Cirebon
-
Perkenalan dengan guru pamong
-
Observasi lingkungan sekolah
-
Masa Orientasi
-
Memperhatikan cara kerja guru
piket
-
Pembagian Jadwal piket oleh
wakarek
-
Observasi dan perkenalan dikelas
XII IPA
-
Pembagian Jadwal pelajaran dari
guru pamong
-
Pengembangan diri
-
Pertama kali mengajar dikelas XI
IPA dan didampingi oleh guru pamong
-
Melaksanakan kegiatan belajar
mengajar dikelas XII IPA
-
Melakukan evaluasi
-
Melakukan kegiatan belajar
mengajar XI IPA
-
PElaksanaan ujian tengah semester
ganjil
-
Evaluasi hasil ujian tengah
semester
-
Melaksanakan kegiatan belajar
pembelajaran di kelas XII IPA
-
Konsultasi mengenai materi untuk
ujian PPL
-
Ujian PPL dikelas XII IPA
-
Perpisahan PPL
|
|
Disetujui
Dosen Pembimbing Guru
Pamong
………………………… …………………………
PELAKSANAAN TUGAS KEPENDIDIKAN
1. Kegiatan Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
(Wakasek)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Senin,2-09-13
Senin, 09-09-13
Senin, 16-09-13
Senin, 23-09-13
Senin,30-09-13
Senin,7-10-13
Senin,21-10-13
Senin,28-10-13
Senin,4-11-13
Senin,11-11-13
|
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
“Hari pahlawan”
|
|
2. Kegiatan Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
Koor.Perpustakaan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Selasa,3-09-13
Selasa,10-09-13
Selasa,17-09-13
Selasa,24-09-13
Selasa,1-10-13
Selasa,8-10-13
Selasa,22-10-13
Selasa,29-10-13
Selasa,12-11-13
|
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
|
|
3. Kegiatan Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
Pembina OSIS
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Jum’at, 27-09-2013
Jum’at,04-10-2013
Kamis,24-10-2013
Jum’at,25-10-2013
Sabtu, 26-10-2013
Minggu,27-10-2013
Senin,04-11-2013
Jum’at,8-11-13
|
-
Sosialisasi calon ketua OSIS
periode 2013-2014
-
Pemilihan ketua OSIS Periode
2013-2014
-
Rapat OSIS Membahas LDKS
-
LDKS Kelas X dan XI
-
LDKS Kelas X dan XI
-
LSKD Kelas X dan XI
-
Rapat OSIS membahas pelaksanaan
Qurban
-
Pelaksanaan Qurban
|
|
4.
Kegiatan
Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
Koor.BK
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
Kamis, 05-09-2013
Senin,17-09-2013
28-09-2013
Senin,23-09-2013
Rabu,25-09-2013
Senin,30-09-2013
Kamis,03-10-2013
Senin,07-10-2013
Jum’at,18-10-2013
Senin,21-10-2013
Kamis,24-10-2013
Senin,28-10-2013
|
-
Mencatat siswa yang tidak hadir
-
Memberikan informasi perguruan
tinggi bagi kelas XII
-
Melakukan bimbingan klasikal
-
Melakukan bimbingan individu
-
Pemanggilan siswa yang bermasalah
-
Melakukan homevisit kepada siswa
yang memiliki permasalahan
-
Memberikan layanan konseling
-
Mengikuti kegiatan BK ketika ada
orang tua siswa yang anaknya bersangkutan masalah memakai uang SPP
-
Menjaga ruang BK
-
Mengikuti kegiatan BK, ketika ada
pelanggaran murid. Keluar dari kelas saat KBM
-
Menjaga ruang BK
-
mendata alamat siswa agar tau
informasi jika anak tersebut melakukan pelanggaran
|
|
5. Kegiatan Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
Koor
Guru Piket
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Kamis, 5-09-2013
Kamis, 12-09-2013
Kamis,19-09-2013
Kamis,26-09-2013
Kamis,03-10-2013
Kamis,10-10-2013
Kamis,17-10-2013
Kamis,24-10-2013
Kamis, 31-10-2013
Kamis, 07-11-2013
|
-
Mengabsensi siswa & Paket
-
Mengabsensi kehadiran & paket
-
Mendata Kehadiran & paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
-
Mendata Kehadiran & Paket
|
|
6. Kegiatan Upacara Bendera
NO
|
Hari,Tanggal
|
URAIAN
KEGIATAN
|
Paraf
Koor,Ekstrakurikuler
|
|
|
PMR
Pramuka
Futsal
Volley
Paskibra
Modern Dance
Vocal Grup
Angklung
Basket
English Club
Rohis
ICT
Pencak Silat
|
|
Cirebon,
20-11-2013
Guru Pamong,
Tumi Asih S.Pd.
BAB II
PELAKSANAAN PPL PENDIDIKAN
A.
Pelaksanaan
Kegiatan dan proses belajar mengajar
Selama pelaksanaan PPL
kependudukan, penulis melakukan 12 kali pertemuan mengajar
No
|
Hari
|
Kelas
|
Jam
Ke-
|
Waktu
|
1
2
|
Selasa
Rabu
|
XII
IPA
XII
IPA
|
3-4
7-8
|
8.30-10.10
11.30-13.10
|
Pada kegiatan belajar
mengajar, praktikan diawasi oleh guru pamong sehingga apabila ada kesulitan
yang dialami oleh praktikan, guru pamong akan memberikan pengarahan supaya
praktikan dapat mengatasi kesulitan belajar.
Sebelum melaksanakan
pembelajaran dikelas,praktikan harus melakukan suatu perencanaana tau program
yang akan disampaikan kepada peserta didik, dengan membuat RPP atau lesson plan
terlebih oleh praktikan . dan perencanaan tersebut berguna agar apa yang akan
disampaikan lebih terarah dan mencapai tujuan pembelajaran
Selain diwajibkan
membuat RPP sebelum KBM berlangsung. Penyerahan RPP kepada guru pamong
diharuskan sebelum melaksankan kegiatan pembelajaran di kelas agar praktikand
apat lebih siap dalam menyampaikan materi pada pembelajaran.
B.
Evaluasi
pembelajran
Evaluasi
pembelajaran tdak hanya dilakukan oleh penulis terhadap siswa tetapi juga
evaluasi diberikan oleh guru pamong terhadap penulis setelah selesai
melaksanakan tugas praktek megnajar dikelas. Evaluasi tidak selalu diberikan
setiap hari. Hanya saja saat selesai pembelajaran guru pamong selalu memberikan
masukan utnuk memperbaiki pembelajaran atau metode pembelajaran yang digunakan,
supaya dapat memperbaiki pembelajaran lebih baik lagi.
Evaluasi
yang diberikan tidak hanya yang berhubungan dengan materi pelajaran saja,
tetapi semua yang berhubungan dengan
proses pembelajaran.
Bentuk
evaluasi tidak hanya berupa tes kompetensi dan uji blok tapi juga tugas
pekerjaan rumah dan latihan – latihan setiap kali pertemuan yang berupa tes
lisan atau tertulis
C.
Kegiatan
diluar pembelajaran
Disamping
membuat RPP atau lesson plan dan melakukan kegiatan pembelajarna dikelas.
Praktikan juga dituntut aktif mengikuti langkah – langkah dalam kegiatan
pendidikan diluar kelas seperti kegiatan – kegiatan berikut.
1) Upacara
bendera
Upacara bendera
dilaksanakan setiap satu minggu sekali, tepatnya dihari senin pagi dari jam
07.00 WIB sampai dengan Jam 07.45 WIB. Upacara diikuti oleh semua warga Yadika
Kedawung. Meliputi siswa guru staf tata usaha dan para praktikan
2) Piket
Tugas sebagai guru
piket dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Penulis
kebetulan mendapat jadwal piket hari kamis disampingi oleh guru SMA yaitu bapak
gilang bayu purnama S.Pd. Praktikan melaksanakan piket dengan tugas seperti
berikut :
a) Mengisi
buku piket
b) Mengkordinir
absensi siswa yang terlambat
c) Mengkoordinir
absensi siswa yang tidak masuk
d) Menggantikan
guru yang berhalangan hadir
e) Menerima
tamu yang berkepentingan dengan pihak sekolah
3) Layanan
perpustakaan.
Perpustakaan sekolah
sangat bermanfaat bagi praktikan karena banyak sekali sumber epngetahuan dan
pengalaman yang didaapt. Seperti melakukan kunjunga perpustakaan, meminjam buku
pelajaran mengetahui cara penulisan pinjaman, maupun pengembalian buku serta
administrasi perpustakaan, juga ikut merapihakn buku, menulis pendataan buku
yang dating dari yayasan, dll. Perpustakaan SMA Yadika Cirebon di kepalai oleh
ibu silvi.
4) Bimbingan
OSIS
Semua praktikan
dilibatkan dan di ikut sertakan dalam menyukseskan kegiatan – kegiatan OSIS
yang pernah terlaksana dan ikut memantau cara kerja OSIS, dan mengikuti
pemilihan Ketua OSIS yang mengikuti acara pelantikan OSIS. Pembina OSIS SMA
Yadika Cirebon adalah Bapak Suwarso,S.Kom
5) Paskibra
Kegiatan Paskibra atau
dikenal PASSUS. Dilaksanakan setiap sabtu, adanya paskibra di SMA Yadika
sangatlah membantu pada saat dilaksanakannya upacara bendera rutin maupun
perayaan hari raya nasional. Kegiatan ini dibawah bimbingan bapak Suwarso.S.Kom
6) BP/BK
Kegiatan BP/BK memiliki peranan
yang sangat penting di SMA Yadika BP/BK menjadi sarana antara guru dan siswa
untuk saling mengetahui kekurangan masing – masing menjadi tempat sharing anak
– anak jika mereka mendapatkan masalah dan memecahkan masalah bersama agar
tidak ada yang merasa disalahkan atau diberbani BP/BK pun menjadi jembatan
dimana anak dapat mempengaruhi
pembelajaran disekolah. BP/BK pun menjadi penghubung informasi untuk kelas XII
yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan BP/BK menjadi
mediator untuk merekomendasikan beasiswa bagi siswa – siswa yang tidak mampu
namun memiliki prestasi yang membnaggakan. Kegiatan ini dibawah pembinaan Ibu
Fikriah Novianti,S.Pd
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Selama
kegiatan program pengalaman lapangan (PPL) Kependidikan, yang dijalani saya
sebagai praktikan diSMA Yadika Kedawung CIrbeon dengan guru pamong ibu
TumiAsih,S.Pd dan Dosen pembimbing ibu Dwiniasih,S.Pd.M.Hm banyak memberikan
pengalaman dalam hidup saya khususnya di bidang pendidikan, banyak manfaat
nyata yang saya rasakan dan banyak sekali ilmu yang dapat saya petik dari
kegiatan PPL ini dan banyak membantu dalam menyelesaiakan tugas PPL dan
akhirnya penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut.
1. Materi
yang akan disampaikan kepada peserta didik memiliki standar kompetensi yang
harus dicapai apda pembelajarna terebut.
2. Peserta
didik dapat menerima dengan baik materi yang akan disampaikan jika materi atau
metode materi dapat memfokuskan anak untuk belajar, materi di buat semenarik
mungkin
3. Praktikan
harus memahami sistematik KBM yang baik dan benar , sehingga dapat mengatur
waktu sehingga apa yang sudah terstruktur di RPP sma seperti kenyataan saat KBM
4. Bertambahnya
kasa kata dalam bahasa inggris dalam dunia pendidikan yang nyata.
5. Dapat
meningkatkan rasa tanggung jawab. Sikap disiplin sebagai pegangan untuk
meantapkan diri menjadi guru professional yang mampu berkompetensi didepannya
Selama
penulis melangsungkan PL di SMA Yadika Kedawung Cirebon, banyak sekali pembelajaran
dan pengalaman yang dapat saya ambil dan saya terapkan untuk kehidupan
kedepannya. Menjadi seorang guru bukanlah perkara mudah. Karena menjadi seorang
guru haruslah perkara mudah, karena menjadi seorang guru haruslah memiliki
kepribadian yang dapat menjadi contoh yang baik, dapat menjadi pendidik dengan
wawasan yang luas dan pengetahuan nyang lebih, dapat bergaul dan menempatkan
diri dengan baik dimasyarakat, baik itu dilingkungan sekolah ataupun
dimasyrakat
B.
Saran
1. Menjalin
hubungan baik antara pendidik dan peserta didik mampu menghidupkan pembelajaran
atau kegiatan KBM disekolah
2. Mempersiapkan
segala sesuatu dengan matang baik itu materi RPP . media sebelum memulai KBN
3. Dapat
menjalin hubungan yang baik antara teman praktikan, semula pihak sekolah dan pihak
universitas dan pihak – pihak yang lain
No comments:
Post a Comment