Friday 18 September 2015

LAPORAN PELAKSANAAN - ASIA TOSERBA CIREBON



LAPORAN PELAKSANAAN
PRAKTEK KERJA
DI ASIA TOSERBA CIREBON



logo_2621.jpg


0000003016_007384_ZoomImagelarge.png







DISUSUN OLEH :
NAMA                                       : YANTI
NIS                                             : 141510540
BIDANG KEAHLIAN             : BISNIS DAN MANAJEMEN
KOMPETENSI KEAHLIAN    : PEMASARAN


YAYASAN PAWIYATAN RAHARJA BARU
SMK WAHIDIN KOTA CIREBON
TERAKREDITASI A
Berdasarkan SK BAP.S Prop.Jawa Barat No. 02.00/694/BAP.SM/X/2011
Jl.Dr.Wahidin S (Belakang PG Rajawali II) Telp / Fax (0231 201783)
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan ini disusun Oleh         : YANTI
Pembimbing Sekolah                : IBU SRI HARTATI


Tanggal diterima      :
Tanggal disetujui      :



Siswa,




YANTI




Pembimbing




SRI HARTATI




Mengetahui,
Kepala SMK Wahidin Kota Cirebon





NURHASANAH, S.Pd.M.Pd

LEMBAR PENGESAHAN DU/DI

Laporan ini disetujui Oleh        :
Pembimbing DU/Di                  :



Tanggal diterima      :
Tanggal disetujui      :



Pembimbing,




………………………………….





Mengetahui,
Kepala Pimpinan Asia Toserba Cirebon





……………………………………

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat taufik dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan praktik kerja industry (PRAKERIN).
Yang mana laporan ini merupakan syarat dalam menyelesaikan program prakerin di Yayasan Pendidikan SMK WAHIDIN KOTA CIREBON, dengan adanya pelaksanaan prakerin para siswa / siswi dapat mengenal prosedur kerja pada dunia yang bersangkutan dan siswa / siswi di tuntut aktif mengikuti kegiatan tersebut.
Dan tidak lupa kami megnucapkan banyak terimakasih kepada pihak – pihak ayng telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini :
1.      Nurhasannah, S.Pd Selaku kepala SMK WAHIDIN KOTA CIREBON;
2.      Sri Hartati, selaku pembimbing SMK WAHIDIN KOTA CIREBON;
3.      Seluruh guru dan staf TU SMK WAHIDIN KOTA CIREBON;
4.      Pemimpin Asia;
5.      Orang Tua kami yang selalu memberikan dukungan baik materi maupun moral;
6.      Dan semua pihak yang telah membantu sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini;
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh lebih dari sempurna. Oleh karena itu dengan kerendahan hati penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membagun ide kesempurnaan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khusussnya bagi pembaca umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

DAFTAR ISI

SAMPUL / JUDUL......................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN.....................................................................
KATA PENGNANTAR..............................................................................
DAFTAR ISI................................................................................................
BAB I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.......................................................................
B.     Maksud dan Tujuan Prakerin.................................................
C.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin..............................
BAB II       SEKILAS DU / DI / INSTANSI
A.    Sejarah Berdirinya DU/DI....................................................
B.     Struktur Organisasi................................................................
C.     Visi dan Misi DU / DI...........................................................
BAB III     PELAKSANAAN PRAKERIN KERJA DI ASIA TOSERBA
A.    Laporan Kegiatan Prakerin Kerja Industri ............................
a.       Agenda Harian ................................................................
b.      Laporan Kerja Siswa Berkala ..........................................
c.       Daftar Hadir.....................................................................
d.      Jam Kerja..........................................................................            
B.      Jenis – jenis kegiatan yang ada dan belum diajarkan disekolah       
BAB IV     PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................
B.     Saran......................................................................................
LAMPIRAN

BAB III
PELAKSANAAN PRAKERIN KERJA DI ASIA TOSERBA

A.    Laporan Kegiatan prakerin kerja industri

BAB II
SEKILAS DU /  DI / INSTANSI

A.    Sejarah Asia Toserba Cirebon
PT.Asia Tri Tunggal Jaya adalah perusahaan perorangan yang lebih dikenal dengan nama Asia Toserba Cirebon dan didirikan pada Tanggal 12 Januari 1997, yang bertempat di jalan karangggetas No 25-27 Cirebon dipimpin oleh Tjong Tjen Mien dengan jumlah karyawan pada saat itu belum terlalu banyak seperti sekarang ini yang terdiri dari pramuniaga, kasir, dan staff dan lain – lain. Pertama kali Asia Toserba di buka, Barang – barang yang ada di Asia Toserba belum terlalu lengkap karena pada waktu itu belum ada kerjabelum ada kerja sama dengan perusahaan atau pihak lain, konsumen yang datangpun belum terlalu banyak seperti sekarang ini.
Berbagi duri merintang perkembangan Asia Toserba Cirebona ntara lain sekitar tahun 1998 karena adanya krisis moneter, namun menurut Asia Toserba Cirebon itu adalah suatu tantangan yang harus di hadapi, pada tahun tersebut dan maju apda bidangnya
Dan terus menjalin kerjasa sama bukan hanya dengan perusahan dalam negeri saja melainkan dengan perusahaan – perusahaan lainnya dan sekarang Asia Toserba Cirebon penjualannya makin berkembang dan semakin luas hingga mempunya beberapa cabang antara lain :
1.      Garus
2.      Tasikmalaya
3.      Cirebon
Dan menjadi eprusahaan yang berkembang dan bertambah maju dalam melayani konsumen, serta terus meningkatkan pelayanan dan mutu untuk memuaskan hati konsumen, serta tujuan masyrakat untuk berbelanja

B.     Visi dan Misi DU/DI
·         Visi     : Asia Toserba menjadi perusahaan dibidang retail yang termaju,
  terdepan dan terbesar di wilayah priangan timur
·         Misi    : Asia Toserba perusahaan yamg membawa manfaat yang sebesar – besarnya untuk owner, manajemen staf dan karyawan serta lingkungan sekitarnya


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Kegiatan
Pelaksanaan pendidikan praktek kerja industry (PRAKERIN) yaitu salah satu program sekolah kejuruan sebagai upaya dalam rangka peningkatan buku pendidikan dengan tuntunan kebuduhan kerja. Harapan utapa dari kegaitan penyelenggaraan praktek di dunia usaha / industry. Disamping keahlian professional siswa dapat meningkatkan sesuai dengan keuntungan kebutuhan dunia usaha / Industri
Siswa juta akan memiliki jiwa etos kerja dan kreatifitas dengna hasil pekerjaan yang berkualitas, Disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja

B.     Maksud dan Tujuan
Penulis laporan akhir ini dengan maksud emmenuhi salah satu persyaratan dari kurikulum yang berperan besar dalam menyelesaikan program pelatihan kejuruan di bidang perdagangan. Sedangkan tujuan dari penulisan laporan ini adalah sebagai beriku :
a.       Memperkaya dan menambah wawasan pengetahuan penulisan dalam proses mempelajari serta menyesuaikan diri dalam peraturan-peraturan secara umum di dunia kerja

C.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu praktek kerja industry (PRAKERIN) dimulai dari Tanggal 15 Juni 2015 sampai dengan 15 Agustus 2015  terhitung selama 2 bulan
Tempat pelaksanaan praktek kerja industry (PRAKERIN) di Asia Toserba Jl.Karanggetas No. 25-27 Cirebon.

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Sebagai penutup pada bagian ini akan disampaikan berdasarkan uraian -uraian sebelumnya, diantara :
1.      Dari pelaksanaan PRAKERIN INI, diharapkan agar siswa dapat mengenal dunia usaha dengan teori maupun praktik kerja Industri, sehingga dapat menerapkan serta siap terjun di dunia usaha.
B.     Saran
Saran – saran yang dapat disampaikan oleh penulis antara lain :
1.      Dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan
2.      Dalam memperbanyak waktu bagi siswa siswi disekolah untuk melaksanakan praktik di sekolah meliputi bisnis dan management’.
3.      Sebaiknya sebelum melaksanakan PRAKERIN, siswa lebih banyak diberi bekal ilmu pegnetahuan dalam mengoperasikan computer
4.      Diharapkan para pembimbing dari sekolah maupun instruktur DU/DI lebih banyak memberikan pengarahan pada siswa PRAKERIN.
5.      Kurangnya komunikasi antara pembimbing dengan siswa prakerin maupun Pembimbing DU/DI






No comments:

Post a Comment