Friday 18 September 2015

REHABILITAS



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan metode demonstrasi Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI pada materi standar kompetensi shalat di SMKN 1 Cirebon sangat berperan atau terhadap korelasi yang positif, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Penggunaan metode demonstrasi pda materi standar kompetensi shalat kelas XI di SMKN 1 Cirebon adalah sebesar (96%) yang artinya prosentase ini dinyatakan digunakan dalam pencapaian proses pembelajaran
2.      Motivasi belajar siswa pada materi standar kompetensi shalat kelas XI SMKN 1 Cirebon pada saat guru menggunakan metode demonstrasi dalam kategori baik dengan rata – rata mencapai (99,25%)
3.      Dari hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien kolerasi antara penggunaan metode demonstrasi dengan motivasi belajar siswa pada materi standar kompetensi shalat di SMKN 1 Cirebon yaitu sebesar 2,255 terdapat pengaruh yang positif dan kuat karena berada pada rentang 0,80 – 1000 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara penggunaan metode demonstrasi Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa pada materi standa kompetensi shalat di SMKN 1 Cirebon

B.     Saran – Saran
Adapun saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas sebagai berikut :
1.      Guru sebagai tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan ibadah siswa hendaknya mampu menerapkan metode dan teori yang dimilikinya dengan baik, agar apa yang menjadi tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik.
2.      Kepala Sekolah sebagai administrator dan supervisor, hendaknya selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan, guru meningkatkan kualitas pendidikan.
3.      Orang tua, hendaknya memberikan arahan dan motivasi yang baik kepda anaknya, agar selalu melaksanakan shalat dengan baik, serta bisa] meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung ; Pustaka Setia
Angkowo, Robertus dan A. Kosasih 2007. Optimalisai Media Pembelajaran Jakarta; PT.Grasindo
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedus Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta;Rineka Cipta
Ash-Shidiqy,Hasby.1992.Proyek Al Qur’an dan Terjemahannya. Depag RI.
Drajat,Zakiah.2004.Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta ; Bumi AKsara
Darajat,Zakiah.2004.Metodologi Pengajaran Agama Islam.Jakarta ; Bumi Aksara
Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain.1996.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta;Rineka Cipta
Faruq,Abu Umar.1998.Didaktik Metodik.Jakarta ; Bina Aksara.
Humalik,Oemar.2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta;Bumi Aksara.
N.K.Roestiya.1998.Didaktik Metodik.Jakarta ; Bina AKsara
Poerwadarminta, WJS.1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta;Balai Pustaka
Purwanto,NGalim 2002.Psikologi Pendidikan.Bandung ; Remaja Rosda Karya
Rasjid, Sulaiman 2008.Figh Islam.Bandung ; SInar Baru Algensindo
Sudijono, Anas 2006.Pengantar Statis Pendidikan.Jakarta ;Raja Grafindo Persada
Sudijono Anas. 2006.Pengantar Evgaluasi Penddikan.Jakarta ; Raja Grafindo Persada
Zainudin, Masyhuri.2008.Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif.Malang ; Refika Aditama.

Lampiran 1
Tabel 4.23
Analisis Rehabilitas
Variabel X (Metode Demonstrasi)
No
Item Jumlah Soal
X
X2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
2.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
3.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
4.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
5.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
6.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
7.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
8.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
9.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
10.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
11.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
12.
3
3
3
3
3
2
3
3
3
3
28
784
13.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
14.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
15.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
16.
3
3
2
3
3
2
3
2
3
3
27
729
17.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
18.
3
3
3
3
3
2
2
3
3
3
27
729
19.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
20.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
21.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
22.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
23.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
24.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
25.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
26.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
27.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
28.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
29.
3
3
3
2
3
3
3
3
3
1
27
729
30.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
31.
3
3
2
3
3
3
3
3
2
3
28
784
32.
3
1
3
3
3
3
3
3
3
3
28
784
33.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
34.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
35.
3
3
3
3
2
3
3
3
3
1
27
27
36.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
37.
3
3
1
3
3
3
3
3
3
3
28
784
38.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
39.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
40.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
119
117
116
119
119
117
119
119
119
116
1180
34852


Lampiran 2
Tabel 4.24
Analisis Rehabilitas
Variabel Y (Motivasi Belajar Siswa)
No
Item Jumlah Soal
X
X2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
2.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
3.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
4.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
5.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
6.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
7.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
8.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
9.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
10.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
11.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
12.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
13.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
14.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
15.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
16.
3
3
3
3
3
2
3
3
3
3
29
841
17.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
18.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
19.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
20.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
21.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
22.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
23.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
24.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
25.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
26.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
27.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
28.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
29.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
30.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
31.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
32.
3
3
3
3
3
3
3
3
2
3
29
841
33.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
34.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
35.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
36.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
37.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
38.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
39.
2
3
3
3
3
3
3
3
3
3
29
841
40.
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
30
900
119
120
120
120
120
119
120
120
119
120
1197
35823


Lampiran 3

Penggunafan Metode Demonstrasi

   Instrumen Angket
Nama           : ……………………………………
Kelas           : ……………………………………

PETUNJUK
Jawablah Pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf a,b, atau c yang dianggap paling benar!

1.      Apakah penggunaan metode demonstrasi sering dilakukan oleh guru ?

a.       Ya Sering
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

2.      Apakah metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran materi shalat fardhu

a.       Ya
b.      Kurang Efektif
c.       Tidak Efektif

3.      Apakah siswa diikutsertakan dalam praktek shalat?

a.       Ya Sering
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

4.      Apakah diperagakannya shalat dapat mendorong kemauan siswa untuk mempraktekannya ?

a.       Ya sering
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

5.      Apakah penjelasan materi sebelum peragaan dilakukan ?

a.       Ya
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

6.      Apakah penjelasan gurud apat dipahami siswa ?

a.       Ya
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

7.      Apakah guru dalam mengajarkan materi shalat menunjukan gambar tata cara shalat ?

a.       Ya
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

8.      Apakah guru menunjukan tata cara shalat yang baik ?

a.       Ya
b.      Kadang – Kadang
c.       Tidak Pernah

9.      Apakah guru mengajukan pertanyaan setelah penggunaan metode demonstrasi?

a.       Ya
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak Pernah Bertanya

10.  Apakah peragaan dapat menjadikan siswa memperhatikan tata cara shalat fardhu?
a.       Ya
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak Nenoergantujab

Lampiran 4
Motivasi belajar Siswa
Instrumen Angket
Nama           : ……………………………………
Kelas           : ……………………………………

PETUNJUK
Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf a, b atau cyang dianggap paling benar !

1.      Apakah kamu memperhatikan pelajaran dengan baik

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

2.      Apakah kamu tekun dalam mengikuti pelajaran di kelas

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

3.      Apakah gairah belajar kamu meningkat

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

4.      Apakah kamu tenang dalam menghadapi kesulitan

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

5.      Apakah kamu tidak cepat menyerah

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

6.      Apakah kamu berupaya menyelesaikan kesulitan

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

7.      Apakah kamu aktif dalam proses belajar mengajar

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

8.      Apakah kamu senang mengikuti pelajaran dikelas

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

9.      Apakah kamu mengerjakan tugas dengan baik

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah

10.  Apakah kamu menggunakan waktu diluar jam pelajaran dengan baik

a.       Selalu
b.      Kadang – kadang
c.       Tidak pernah



Lampiran 5

Angket Efektifitas Penggunaan Metode Demonstrasi pada Materi Standar Kompetensi Shalat di SMKN 1 Cirebon

Nama   : ……………………..
Kelas   : ……………………..

Bacalah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dan berilah tanda cek lis (P) pada kolom jawaban sesuai dengan pendapat kamu.
Alternatif jawaban dan skor yang disediakan sebagai berikut :
S          : Selalu
KK      : Kadang – kadang
TP        : Tidak Pernah

No
Pertanyaan
Pilihan Jawaban
S
KK
TP

Pada saat guru menggunakan metode demonstrasi apakah kamu :



1.
Memperhatikan pelajaran dengan baik



2.
Tekun dalam mengikuti pelajaran di kelas



3.
Gairah belajar meningkat



4.
Tenang dalam menghadapi kesulitan



5.
Tidak cepat menyerah



6.
Berupaya menyelesaikan kesulitan



7.
Aktif dalam proses belajar mengajar



8.
Senang mengikuti pelajaran di kelas



9.
Mengerjakan tugas dengan baik



10.
Menggunakan waktu diluar jam pelajaran dengan baik





Lampiran 6

Standar Kompetensi : 6. Memahami Tata Cara Shalat Fardhu

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
6.1 Menjelaskan Ketentuan – ketentuan shalat Fardhu
Shalat Fardhu
1.      Menjelaskan pengertian Shalat fardhu dan dasar hukumnya
2.      Menyebutkan syarat – syarat shalat
3.      Menyebutkan rukun – rukun shalat
4.      Menyebutkan hal – hal yang membatalkan shalat
5.      Menjelaskan tata cara shalat fardhu secara berurutan (tertib)
6.      Mempraktekan shalat fardhu secara benar

Lampiran
Motivasi Belajar SIswa Instrumen ANgket

  Instrumen Angket
Nama           : ……………………………………
Kelas           : ……………………………………
PETUNJUK
Jawablah pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang

(X) pada huruf a,b atau c yang dianggap paling benar !

No comments:

Post a Comment