Monday 1 December 2014

DRAMA RAHASIA DIBALIK PERSAHABATAN



TUGAS DRAMA BAHASA INDONESIA
TAHUN AJARAN 2013/2014
“RAHASIA DIBALIK PERSAHABATAN”


http://2fm9xz2drvqemrbu.zippykid.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/07/drama.jpg

Nama Kelompok :
1.      Adi
2.      Agnes Saskia Putri
3.      Asep Ayudi
4.      Herlina
5.      Indah Purnama D.S
6.      Kori’a
7.      M.Farhan.F.R
8.      Silviya
9.      Roro.R
Kelas           : IX G

SMP NEGERI 1 SURANENGGALA
Jl.Sunan Gunung Jati Km. 10 Kab.Cirebon

TIM PENYUSUN
1.      Pengarang                  : Agnes S.P
2.      Penulis                       :    -   Herlina
-       Silviya
3.      Editor                         :    -   Herlina
-       Roro.R
4.      Casting                       :    -   Agnes.S.P
-       Herlina
-       Kor’a
-       Silviya
-       Roro.R
5.       Kostum                     :    -   Silviya
6.      Pengetik Naskah       :    -   Agnes S.P
-       Kori’a
-       Roro.R
-       Silviya

PENOKOHAN

1.      Adi                                          Sebagai          Dokter
2.      Agnes Saskia Putri               Sebagai          Agnes
3.      Asep Ayudi                           Sebagai          Mang Asep
4.      Herlina                                   Sebagai          Lina
5.      Indah Purnama D.S              Sebagai          Satria
6.      Kori’a                                     Sebagai          Narator/Guru
7.      M.Farhan.F.R                        Sebagai          Rama
8.      Silviya                                    Sebagai          Vivi
9.      Roro.R                                    Sebagai          Astri

RAHASIA DIBALIK PERSAHABATAN
Dipagi hari didalam kelas ada keempat sahabat yang sedari tadi ngobrol – ngobrol tentang cowok. Bisaalah anak cewe kerjaannya ngrolin kebisaaan anak cowok .
Agnes              :”Eh…..Kok gak ada yang bisa kita kecengin sih”
Astri                :”Iya nih bikin bête aja”
Lina                 :”Eh…liat deh itu ada cowo ganteng “
Vivi                 : Waaaaaah…keren ….”
Astri                :”Eh tau enggak dia itu anak barud I sekolah ini. Dia emang banyak yang suka.
  Dia bisa dibilang paling keren disekolah ini”
Lina                 :”Bisa di bilang….ehm berarti ada yang enggak bisa dibilang dong”
Astir                :”tau ah, cape ngomong sama loh!”
Vivi                 :”mending kita ke kantin aja yuk “
Agnes              :”yuukkkk…
Masih aja ngobrolin si cowok baru. Tapi agnes kenapa ya….yang tadinya semangat jadi lepas suram, mukanya pupcat gitu lagi kenapa dia, setibanya dikantin agnes, lina, vivi, dan astir hanya melihat agnes yang mukannya pucat, vivi pun menanyakan kondisinya
Vivi                 :”Eh nes loe kenapa?” (Sambil memegang bahu Agnes)”
Lina                 :”Nes Loe gak kenapa – kenapa kan?”
Agnes              :”Gue gak papa kok Cuma sedikit pusing doing entar juga sembuh sendiri.”
Lina                 :”Eh …Eh…eh…aku punya obat manjur loh punya nenek aku loh obat puyeng
  cap bintang delapan. Cobain deh pasti enggak bakalan pusing lagi, dijamin
  deh”(sambil menunjukan obatnya)
Agnes              :”lina please deh masa gue minum obat nenek loh…loe piker gue nenek – nenek
  apa!(muka jutek)
Astri                : Udah deh enggak usah banyak omong, kita keluar aja yuk panas nih disini.
Agnes, lina, Vivi         :”Ya sudah yukkk.”
Mereka pergi meninggalkan kelas. Ternyata didalam kelas ada rama si cowok baru itu, bersama temannya Satria namanya.
Rama               :”Eh tau gak tadi pagi gue berangkat sekolah banyak cewek cewek yang ngeliatin
   gue”
Satria               :”waaah….serius loooh???
Rama               :”Serius loh ngapain gue bohong sama lo, lo kan tau muka gue kan kece”
Satria               :”Iya aja deh yang katanya punya kece”.
Rama               : “Kok katanya sih? Emang benerkan muka gue kece, Fakta lagi”
Satria               : (Sambil menghela nafas panjang).”Iya aja deh”
Tidak berasa bel masuk pun berbunyi. Anak – anak yang diluarpun mulai memasuki kelasnya masing – masing. Beberapa jam kemudian bel tanda pulang pun berbunyi, agnes dan teman – temannya pun pulang kerumah masing – masing, tetapi tidak dengan agnes, agnes tidak langsung pulang kerumah melainkan pergi kerumah sakit untuk mengecek kesehatannya. Sakit apa sih yang agnes derita. …
Agnes              :”Dok bagaimana sih leb saya, saya sakit apa?”
Dokter             :”Ehmmm…anda sakitt”
Agnes              :”Kudis, Kurap, Malaria, Panu, atau apa?”
Ditengah percakapan handphone pak dokter pun bordering…
Dokter             : (Mengangkat telefonnya dan meninggalkan agnes yang sedari tadi bersamanya)
Agnespun kesal karena pak dokter tidak kunjung datang. Akhirnya agnes pun meninggalkan ruangan tersebut. Kemudian pak dokterpun tiba sambil melihat kanan kiri mencari si pasien.
Dokter             :”Mba…Mbaaa ini hasil lebnya…Hemm yaudah lah : Nanti aku liat alamat
   rumahnya. Ohhh…Ternyata disini.”
Melihat pasienkabur karena menungguin dia nelefon akhirnya pak dokter pun menemuin alamat tersebut.
Setibanya Dokter dirumah agnes…
Mang Asep      : (Sedang menyapu sambil menyanyi – nyanyi)
Dokter             :”Permisi,…mas spada….”
Mang asep       : “oh ada kamu toh, maaf saya ndak tau,…ada yang bisa saya bantu? “
Dokter             :”Ini saya dokter yang memeriksa nona Agnes apa nona agnesnya ada dirumah?”
Mang asep       :”Ohhh… Nonanya belum pulang to, mau nitip kesaya aja ndak, saya tukang
   kebun dirumah ini”
Dokter             :”Oh, iya boleh, tolong sampaikan surat ini ya, bilang aja ini surat hasil lebnya.”
Mang Asep      :”Ohh, Iya iya okay”
Setelah menyampaikan hasil lebnya dokterpun permisi pulang,. Karena penasaran Mang Aseppun membuka surat yang tadi diberikan pak dokter.
Mang Asep      :”Non Agnes sakit apa ya kira – kira (Sambil membuka Surat Tersebut dengan
hati – hati) Astagfirullah!!! Seriusan suratnya non Agnes. Ini the kalau gak salah cancer, positif cancer, apa cancer!! (Muka kaget)
Agnes              :”Cancer!!! Gak…gak mungkin gue gak mungkin kena cancer gue mohon sama
mang Asep jangan bilang – bilang ke siapa – siapa tentang penyakit gue ini, ngerti enggak !!”
Mang Asep      : “Baa…..Baik non.”(Dengan nada terbatah – batah)
Ternyata agnes mendengar omongan mang Asep, tentang hasil lebnya dan agnes pun menyuruh mang Asep untuk merahasiakan semuanya Agnes masih saja tidak memberi tahu orang – orang terdekatnya kalau dia mengidap penyakit cancer. Tetapi teman – temannya mulai mencurigai dengan keanehan yang terjadi dalam fisik agnes.
Vivi                 : eh kalian ngerasa aneh enggak sih sama Agnes Akhir – akhir ini”
Istri                  :”Iya bener gue juga ngerasa, dia setiap sekolah mukanya pucat, terus kepalanya
   sering banget pusing. Terus juga pas gue buka tas agnes ada obatnya gitu  warna
   – warni lagi.”
Lina                 :”Waaaaah, kaya pelangi dong pasti lucu banget. Eh tapi aku kok kaya tau yah itu
   obat apa? “(sambil mengingat – ngingat)
Oh ya itu kan oba tyang bisaanya ndiminum saudara saya dia mengidap penyakit leukemia”
Vivi                 :”Haaa…!! Seriusan loe agnes sakit  Leukiiiiiiiiiii…..”
TIba – tiba Agnes pun datang dan memotong percakapan 3 Sahabatnya itu
Agnes              :”Hay Guys lagi ngomongin apaan sih kayaknya serius banget 
Lina                 : Lagi ngomongin ka…”
Lina pun tidak melanjutkan omongannya karena astir menginjak kaki lina dengan sengaja
Astri                :”Nes elo udah sarapan? Udah minum ? udah makan?. Udah cukup tidur?
Tidurnya jam berapa? Malem gak? Loe udah bangunkan? Udah penuh tah nyawanya.”
Agnes              :”Loh ngomong apa sih enggak ngerti deh gue”
Lina                 :Nes kamu kenapa sih enggak bilang – bilang sama kita kalau kamu sakit.”
Astri, Vivi,      : “Lina!!!”
Agnes              :”Sa…sakit guwe enggak sakit apa – apa  kali lebay deh kalian. Udah yukk kita ke
  kantin
Agnes pun mencari alasan kekantin agar teman – temannya tidak menanyakan kondisi yang sebenarnnya mereka mau pergi kekantin dan saat itu agnes tiba – tiba pingsan
Astri, Lina, Vivi : (Langsung menghampiri agnes)”Nes…Nes…Lo Kenapa?
Vivi                 :”Nes,Nes bagun”(Sambil menepuk pipinya)
Lina                 :”Aduh agnes kenapa yah kok tidurnya disitu sih”
Astri                :”Ya ampun lina agnes itu pingsan bukannya tidur” (Muka Jengkel)
Vivi                 :”Udah – udah kita bawa ke UKS Aja”
Mereka membawa agnes ke ruang UKS. Dan mentidurkannya di sana ketiga sahabatnya pun bingung dengan kondisi agnes.
Astri                :”Agnes kok tidak sadar – sadar ya??? (Sambil melihat ke agnes)
Lina                 :”Iya nih aku jadi khawatir deh kalau terjadi apa – apa gimana”
Vivi                 :”Iya gimana kalau kita telefon dokter aja“
Ditengagh percakapan mereka, agnes pun sadar
Agnes              : “Enggak Usah Guys Gue udah sadar kok “
Lina                 :”Alhamdulillah Akhirnya sadar juga”
Vivi                 :”Nes, Elo ENggak papakan”
Agnes             :”Gue enggak papa kok VI“.
Astri                :”Enggak papa gimana elo samapi pingsan gitu, pasti ada apa – apa”
Lina                 :”Iya tuh pasti ada apa – apa dibalik enggak papa. “
Agnes              :”Vi, Lina, Astri Gue enggak papa kok serius, gue sehat – sehat aja buktinya gue
  sadar kan .”
Vivi ,Lina,Astri, : “Beneran Elo Enggak bohong kan….”
Agnes              :”iya enggak papa, udah yuk anterin gue ke kelas.”
Vivi, Lina, Agnes: “Yuuuuk….”
Masih aja agnes menyembunyikan ke sahabat – sahabatnnya tapi sahabat – sahabatnya enggak gampang percaya sama omongannya agnes, mereka mencari tau sendiri tentang kondisi agnes lewat pembantunya dan juga mereka menemui dokter yang pernah memeriksa agnes.
Dokter             :”Sebenarnya dengan berat hati saya harus menyampaikan bahwa teman anda
   ternyata mengidap penyakit darah putih alias leukemia dan udah sampai
   stadium Akhir.”
Ke 3 Sahabatnya : (Sambil sedih mendengar dari omongan dokter tersebut)
Vivi                 :”Dok” apa dokter gak salah periksa? “
Astri                : Iya dok gak mungkin kan dok” Dengan memberi kepastian)
Lina                 :”Iya dok, periksa lagi aja barang kali ketuker dok”
Dokter             :”Ade – Ade saya gak mungkin salah periksa atau ketuker dengan yang lain, di
perkirakan agnes sudah mengidap penyakit ini sejak beberapa tahun yang lalu, apa lagi dia tidak mengikuti kemo trapi, dan mungkin hidupnya tidak lama lagi mungkin hidupnya bisa dihitung dengan jari, aduh jarinya kotak. Oh yah maaf”
Lina                 : “Dokter gadungan ya…”
Vivi                 :”Eh sembarangan”
Lastri               :” Yaudah kalau gitu makasih dok”
Dokter             :”Iya harap tabah ya dok.”
Mereka pamit untukj pulang. Penyakit agnes semakin parah dokter menyuruh agnes untuk beristirahat lebih banyak di rumah agne syang tengah duduk di kursi sambil meneteskan air mata mang asep yang melihatnya langsung menemui agnes
Mang Asep      :”Non kenapa? Kok nangis?
Agnes              :”Mang asep do’ain aku yah”
Mang Asep      :”Do’ain apa non”
Agnes              :”Do’ain biar aku cepet sampai surge”
Mang asep       :”Ya allah non enggak boleh ngomong gitu”
Agnes              :”Hidupku mungkin udah enggak lama lagi “ (Sambil menghembuskan nafas
   terakhirnya)
Mang asep       :”Non, non inalilahiwainalilahirojiun.”
Agnespun telah mengehembuskan nafas terakhirnya. Orang – orang terdekatnya pun sangat terpukul apa lagi sahabatnya.
Vivi                 : “Nes, Kenapa sih loe pergi secepat ini”(Sambil menangis)
Astri                :”Iya nes kenapa harus secepat ini”
Tiba – tiba rama menemui ketiga sahabatnya ditempat penguburan bersama satri a
Rmaa               :”Nes kenapa loe pergi secepat ini nes”
Lina                 :”Nes kenapa loe pergi secepat ini nes”
Lina                 :”Eh kok loe disini sih? Mau ngapain loe? Loe kok kenal sama agnes”
Rama               :”Gue sebenarnya udah lama mendem ini, gue suka sama loe nes tapi gue gak
berani bilang karna temen gue juga suka sama loe nes dan gue janji gak bakal suka sama orang yang temen gue sukai. Agnes kenapa loe pergi secepat ini
Lina                 :”Kita dulu ya, yang sabar ya rama”.
Ketiga sahabat nya menigngal rama sendirian yang masih benda di tempat terakhir agnes, dalam bayangan ada sesosok agnes menghampiri sama. Tapi tidak melihatnya
Agnes              :”Maafin gue ya ram, gue harus pergi”
Rama               :”Tiba ibarat dua tetes air yang bertemu ditengah laut kehidupan kadang hujan
   nyaris memisahkan kita tapi pada cinta kita berteka”.
Namun kini angin yang lembut telah datang membawaku…ku berikan mataku agar kau bisa  melihat bagaimana cinta menjaga mu sampai nanti kita bertemu lagi sebagai dua insane .”
Orang – orang berdekat sahabat – sahabatnya maupun rama sudah mengikhlaskan kepergian Agnes dan merekapun harus tersbisaa tanpa sahabatnya agnes yang telah dialam sana.

No comments:

Post a Comment