Tuesday 9 December 2014

PIDATO - HARI GURU



Yang terhormat Bapak Kepala sekolah SMAN 1 Suranenggala, yang terhormat Bapak dan Ibu Guru serta Staff  TU dan Teman – teman yang saya cintai.

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini sholawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, para tabi’it –tabi’itnya, semoga kita semua termasuk didalamnya.
Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang hari guru, tepat tanggal 25 November setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari guru Nasional. Pada tanggal 25 November juga diperingati hari lahirnya organisasi guru, yaitu persatuan guru republic Indonesia (PGRI). Namun tahukah anda asal – usul mengapa tanggal tersebut dipilih menjadi hari yang khusus bagi para pendidik?
Sebelum kemerdekaan Indonesia, para tokoh pendidikan Nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tepatnya tahun 1912. Anggotanya merupakan guru bantu, guru Desa, Kepala Sekolah, dan pemilik sekolah yang bekerja di sekolah – sekolah yang bernama Indonesia membuat pengurus dan anggota PGHB mengubah nama Organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di Tahun 1932.
Usai kemerdekaan 17 Agustus 1945 para pengurus dana nggota PGI menyelenggarakan kongres guru Indonesia yaitu tepat di seratus hari setelah tanggal kemerdekaan tersebut 24 – 25 November 1945 kongres yang berlangsung di kota Surakarta tersebut diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Saat itu, nama organisasi PGI pun di perbarui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Dilangsir oleh situs resmi PGRI, karena jasa dan perjuangan yang telah di lakukan oleh para guru di tanah air, maka pemeirntah RI melalui Keppres No. 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Kongres itu juga di mantapkan di UU No.14 tahun 2005 tentang nnguru dan dosen nyang menetapkan tanggal 25 November setiap tahun di peringati sebagai hari Guru Nasional.
Sekian pidato dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf bila tutur kata y ang kurang berkenan saya m ohon maaf yang sebesar – besarnya.
Wabilahitaufik walhidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak Ibu Guru Serta teman – temanku yang saya cintai. Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul di hari ini.
Tema kita hari ini ialah tentang hari guru yang jatuh tepat pada tanggal 25 November pada hari ini kami semua menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mengabdikan diri sebagai pendidik. Berkat pengabdian bapak dan ibu guru telah dicurahkan kepada kami, kami dapat mencapai hasil yang baik dengan bimbingan bapak dan ibu guru seolah – olah kami merasa berada dibawah pengawasan dan asuhan orang tua kandung sendiri. Hal ini tidak lain karena antara kami dan Bapak Ibu Guru telah menjalin ikatan yang erat. Saya mewakili dari teman – teman mengucapkan “selamat hari guru” mungkin sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment