Monday 1 December 2014

LAPORAN HASIL KEGIATAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN



LAPORAN HASIL KEGIATAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMA YADIKA KEDAWUNG CIREBON
2013

Diajukan untuk melengkapi salah satu
persyaratan Penyelesaian PPL Kependidikan


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWFAojouAAzfLNDL235aFj5PhVbzurtiU0NpV1iW0jlD3vGt3E3NYlVmVkseb9l0TiRFA0jpWKfGprW6YNLejoaOwDZKzMdOUN_fLwfTRBAYMAIGELRQxea02dTI5naszA5hr-X5T5fx0/s1600/logo.jpg


Disusun Oleh :
NAMA          : WIDAR WIDI ASTUTI
NPM   : 110060113
PRODI         : PEND.BAHASA INGGRIS


UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PPL KEPENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
2013

9. Kegitaan Belajar mengajar
Pada tanggal 28 Agustus 2013 penyerahan ke sekolah didampingi oleh dosen pembimbing. Setelah dilakukannya penyerahan disampingi oleh dosen pembimbing. Setelah dilakukannya penyerahan selama 1 minggu praktikan melakukan observasi sekolah atau bisa disebut sebagai masa orientasi lapangan. Kegiatan lapangan PPL dimulai pada tanggal 2 september 2013 sampai dengan 16 November 2013 praktikan memulai pembelajaran dalam kelas pada tanggal 03 September 2013. Sebelum tanggal tersebut praktikan di haruskan melakukan observasi kelas dan melihat metode – metode atau cara guru pamong saat melakukan kegiatan pembelajaran disekolah. Dari observasi tersebut praktikan dapat melihat cara – cara yang dilakukan guru pamong saat melakukan kegiatan pembelajaran didalam kelas. Praktikan dapat melihat cara mengkondisikan kelas dengan baik mengatur anak agar mendengarkan pelajaran yang disampaikan. Kemudian cara bagaimana membangun semangat anak dalam pembelajaran Pada jam yang sudah melelahkan bagi anak.
Sebelum terjun kedalam kegiatan belajar mengajar, praktikan sebelum melakukan konsultan atau bimbingan kepada guru pamong seperti pembuatan RPP ataupun konsultasi kegiatan belajar dikelas setelah selesai melakukan kegiatan pengajaran, guru pamongmengoreksi bagaimana cara kita mengajar kekurangan apa saja trik dari mengoreksi bagaimana cara menghendel kelas, dengan baik.
Pada tanggal 03 September 2013 . Saya diberi kesempatan mengisi kelas XII IPA, itu kali pertama saya mengajar dikelas dan ini sangat membuat saya gugup dan kadang bingung apa yang harus dilakukan didalam kelas, namun itu menjadi sebuah pengakuan berharga buat saya karena dari kegiatan ini saya dapat menikmati, betapa menyenangkannya menjadi seorang guru penduduk.

LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktik pengalaman Lapangan disusun Oleh
Nama               : Windar Widi Astuti
NPM                : 110060113
Jurusan/Prodi   : FKIP Bahasa Inggris


Diketahui Oleh :
Guru Pamong


Tumiasih,S.Pd
     Kepala Sekolah                                                                                             Dosen Pembimbing




Hj.Sukma Yulianti,S.Pd                                                                               Dwiniasih,S.Pd.M.Hum

BAB I
PENDAHULUAN

Pembelajaran merupakan hasil awal yang harus dicapai oleh proses pengajaran Sementara itu proses pengajaran dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan pendidikan yang produktif, terencana, terarah dan terkontrol untuk mencapai tujuan tertentu. Dari konsep tersebut, diperoleh beberapa hal yang harus diperhatikan pada prose pembelajaran. Hal – hal tersebut adalah adanya tujuan yang harus dicapai. Materi yang harus diajarkan, strategi yang haris dilakukan, serta evaluasi untuk mengukur dan menilai.
Demi keterarahan, efektifitas serta efisiensi maka setiap usaha pengajaran harus direncanakan. Tahap ini merupakan serangkaian aktifitas yang berkaitan dengan pemilihanbahan ajar, penciptaan urutan, langkah – langkah yang procedural untuk mengukur dan menilai.
Demi keterarahan, efektifitas serta efisiensi maka setiap usaha pengajaran harus direncakan. Bahan urutan, langkah – langkah yang procedural untuk dilakukan pengajaran serta menentukan metode pengukuran untuk menilai keberhasilansekaligus mempersiapkan langkah yang layak untuk dilakukan sebagai kelanjutan tindakan sebelumnya dengan kata lain. Perencanaan harus mampu merumuskan empat komponen pembelajaran sebelum dilaksanakan.
Berikut merupakan berbagai unsure pembelajaran :
1.      Guru
Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh factor – factor pendidikan salah satunya adalah guru, Guru di SMA YADIKA kedawung Cirebon adalah sebagai pendidik dan sebagai pengajar, sehingga tujuan pendidikan Nasional dapat terwujud Selain itu juga guru dituntut untuk :
a.       Mengintensifkan pembelajaran dikelas dengan memanfaatkan waktu belajar sebaik – baiknya sehingga target kurikulum dapat tercapai.
b.      Memantau belajar siswa dikelas sehingga tidak ada siswa yang tidak memperhatikan atau keluar tanpa pengetahuan guru
c.       Selektif dalam memberikan izin kepada siswa yang meninggalkan kelas
d.      Bagi guru yang mendapatkan tugas sebagai guru piket harus selektif dalam memberikan izin pada siswa yang meninggalkan sekolah.
Selama penulis rasakan menjadi guru di SMA YADIKA Kedawung Cirebon, penulis banyak sekali mendapatkan pengetahuan dari segi pengajaran maupun kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh figure seorang guru.

2.      Murid
Aktifitas siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon berjalan cukup baik. Adapun aktifitas siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon dikelas adalah mengkondisikan diri untuk siap menerima pelajaran yang akan disampaikan dan wajib mengikuti kegiatan proses pembelajaran setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan mematuhi segala peraturan yang ada baik sikap. Perilaku dan penampilan. Disamping belajar siswa SMA YADIKA Kedawung Cirebon juga diwajibkan mengikuti kegiatan upacara bendera setiap hari senin, serta mereka juga mengikuti kegiatan ekstrakulikuler antara lain, Paskibra,Olah Raga, Kesenian,ICT, dan Bimbingan Osis.

3.      Intraksi Pembelajaran
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku individu yang relative menetap sebagai hasil dari pengalaman. Sedangkan pembelajaran merupakan penataan lingkungan belajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik agar memberi nuansa belajar yang kondusif sehingga tercapai proses belajar yang optimal
Di SMA YADIKA Kedawung Cirebon intraksi pembelajaran sangat baik dan kondusif. Dimana siswa dan guru saling memberi dan menerima dan adanya take and Give. Sehingga suasana pembelajaran di SMA YADIKA Kedawung Cirebon dapat tercapai dan optimal.

4.      Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran merupakan pengetahuan, konsep, contoh serta pengalaman – pengalaman tertentu yang harus diberikan kepada peserta didik sebagai bekal mereka untuk emgnuasai kompetensi yang telah ditetapkan dalam rencana.
Materi yang diberikan kepada peserta didik adalah sesuai dengan program studi yang telah dipelajari oleh praktikan dan ditentukan oleh sekolah berdasarkan standar kompetensi dan komp[etensi dasar. Penguasaan materi pembelajaran sangat penting dalam menentukan keberhasilan praktikan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Dan materi yang disampaikan harus sesuaid engan format,pembuatan rencana pengajaran dan buku materi agar peserta didik mampu memahami dan menguasai skill yang sesuai.

Penguasaan materi pembelajran merupakan penting dalam menentukan keberhasilan siswa. Oleh sebab itu sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar seorang guru harus mempelajari pelajaran yang akan diberikan kepada siswa, hingga kegiatan belajar mengajar dikelas tidak mengalami hambatan dan materi yang akan disampaikan akan mudah dimengerti oleh siswa dan akhirnya akan memperoleh hasil yang lebih baik.
Dalam hal ini pemberian materi harus sesuaid engan format pembautan rencana pembelajaran adapun materi yang akan disampaikan diusahakan dapat menarik perhatian siswa agar siswa termotivasu untuk belajar.

5.      Metode Pembelajarn
Penetapan metode ajar paling tidak harus mempertimbangkan beberapa aspek antara lain karakteristik materi ajar, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai ketersediaan materi serta fasilitas penunjang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah factor situasi dan kondisi yang dihadapi ketia proses KBM berlangsung. Oleh karena itu, Keterampilan seorang guru untuk mengkondisikan berbagai metode ajar adalah menjadi keharusan.

6.      Tujuan PPL Pendidikan
Program pengenalan Lapangan (PPL) Kependidikan FKIP Unswagati Cirebon bertujuan agar praktikan memperoleh pengalaman pendidikan di lapangan, sebagai upaya lembaga untuk membentuk tenaga – tenaga pendidik yang professional diantaranya:
a.       Praktikan dapat menambah wawasan pengetahuan baik teori dan praktik dalam bidang disiplin ilmu pendidikan
b.      Praktikan dapat menambah pengetahuan baik teori dan praktik sesuaid engan program studinya
c.       Praktikan dapat melakukan proses belajar mengajar yang baik sesuai dengan tuntutan profesi seorang guru
d.      Praktikan mampu mengembangkan etika – etika gurus esuai dengan tuntutan seorang guru/ tenaga kependidikan yang professional



7.      Analisa Keadaan dan Potensi Sekolah
A.    Lingkungan Sekolah
1)      Nama Sekolah                         : SMA YADIKA Kedawung Cirebon
2)      Nama Kepala Sekolah             : Hj.Sukma Yulianti,S.Pd
3)      NIS/NIM                                : 20244677
4)      NISS/NSM                             : 32.2.02.17.03.057
5)      Alamat Sekolah                       : Kedawung
Kabupaten                               : Cirebon
Propinsi                                   : Jawa Barat
Kode Pos                                : 45152
Telepon & Faksimili                : (0231) 487146
6)      Status Sekolah                                    : Swasta
7)      Nama Yayasan                        : YAYASAN ABDI KARYA
8)      Tahun pendirian Sekolah        : 2005
9)      Akreditasi                               : A

B.     Keadaan Sekolah
1)      Sarana dan Prasarana
a.       Tanah dan Halaman
Tanah Sekolah sepenuhnya milik sendiri, luas areal seluruhnya 8.000 m2. Sekitar sekolah dikelilingi oleh pagar sepanjang 360 m.
Keadaan Tanah Sekolah SMA Yadika Kedawung Cirebon
Status                                :  Milik Sendiri
Luas Tanah            : 8.000 m2
Luas Bangunan     : 6.821 m2
Jalan                      : 2.039 m
b.      Gedung Sekolah
Bangunan Sekolah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar sangat memadai.






Keadaan Gedung Sekolah SMA Yadika Kedawung Cirebon
NO
Nama
Luas (m2)
Jumlah
Kondisi

Tanah
Lapangan Upacara / Basket / Bola
Volley
Tempat Parkir
Taman Skeolah
Jalan
Bangunan
1.      Ruang  kepala sekolah
2.      Ruang wakil bidang kurikulum
3.      Ruang wakil bidang kesiswaan
4.      Ruang BP/BK
5.      Ruang Guru
6.      Ruang OSIS
7.      Ruang Teori
8.      Ruang Laboratorium Biologi
9.      Ruang Laboratorium Fisika
10.  Ruang Laboratorium Kimia
11.  Ruang Laboratorium Bahasa Inggris
12.  Ruang Laboratorium Komputer
13.  Ruang Perpustakaan
14.  Ruang Agama Kristen
15.  Ruang Komite Sekolah
16.  Ruang PMR
17.  Ruang Band/Galeri Seni
18.  Musholla
19.  Ruang Peralatan Olahraga
20.  Ruang Keuangan
21.  Ruang Tata Usaha
22.  Ruang Logistik
23.  Ruang Dapur
24.  Ruang Petugas kebersihan
25.  Ruang UKS
26.  Ruang Kantin
27.  Ruang Serba Guna/Aula
28.  Gardu Jaga
29.  Ruang WC Guru
30.  Ruang WC Siswa
31.  Ruang Gudang
8.000
688
432
100
4
2.039

8x8
6x8
8x8
8x8
9x8
9x8
9x8
9x8
9x8
20x8
9x8
15x8
15x8
9x8
6x8
7x8
9x8
12x13
3x3
9x8
9x8
3x5
3x3
3x3
7x8
17x8
21x36
2x2
4x4
4x4
8x8
-
-
-
2
-
-
1
1
1
1
1
1
16
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
4
12
2
Tepat
Tepat
Tepat
Tepat
1 Jalur
Tepat
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik


8.      Perencanaan Kegiatan
Kurikulum merupakan acuan utama bagi para guru untuk mengajar demi terciptanya keseragaman tujuan yang dicapai. Sebelum praktikan melakukan kegiatan belajar mengajar, langkah awal yang harus dilakukan berdasarkan anjuran guru pamong adalah praktikan harus membuat rencana pengajaran yang akan dilakukan selama kegiatan PPL diselenggarakan dengan membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. RPP adalah salah satu kelengkapan administrasi yang sangat penting sebagai acuan utnuk melaksanakan KBM. Setelah rencana dibuat, kemudian dikonsultasikan dengan guru pamong untuk mendapat persetujuan apabila terdapat kesalahan aka guru pamong memberikan masukan untuk perbaikan dan setelah semuanya benar baru melanjutkan pada aktivitas lainnya.

9.      Kegiatan belajar Mengajar
Pada Tanggal 7 Agustus 2012 Penyerahan praktikan ke sekolah didampingi oleh Dosens pengantar setelah itu praktikan diharuskan melakukan orientasi lapangan selama 2 hari untuk mengal kondisi dan lingkungan fisik sekolah. Pelaksanaan PPL Kependidikan di SMA Yadika Kedawung Cirebon sesuai jadwal efektif mulai tanggal 8 Agustus sampai dengan tanggal 25 Oktober 2012
Praktikan mulai melakukan kegiatan latihan mengajar dikelas pada tanggal 27 Agustus 2012. Sebelum tanggal tersebut praktikan diharuskan melakukan observasi kegiatan belajar mengajar di kelas guru pamong mengajar. Dari observasi tersebut. Praktikan dapat memperhatikan metode apa yang guru pamong gunakandalam KBM, melihat kondisi siswa dikelas dan bagaimana minat dan perhatian siswa terhadap KBM dikelas. Setelah melakukan observasi dan mendapat data yang cukup untuk mengajar, saya diberi kesempatan oleh guru pamong untuk memegang kelas XI IPA sesuai dengan jadwal beliau.
Pada tanggal 27 Agustus 2012 Praktikan melakukan latihan mengajar didampingi oleh guru pamong. Sebelum dan sesudah praktikan melakukan latihan mengajar, praktikan melakukan bimbingan kepada guru pamong sehingga hal – hal apa yang kurang dalam penyusunan RPP maupun pelaksanaan KBM dikelas dapat dikoreksi dan mendapatkan panduan yang benar untuk melakukan kegiatan latihan mengajar pada pertemuan berikutnya.
Pada tanggal 27 Agustus 2012 saya diberi kesempatan oleh guru pamong untuk mengisi kelas XI IPA. Hari itu pertama kali saya masuk kelas. Saya merasa gugup karena itu pertama kalinya saya mengjar siswa SMA. Tetapi setelah waktu demi waktu berlangsung, Alhamdulillah akhirnya rasa gugup saya hilang dan saya dapat menikmati peran sebagai seorang guru.

Bentuk evaluasi untuk epserta didik tidak hanya berupa tes kompetensi dan uju blok, tapi juga tugas pekerjaan rumah dan latihan – latihan setiap kali pertemuan yang berupa tes lisan atau tertulis
C.    Kegiatan diluar Pembelajaran
Disamping membuat RPP atau lesson Plan dan melakukan kegiatan mengajar praktikan juga dituntut untuk aktif mengikuti langkah – langkah dalam kegiatan pendidikan di luar kelas seperti kegiatan – kegiatan berikut :
1)      Upacara Bendera
Upayaca bendera dilakukan satu kali dalam satu minggu yaitu dilaksanakan pada hari senin pagi dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam  07.45 WIB. Upacara ini diikuti oleh seluruh warga SMA & SMK Yadika Kedawung Cirebon meliputi para guru, staff tata usaha, praktikan dan para siswa – siswi kelas X sampai kelas XII.

2)      Piket
Piket dilaksanakan oleh 1 orang SMA dan 2 orang guru praktikan PPL Kependidikan Petugas piket bertugas untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan sekolah serta mendata kehadiran dengan melakukan absen keliling pada tiap kelas serta mengabsen guru – guru yang hadir pada hari itu atau memberikan tugas kepada siswa – siswi yang dititipkan oleh guru yang bersangkutan dikarenakan tidak dapat hadir

3)      Layanan Perpustakaan
Perpustakaan sekolah sangat bermanfaat bagi praktikan karena banyak pengetahuan yang didapat, seperti melakukan kunjungan perpustakaan, meminjam buku pelajaran, membaca buku  diperpustakaan, emngetahui penulisan pinjaman maupun pengembalian buku serta administrasi perpustakaan, juga ikut merapihkan tatanan buku,menyampulkan buku dan lainnya. Perpustakaan SMA Yadika Cirebon di Kepalai oleh ibu Silvia.

4)      Bimbingan OSIS
Semua praktikan dilibatkan dan diikutsertakan dalam menyukseskan kegiatan – kegiatan OSIS yang pernah terlaksanakan dan ikut memantau cara kerja OSIS. Pembimbing OSIS SMA Yadika Cirebon adalah Bapak Suwarso,S..Kom



5)      Paskibra
Kegiatan paskibra atau dikenal PASSUS dilaksanakan setiap Sabtu, keberadaan kegiatan ekstrakurikuler ini sangat membantu pada saat dilaksanakannya upacara bendera rutin maupun hari perayaan kemerdekaan. Kegiatan ini dibawah pembinaan Bapak SUwarso,S.Kom

6)      BP/BK
Kegiatan BP/BK memiliki peranan yang sangat penting di SMA Yadika Kedawung Cirebon BP/BK memiliki Program kerja yang sangat bagus sehingga ketika ada suatu masalah semaksimal mungkin diminimalisisr dan diselesaikan dengan baik BP/BK mempunyai fungsi untuk memberikan bimbingan atau solusi atas masalah yang dihadapi oleh para siswa – siswi kelas XII yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang diminati oleh siswa – siswi kelas XII yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang diminati oleh siswa – siswi dan sesuai bakat dan kemampuannya. Serta merekomendasikan beasiswa bagi siswa – siswi yang tidak mampu namun mempunyai prestasi yang baik. Kegiatan ini dibawah pembinaan Ibu fikriah Novianti, S.Pd.

RENCANA KEGIATAN PPL KEPENDIDIKAN
NO
WAKTU
URAIAN KEGIATAN
KET
1




2
3


4
5

6

7
8
9
10
11

12
13
14

28 Agustus 2013




29 Agustus 2013
30 Agustus 2013


31 Agustus 2013
3 September 2013

4 September 2013

8 September 2013
24 September 2013
8 Oktober 2013
16 Oktober 2013
22 Oktober 2013

23 Oktober 2013
19 November 2013
14 November 2013
-          Penyerahan Praktikan pada sekolah SMA Yadika Kedawung Cirebon
-          Perkenalan dengan guru pamong
-          Observasi lingkungan sekolah
-          Masa Orientasi
-          Memperhatikan cara kerja guru piket
-          Pembagian Jadwal piket oleh wakarek
-          Observasi dan perkenalan dikelas XII IPA
-          Pembagian Jadwal pelajaran dari guru pamong
-          Pengembangan diri
-          Pertama kali mengajar dikelas XI IPA dan didampingi oleh guru pamong
-          Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dikelas XII IPA
-          Melakukan evaluasi
-          Melakukan kegiatan belajar mengajar XI IPA
-          PElaksanaan ujian tengah semester ganjil
-          Evaluasi hasil ujian tengah semester
-          Melaksanakan kegiatan belajar pembelajaran di kelas XII IPA
-          Konsultasi mengenai materi untuk ujian PPL
-          Ujian PPL dikelas XII IPA
-          Perpisahan PPL


Disetujui
 Dosen Pembimbing                                                               Guru Pamong




…………………………                                                …………………………  

PELAKSANAAN TUGAS KEPENDIDIKAN
1.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf (Wakasek)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Senin,2-09-13
Senin, 09-09-13
Senin, 16-09-13
Senin, 23-09-13
Senin,30-09-13
Senin,7-10-13
Senin,21-10-13
Senin,28-10-13
Senin,4-11-13
Senin,11-11-13
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
“Hari pahlawan”


2.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf Koor.Perpustakaan
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Selasa,3-09-13
Selasa,10-09-13
Selasa,17-09-13
Selasa,24-09-13
Selasa,1-10-13
Selasa,8-10-13
Selasa,22-10-13
Selasa,29-10-13
Selasa,12-11-13
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Perpus/Unput Data
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku
Menjaga Mendata Buku




3.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf Pembina OSIS
1
2
3
4
5
6
7
8
Jum’at, 27-09-2013
Jum’at,04-10-2013
Kamis,24-10-2013
Jum’at,25-10-2013
Sabtu, 26-10-2013
Minggu,27-10-2013
Senin,04-11-2013
Jum’at,8-11-13
-          Sosialisasi calon ketua OSIS periode 2013-2014
-          Pemilihan ketua OSIS Periode 2013-2014
-          Rapat OSIS Membahas LDKS
-          LDKS Kelas X dan XI
-          LDKS Kelas X dan XI
-          LSKD Kelas X dan XI
-          Rapat OSIS membahas pelaksanaan Qurban
-          Pelaksanaan Qurban


4.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf Koor.BK
1
2

3
4
5
6

7
8


9
10

11
12

Kamis, 05-09-2013
Senin,17-09-2013

28-09-2013
Senin,23-09-2013
Rabu,25-09-2013
Senin,30-09-2013

Kamis,03-10-2013
Senin,07-10-2013


Jum’at,18-10-2013
Senin,21-10-2013

Kamis,24-10-2013
Senin,28-10-2013
-          Mencatat siswa yang tidak hadir
-          Memberikan informasi perguruan tinggi bagi kelas XII
-          Melakukan bimbingan klasikal
-          Melakukan bimbingan individu
-          Pemanggilan siswa yang bermasalah
-          Melakukan homevisit kepada siswa yang memiliki permasalahan
-          Memberikan layanan konseling
-          Mengikuti kegiatan BK ketika ada orang tua siswa yang anaknya bersangkutan masalah memakai uang SPP
-          Menjaga ruang BK
-          Mengikuti kegiatan BK, ketika ada pelanggaran murid. Keluar dari kelas saat KBM
-          Menjaga ruang BK
-          mendata alamat siswa agar tau informasi jika anak tersebut melakukan pelanggaran


5.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf
Koor Guru Piket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Kamis, 5-09-2013
Kamis, 12-09-2013
Kamis,19-09-2013
Kamis,26-09-2013
Kamis,03-10-2013
Kamis,10-10-2013
Kamis,17-10-2013
Kamis,24-10-2013
Kamis, 31-10-2013
Kamis, 07-11-2013
-          Mengabsensi siswa & Paket
-          Mengabsensi kehadiran & paket
-          Mendata Kehadiran & paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket
-          Mendata Kehadiran & Paket


6.      Kegiatan Upacara Bendera
NO
Hari,Tanggal
URAIAN KEGIATAN
Paraf Koor,Ekstrakurikuler


PMR
Pramuka
Futsal
Volley
Paskibra
Modern Dance
Vocal Grup
Angklung
Basket
English Club
Rohis
ICT
Pencak Silat

 Cirebon, 20-11-2013
Guru Pamong,

Tumi Asih S.Pd.
BAB II
PELAKSANAAN PPL PENDIDIKAN
A.    Pelaksanaan Kegiatan dan proses belajar mengajar
Selama pelaksanaan PPL kependudukan, penulis melakukan 12 kali pertemuan mengajar
No
Hari
Kelas
Jam Ke-
Waktu
1
2
Selasa
Rabu
XII IPA
XII IPA
3-4
7-8
8.30-10.10
11.30-13.10
Pada kegiatan belajar mengajar, praktikan diawasi oleh guru pamong sehingga apabila ada kesulitan yang dialami oleh praktikan, guru pamong akan memberikan pengarahan supaya praktikan dapat mengatasi kesulitan belajar.
Sebelum melaksanakan pembelajaran dikelas,praktikan harus melakukan suatu perencanaana tau program yang akan disampaikan kepada peserta didik, dengan membuat RPP atau lesson plan terlebih oleh praktikan . dan perencanaan tersebut berguna agar apa yang akan disampaikan lebih terarah dan mencapai tujuan pembelajaran
Selain diwajibkan membuat RPP sebelum KBM berlangsung. Penyerahan RPP kepada guru pamong diharuskan sebelum melaksankan kegiatan pembelajaran di kelas agar praktikand apat lebih siap dalam menyampaikan materi pada pembelajaran.

B.     Evaluasi pembelajran
Evaluasi pembelajaran tdak hanya dilakukan oleh penulis terhadap siswa tetapi juga evaluasi diberikan oleh guru pamong terhadap penulis setelah selesai melaksanakan tugas praktek megnajar dikelas. Evaluasi tidak selalu diberikan setiap hari. Hanya saja saat selesai pembelajaran guru pamong selalu memberikan masukan utnuk memperbaiki pembelajaran atau metode pembelajaran yang digunakan, supaya dapat memperbaiki pembelajaran lebih baik lagi.
Evaluasi yang diberikan tidak hanya yang berhubungan dengan materi pelajaran saja, tetapi semua yang berhubungan  dengan proses pembelajaran.
Bentuk evaluasi tidak hanya berupa tes kompetensi dan uji blok tapi juga tugas pekerjaan rumah dan latihan – latihan setiap kali pertemuan yang berupa tes lisan atau tertulis




C.    Kegiatan diluar pembelajaran
Disamping membuat RPP atau lesson plan dan melakukan kegiatan pembelajarna dikelas. Praktikan juga dituntut aktif mengikuti langkah – langkah dalam kegiatan pendidikan diluar kelas seperti kegiatan – kegiatan berikut.
1)      Upacara bendera
Upacara bendera dilaksanakan setiap satu minggu sekali, tepatnya dihari senin pagi dari jam 07.00 WIB sampai dengan Jam 07.45 WIB. Upacara diikuti oleh semua warga Yadika Kedawung. Meliputi siswa guru staf tata usaha dan para praktikan
2)      Piket
Tugas sebagai guru piket dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Penulis kebetulan mendapat jadwal piket hari kamis disampingi oleh guru SMA yaitu bapak gilang bayu purnama S.Pd. Praktikan melaksanakan piket dengan tugas seperti berikut :
a)      Mengisi buku piket
b)      Mengkordinir absensi siswa yang terlambat
c)      Mengkoordinir absensi siswa yang tidak masuk
d)     Menggantikan guru yang berhalangan hadir
e)      Menerima tamu yang berkepentingan dengan pihak sekolah
3)      Layanan perpustakaan.
Perpustakaan sekolah sangat bermanfaat bagi praktikan karena banyak sekali sumber epngetahuan dan pengalaman yang didaapt. Seperti melakukan kunjunga perpustakaan, meminjam buku pelajaran mengetahui cara penulisan pinjaman, maupun pengembalian buku serta administrasi perpustakaan, juga ikut merapihakn buku, menulis pendataan buku yang dating dari yayasan, dll. Perpustakaan SMA Yadika Cirebon di kepalai oleh ibu silvi.
4)      Bimbingan OSIS
Semua praktikan dilibatkan dan di ikut sertakan dalam menyukseskan kegiatan – kegiatan OSIS yang pernah terlaksana dan ikut memantau cara kerja OSIS, dan mengikuti pemilihan Ketua OSIS yang mengikuti acara pelantikan OSIS. Pembina OSIS SMA Yadika Cirebon adalah Bapak Suwarso,S.Kom
5)      Paskibra
Kegiatan Paskibra atau dikenal PASSUS. Dilaksanakan setiap sabtu, adanya paskibra di SMA Yadika sangatlah membantu pada saat dilaksanakannya upacara bendera rutin maupun perayaan hari raya nasional. Kegiatan ini dibawah  bimbingan bapak Suwarso.S.Kom
6)      BP/BK
Kegiatan BP/BK memiliki peranan yang sangat penting di SMA Yadika BP/BK menjadi sarana antara guru dan siswa untuk saling mengetahui kekurangan masing – masing menjadi tempat sharing anak – anak jika mereka mendapatkan masalah dan memecahkan masalah bersama agar tidak ada yang merasa disalahkan atau diberbani BP/BK pun menjadi jembatan dimana  anak dapat mempengaruhi pembelajaran disekolah. BP/BK pun menjadi penghubung informasi untuk kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan BP/BK menjadi mediator untuk merekomendasikan beasiswa bagi siswa – siswa yang tidak mampu namun memiliki prestasi yang membnaggakan. Kegiatan ini dibawah pembinaan Ibu Fikriah Novianti,S.Pd

PENUTUP
A.    Kesimpulan
Selama kegiatan program pengalaman lapangan (PPL) Kependidikan, yang dijalani saya sebagai praktikan diSMA Yadika Kedawung CIrbeon dengan guru pamong ibu TumiAsih,S.Pd dan Dosen pembimbing ibu Dwiniasih,S.Pd.M.Hm banyak memberikan pengalaman dalam hidup saya khususnya di bidang pendidikan, banyak manfaat nyata yang saya rasakan dan banyak sekali ilmu yang dapat saya petik dari kegiatan PPL ini dan banyak membantu dalam menyelesaiakan tugas PPL dan akhirnya penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut.
1.      Materi yang akan disampaikan kepada peserta didik memiliki standar kompetensi yang harus dicapai apda pembelajarna terebut.
2.      Peserta didik dapat menerima dengan baik materi yang akan disampaikan jika materi atau metode materi dapat memfokuskan anak untuk belajar, materi di buat semenarik mungkin
3.      Praktikan harus memahami sistematik KBM yang baik dan benar , sehingga dapat mengatur waktu sehingga apa yang sudah terstruktur di RPP sma seperti kenyataan saat KBM
4.      Bertambahnya kasa kata dalam bahasa inggris dalam dunia pendidikan yang nyata.
5.      Dapat meningkatkan rasa tanggung jawab. Sikap disiplin sebagai pegangan untuk meantapkan diri menjadi guru professional yang mampu berkompetensi didepannya
Selama penulis melangsungkan PL di SMA Yadika Kedawung Cirebon, banyak sekali pembelajaran dan pengalaman yang dapat saya ambil dan saya terapkan untuk kehidupan kedepannya. Menjadi seorang guru bukanlah perkara mudah. Karena menjadi seorang guru haruslah perkara mudah, karena menjadi seorang guru haruslah memiliki kepribadian yang dapat menjadi contoh yang baik, dapat menjadi pendidik dengan wawasan yang luas dan pengetahuan nyang lebih, dapat bergaul dan menempatkan diri dengan baik dimasyarakat, baik itu dilingkungan sekolah ataupun dimasyrakat
B.     Saran
1.      Menjalin hubungan baik antara pendidik dan peserta didik mampu menghidupkan pembelajaran atau kegiatan KBM disekolah
2.      Mempersiapkan segala sesuatu dengan matang baik itu materi RPP . media sebelum memulai KBN
3.      Dapat menjalin hubungan yang baik antara teman praktikan, semula pihak sekolah dan pihak universitas dan pihak – pihak yang lain

No comments:

Post a Comment