Monday 1 December 2014

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN KACANG HIJAU



tugas
pembuatan PROPOSAL USAHA
Kacang hijau


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0hA_n6Z6lcQoF-zDNGU_Gooe65x84FhSHs3Pxc2JyvuyuvNe5i1jJ6GZfJFTWspTJcTrMWKD0g8mOH2byKmSycYeVYhxxXfnx663gjRQvvHZOc1jqoY-n499xB2gfDMsN02huuyaRDpI/s1600/smk2_crb.jpg




Nama : DAISAH
Kelas : XII KCR

SMK NEGERI 2 KOTA CIREBON

PROPOSAL
KEGIATAN USAHA MEKAR JAYA
BUBUR Kacang hijau



Bubur Kacang Hijau.jpg




SMK NEGERI KOTA CIREBON

IDENTITAS PERUSAHAAN
 

Nama Perusahaan        : PT.MEKAR JAYA
Jenis Perusahaan         : Bergerak dalam Bidang Penjualan Bubur Kacang
Tanggal Berdiri           : 13 Maret 2014
Pemilik                        : DAISAH
Motto                          : Menjadikan Makanan Khas Cirebon Menjadi Makanan Layak Jual
  Dipasaran Luar Negeri

Kata Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya, saya dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini untuk memahami yang lebih baik mengenai bagaimana menjalankan usaha dan bagaimana suatu usaha mendapatkan dana untuk modal kerja operasional.
Dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam sayaan proposal bisnis ini, dan juga saya menyadari bahwa sayaan proposal bisnis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyempurnaan proposal bisnis ini, sangat saya harapkan.
Saya berharap semoga proposal bisnis ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua yang membutuhkannya.
Cirebon, 13 Maret 2014

                                                                                                 Saya
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sesuai dengan namannya, makanan ini merupakan Kuliner khas kota Madura Jawa timur. Penjualannya pun umumnya warga asli Madura. Salah satu cirri khas makanan ini adalah penggunaan Santan yang cukup banyak dibandingkan jenis bubur kacang hijau lainnya, sehingga rasa santannya guri cukup dominan.
Penggemar kuliner menjadi target pasar bisnis ini rasanya yang manis dan lembut disukai anak kecil hingga orang tua. Harganya murah. Juga dapat dijangkau oleh semua masyarakat. Walaupun makanan ini dari Madura, namun penyebarannya telah meluas hingga diberbagai daerah termasuk didaerah Cirbeon/Gunungjati.
Warung ini buka sekitar pukul 4 sore sampai 12 malam. Tempatnya berupa gerobok dorong yang terdapat 2 buah panic besar berisi kacang hijau yang selalu hangat.

B.     Visi dan Misi
·         Visi Usaha
Meningkatkan dan mempertahankan makanan – makanan termasuk bubur kacang hijau ini agar usaha yang kita jalankan saat ini bisa berkembang dengan cepat.
·         Misi Usaha
Bisaakan saling mengisi dan saling peduli terdapat semua konsumen dan tidak untuk dibedakan.

C.     Keunggulan dan manfaat produk
·         Keunggulan bubur kacang Hijau kami tidak menggnakan bahan pengawet atau non pangan. Bahan yang kami gunakan alami
·         Manfaat produk kami ini adalah untuk memberikan rasa Kenyang pada perut anda jika anda merasakan lapar, dan sehat, bergizi serta aman bagi kesehatan anda

D.    Bahan dan Peralatan yang diperlukan untuk membuat produk
1.      Bahan :
·         Bahan  Utama
-          Kacang Hijau 1,5 Liter
-          Ketan Hitam 1 Liter
-          Ketan putih 0,5 liter
-          Kelapa 8 butir
-          Daun pandang 8 lembar
-          Menyimbah tanah 1 liter
·         Bahan Tambahan
-          Gula merah
-          Garam
-          Susu kental manis
-          Roti tawar

2.      Alat – alat
·         Alat yang dijalankan
-          Gerobak
-          Panci Besar dan panic kecil
-          Kompor
·         Alat saat untuk  dihidangkan
-          Mangkuk
-          Sendok
-          Gelas
-          Bangku kayu dan kursi plastic
E.     Proses produksi atau cara membuat






 



















Kemudian angkat
 


Sampai mendapatkan sekitar 4 liter santan
 

Rebus kembali hingga mendidih
 

 









F.           Cara penyajian
·          
 
·          
 
Masukan bubur kacang hijau, campurkan ketan hitam dan putih serta roti tawar secukupnya kedalam mangkuk. Tambahkan susu kental manis sesuai dengan selera dan bubur kacang hijau siap sajikan
Cara pengemasan
Masukan kacang hijau yang sudah dicampuri santan, lalu campur ketan hitam dan ketan putih kemudian masukan kedalm plastik lalu campurkan

G.         Cara Pemasaran
Membuka dipinggir – pinggir jalan atau dengan usaha makan – makanan lalinnya agar diminati oleh calon konsumen

BAB II
ANALISA PELUANG USAHA

A.    Analisa Peluang Usaha
1.      Pesaing
-          Bubur Boled / Ubi
-          BubuR Lemu
-          Bubur Pacar
2.      Tantangan atau solusi
Bisnis makanan, merupakan salah satut bisnis yang tidak pernah ada matinya termasuk bisnis bubur kacang hijau ini.
Dan begitu juga bersaing dengan beraneka jajanan yang bermacam – macam dan berinovasi makan
3.      Hambatan
Menu ini tidak bisa bertahan lama, karena memakai santan. Oleh karena itu kompor harus selalu menyala untuk menghangatkan bubur agar tidak cepat basi

B.     Peluang Usaha.
Jumlah rumah ± 200 rumah, yang satu rumah ada 4 keluarga jumlah penduduk rumah 200 x 4 = 800 Orang.
Jika pembeli bubur kacang hijau itu diperkirakan 50 % dari julah penduduk maka
 50     x 800 = 400 pembeli
100

Pulang
Jika ada 1 penjual berarti peluang laku terjual produknya adalah 100 % sama dengan 400, ternyata sudah 5 orang penjual yang ada didesa itu, maka :
400 :  5            = 80
400 : 6 = 66
Maka peluang usaha saya tinggal   66   x 100 % = 16,5 %
                                                                      400
C.     Strategi Pemasaran

1.      Promosi
Dapat dilakukan dengan memasang spanduk disekeliling lokasi usaha Spanduk yang dengan warna dasar hijau beserta tulisan warga hitam, ditambah dengan cahaya lampu  yang terang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen
2.      Distribusi
Produk kami ini tidak diperjual kembalikan atau tidak. Kirim di tempat – tempat lain. Karena bubur kacang hijau kami tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi nanti dapat merubah rasa dan hanya bisa bertahan 1-2 hari saja.
3.      Affter sales service
Mengucapkan        :    -    Selamat menikmati
-          Terimakasih, dan
-          Silahkan datang kembali

D.    Marketing Mix
Untuk memperluas tempat usaha yang dijalankan
-          Konsumen datang sendiri ketempat penjual
-          Menerima pesanan untuk pernikahan/khitanan

E.     Pertimbangan Modal dan harga jual Produk
1.      Biaya Investasi
a.       Gerobak                                              Rp.   2.000.000,-         Umur 3 tahun
b.      Kompor dan gas                                  Rp.   1.000.000,-         Umur 2 tahun
c.       Panci, kodek                                       Rp.      300.000,-         Umur 1 tahun
d.      Meja, kursi,spanduk dll                       Rp.      700.000,-         Umur 1 tahun
Uraian       :
a.       Gerobak                                              Rp. 2.000.000 = 360 hari x 3 tahun
                                                            Rp. 2.000.000 : 1,080 hari
                                                            Rp. 1.852 biaya investasi perhari
b.      Kompor dan gas                                Rp. 1.000.000 = 360 hari x 2 tahun
                                                            Rp. 1.000.000 : 720 hari
                                                            Rp. 1.388.89 Biaya investasi perhari
c.       Panci, Kodek / Irus                             Rp.  300.000 = 360 hari x 1 tahun
                                                            Rp 300.000 : 360
                                                            Rp. 833.341 biaya investasi perhari
d.      Meja,spanduk,kursi dll                        Rp. 700.000 = 360 hari x 1 tahun
                                                            Rp. 700.000 : 360
                                                                                    Rp. 1.944,45  
2.      Biaya Variabel
a.       Kacang hijau 1,5 Liter                         Rp.  10.000
b.      Ketan hitam 1 liter                               Rp.    9.000
c.      
42 Porsi
Rp. 3.000 = 126.000
 
Ketan putih 0,5 liter                             Rp.    9.000
d.      Kelapa 8 butir Rp. 500 / butir              Rp.   4.000
e.       Daun pandan 8 lembar                         Rp.   1.000
f.       Susu kental manis 1 cup                       Rp.   4.000
g.      Roti tawar 1 bungkus                           Rp.   5.000
h.      Gula merah ½                                       Rp. 10.000 +
                                                             Rp. 52.000
                   Jadi biaya variable perhari adalah             Rp. 52.000
                   42 x 3.000 = Rp. 126.000
3.      Perhitungan laba – rugi                                        
-          Keuntungan laku terjual = 95 %                    
75        x 126.000
100
= Rp. 119.700
Tidak  laku 5 %
=   5  x 126.000
   100
= Rp. 6.300
4.      Keuntungan perbulan
=   95    x 126.000
    100
= Rp. 119.700 x 30 hari
= Rp. 3.591.000

BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Dengan adanya suatu praktek kewirausahaan, diharapkan menjadi motivasi bagi siswa – siswi untuk lebih kreatif dan menjadi awal dari pengalaman potensi yang dimulai sebagai acuan dimasa yang akan datang

B.     Tujuan
-          Untuk melatih kreativitas dan keinovatian siswa
-          Membuat sesuai yang bermanfaat
-          Memanfaatkan peluang yang ada
-         Menambah pengalaman terutama dalam bidang usaha kecil


1 comment:

  1. info bisnis online gan
    okeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
    ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
    daftar grtais dr Url sya
    untuk info lanjut 082166643133

    ReplyDelete