Monday 1 December 2014

RESENSI BUKU TOKOH PAHLAWAN



RESENSI BUKU
I.              KEADAAN FISIK BUKU
1.      Judul Buku             : Tokoh Pahlawan
2.      Penyusun                 :  -    Drs. Valention Borus
-          Dra.MM.Tri S.Mudawani,MM
-          Dra.Dorina.S
-          Riyanto,SE
3.      Penerbit                   : PT.Lestari Kirana Tama Jl.Masjid IV No. 8,Cawang Atas,
  Jatinegara Jakarta Timur Telp & Fax (021) 8576618, 8511287
4.      Gambar Sampul       : Foto Total Pahlawan didalam mata Uang
5.      Tebal Buku             :  54 Halaman
6.      Kertas                      : Berkualitas bagus
II.           1. CHRISTINA MARTHA TIAHAHU
Mutiara dari Timur Indonesia, Lahir dipulau Nusa Laut Maluku pada tanggal 4 Januari 1800. Ayahnya kapiten Paulus Ciahahu telah berjuang melawan colonial belanda.
Diusia yang terbilang mudah, dia ditangkap dan dibuang kepulau Jawa. Pada tanggal 2 januari 1818, Christina Meninggal dan jenazahnya kemudian dibuang kelaut diantara pulau Burud an pulau tiga
2. TEUKU CIK DITIRO
Lahir dicumbok Lamlo, TIro, Aceh pada tahun 18 36 Nama Aslinya Muhammad Saman. Sejak tahun 1873 Kolonial belanda telah menjajah bumi serambi Mekah. Pada akhir tahun 1883, Teuku Cik di Tiro menetapkan strategi perang, agar belanda dapat terusir dari bumi aceh. Pemimpin belanda saat itu, mayor jenderal kohler terbunuh.
Pada Bulan Mei Tahun 1881, Pasukan Teuku Cik di tiro dapat merebut benteng belanda dilambaro aneuk Galang, Belanda memakai siasat licik. Manan yang dikirim untuknya sudah dibubuhi racun sehingga teuku cik di tiro wafat pada bulan januari 1891.
3. DIPONEGORO
Lahir di Yogyakarta pada tanggal 11 November 1785. Ia adalah putra sultan Hamengkubuwono III Martabat raja – raja Jawa, serta melakukan penindasan terhadap rakyat kecil, serpti merampas tanah – tanah.
Sepanjang tahun 1825 – 1830, penyerangan diponegoro melakukan perlawanan terhadap belanda. Belanda sangat kewalahan atas serangan – serangan diponegoro, akhirnya menukar siasat perangnya dengan system benteng.
4. SULTAN HASANUDDIN
Ayam jantan dari timur, lahir dimakasar pada tahun 1635. Pada tangal 18 November 1667, diadakan perjanjian Bongaya, Sultan Hasannuddin mengundurkan diri sebagai raja dan digantikan oleh sultan amir Hamzah. Hingga wafatnya, 12 Juni 1670 Hasanuddin tetap menolak bekerja sama  dengan Berlanda
5. IMAM BONJOL
Nama Lainnya petosyarif, dilahirkan pada tahun 1772 dikampung tanjung bunga, Pasaman, sumatera barat. Ia dikenal sebagai tokoh yang gigih menentang colonial belanda, dan juga melakukan pelurusan ajaran Islam yang banyak diselewengkan apda masa itu.
6.      CUTNYA MEUTIA
Lahir dipeurelak, aceh utara pada tahun 1870. Ia adalah salah satu pahlawan. Wanita dari ia adalah salah satu pahlawan wanita dari tanah rencong aceh. Meutia dengan suaminya teuku cik tunong Gencar melakukan gerilnya terhadap Kolonbelanda
7.      PATTIMURA
Dikenal Thomas Matulessy lahir pada tahun ia bersama rakyat Maluku berhasil merebut benteng Duurstende pada tanggal 16 Mei 1817.
            Teuku Umar
                        Salah seorang pejuang yang terkenal gigih dan penuh tipu muslihat adalah teuku umar. Lahir pada tahun 1854 dimeulaboh A yahnya bernama Teuku Mahmud dan Ibunya merupakan adik raja Ule Balang VI Mukim.
Pada tahun 1880, Teuku Umat Menikahi cutnya Dien, anak dari panglimanya sendiri, Nata satia pada tanggal 29 Maret 1896, Teuku Umar berbalik Haluan dengan membawa 800 pucuk senjata, 250.000 butir peluru, uang 18.000 Dollar. Umar Kemudian menjadi pejuang gerilyawan. Ia memimpin rakyat aceh berjuang selama kurang lebih 3 tahun.
8.      CUT NYA DIEN
Ia adalah pejuang wanita yang menyumbangkan hamper seluruh hidupnya untuk mengusir penjajah belanda dari tanah rencong. Srikandi ini lahir dari keluarga pejuang pada tahun 1850 dilampadang, Aceh besar. Dia adalah putrid seorang komandan perang aceh, Nanta nastia
9.      SI SINGAMANGARADJA XII
Lahir pada tahun 1949 ditepi Danau toba dengan didahului berbagai pertanda alam yang penuh misteri keturunan si singa mangaradja memang menyimpan legenda yang penuh mistis dan sacral
10.  KTAI HAJI SAMANHUDI
Lahir di lawoyan, Solo tahun 1868, Samanhudi nama kecilnya sudarno Hadi. Terkenal sebagai tokoh penentang kebijakan colonial belanda dalam bidang perekonomian, yang memeberikan bantuan apda pedagang cina yang menekan pedagang pribumi sehingga mendorong persaingan dagang menjadi tidak sehat.
Pada Tanggal28 Desember 1956, Haji samanhudi menigngal dunia diklaten dan dimakamkan di desa banaran, sukoharjo jawa tengah.
11.  DEMAR SAID COKROAMINOTO
“Raja jawa tanpa mahkota” adalah sebutan Demar sald cokroaminoto, keberaniannya dalam mengecam kesewenang – wenangan belanda menunjukkan kejelasan sikapnya. Haji Oemar said cokroaminoto lahir pada tanggal 16 Agustus 1883 didesa Bakur, ponorogo, jawa timur ia meninggal dunia di Yogyakarta pada tanggal 17 Desember 1934
12.  ABDUL MUIS
Seorang pahlawan Nasional yang aktif dalam sarekat islam (SI). Salah satu karyanya adalah yang terkenal dibidang sastra adalah salah asuhan. Lahir pada tanggal 3 Juli 1883 disungai puar, Bukit tinggi,  sumatera kbarat, ia meninggal dibandung 17 Juni 1959.
13.  AGUS SALIM
Lahir pada tanggal 8 Oktober 1884 dikota gadang, Sumatera Barat, Riwayat karier di plomatik agus salim diantaranya sebagai penasihat teknis delegasi serikat Buruh negeri belanda ke tahun 1929.
Selain pengalaman sebagai diplomat, ia pernah pula memimpin beberapa surat kabar. Melalui ranah pers, ia mencurahkan pemikiran dan paham politiknya ia menigga dunia pada 4 November 1954 dijakarta
14.  SURTOPRANOTO
Ia merupakan salah satu tokoh pergerakan nasional yang terkenal karena perlawanannya terhadap colonial belanda dengan mengorganisasikan aksi mogok buruh.
            Lahir pada thaun 1871 diyogyakarta adalah cucu pakualam III. Dijuluki Raja pemogokan/ De Stakingskoning oleh Belanda. Pada tanggal 15 Oktober 1959, Suryo pranoto meninggal dunia dicimahi dan dimakamkan dikota gede, Yogyakarta.
15.  Dr.Danudirja Setiarudi
Tokoh Pergerakan Nasional berdarah campuran belanda, jerman, perancis dan jawa. Lahir apda tanggal 8 Oktober 1879 dipasuruan, Jawa Timur ia senantiasa mengaku bangsa Indonesia, seperti yang d ilakukannya pada saat mendaftar sebagai mahasiswa di univeristas Auriah, Swiss.
Dalam cabinet Syahrir III, ia diangkat menjadi menteri Negara dan penasehat delegasi RI dalam perundingan – perundingan belanda. Dalam Agresi militer II belanda, ia ditangkap dan dipenjara, Iameninggal dibandung pada 28 agustus .
16.  SUTOMO
Tokoh yang turu mendirikan organisasi modern pertama di Indonesia, Yaitu Budi Utomo, Pada tanggal 20 Mei 1908 Ia lahir. Ia wafat pada tanggal 30 Mei 1930 di Surabaya.
17.  MUHAMMAD HASNI THAMRIN
Perjuangan yang sanga tmemprihatinkan kondisi kehidupan masyarakat Jakarta pada masa kedudukan belanda, dan berusaha memperbaikinya. Lahir pada tanggal 16 februari 1894, disawah boser, Jakarta pada tanggal 6 Januari 1941, dalam keadaan sakit, ia ditempatkan dirumah tahanan karena dianggap bekerja sama dengan jepang. Lima hari kemudian  ia meninggal dan dikuburkan dijakarta.
18.  SULTAN SYAHRIR
Lahir dipadang panjang, Sumatera Barat, tanggal 5 maret 1909 Cita – Cita mewujudkan kemerdekaan. Membuatnya menigngalkan bangku sekolah dibelanda, dan terjun dalam pergerakan nasional.
Pada orde lama, S Yahrir ditangkap karena dituduh berkelompok untuk membunuh presiden soekarno. Saat itu, ia aktif membina partai sosialis Indonesia. Ia meninggal di Swis pada 9 apriln 1966, untuk berobat sakit lumpuhnya.
19.  SOEDIRMAN
Mantan Panglima besar tentara nasional Indonesia ini,. Dikenal dengan semangat kharismatik dan berwibawah merupakan  figure populis dengan seribu kebijakan.
Lahir pada 24 Januari 1916 Di bodes, Karangjati ,  kabupaten Purbalingga, Jawa Timur. Beberapa waktu kemudian jepang menyerbu Indonesia, dan melakukan militerisasi terhadap para pemuda. Pada 29 Januari,. Pak Dirman berpulang ke rahmatullah,  dia meninggalkan jasa tak terkira ketika jenazahnya diarak menuju taman makam pahlawan kusumanegara, Semala, Yogyakarta, Bonntak Rakyat meratapinya.
20.  DERIP SOEMOHARDJO
Pendiri TKR (Tentara Keamanan Rakyat) yang bermarkas di Yogyakarta tahun 1945. TKB dianggap sebagai cikal bakal tentara Nasional Indonesia. Lahir pada tanggal 22 (Januari 1893 dipurwarejo.
21.  GATOT S DE BROTO
Ia terkenal sangat memperhatikan perwira – perwira muda yang memiliki gagasan untuk mendirikan akademi angakatan bersenjata RI 9AKABRI)
Lahir di purwokerto tahun 1909. Jabatan jenderal Gatot Soebroto terakhir adalah wakil kepala Staf angkatan darat. Gatot Soebroto Meninggal 11 juni 1962 dijakarta dan dimakamkan didesa Mulyoharjo, Ungaranm Yogyakarta
22.  WILHEMINUS ZAKHARIAS YOHANNES
Lahir dipulau rote, Nusa Tenggara Timur apda tahun 1895. Ia mendalami ilmu kedokteran bidang radiologi ia kemudian diikenal sebagai Bapak Radiologi Indonesia.
Tahun 1950, Ia menjadi rector Universitar Indonesia sambil merangkap sebagai ketua bagian rontgan RSUP cipto mangunkusumo, Jakarta.
Tanggal 4 September 1952, ia meninggal di Dengaah, belanda. Jenazahnya dibawa ke Jakarta dan dimakamkan dikota yang sama.

III.   Segi Kebahasaan
Segi Kebahasaan dalam buku ini baik dan jelas.

IV.   Sistematika
-          Christina Martha Tiahahu
-          Teuku CIk  Di Tiro
-          Diponegoro
-          Sultan Hasanuddin
-          Imam Bonjol
-          Cut Nya Meitia
-          Pattimura
-          Teuku Umar
-          Cutnya Dien
-          Sio SIngamangaradja XII
-          Kyai Haji Samanhudi
-          Dmar Sald COkroaminoto
-          Abdul Muis
-          Agus salim
-          Suryopranoto
-          Dr.Danudirja Setiabudi
-          Sutomo
-          Muhammad Husni Thamrin
-          Sultan Syahrir
-          Soedirman
-          Derip Soemohardjo
-          Gatot Soebroto
-          Wilhuminus Zakharias Yohannes
V.      Penilain
1.      Kelebihan Buku         : Buku menjelaskannya secara singkat dan jelas
2.      Kekurangan Buku      : Penjelasan dalam buku ini terlalu singkat dan sebaiiknya lebih
  panjang lagi, singkat tapi lengkap
3.      Kesimpulan                : Sifat pemberani, pantang menyerah dan penjajah.  Patut
  menjadi contoh dan keteladanan bagi generasi mudah saat  ini.




No comments:

Post a Comment