Friday, 18 September 2015

BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA



LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

DI SATRIO MOTOR
Jl. Raya Sunan Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon
BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA













                   DISUSUN OLEH :

                      NAMA                                  : ROSI KRISNADI
                      NIS                                        : 1314.10.233
                      KELAS                                 : XI TSM 2
                      PROGRAM KEAHLIAN  : TEKNIK SEPEDA MOTOR


PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI
Jl. Raya Ki Gede Mayung Desa Mayung Kec. Gunung Jati
Kabupaten Cirebon 45151
LEMBAR PENGESAHAN OLEH SEKOLAH

Mengetahui / Mengesahkan

LAPORAN PRAKERIN DI SATRIO MOTOR
Jl. Raya Sunan Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon

JUDUL :
BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125

Pada tanggal       bulan Juli  tahun 2015

Kaprog Keahlian Teknik Sepeda Motor



MOH. ISKAK, S.Pd
NIP. 19611126 198803 007
           Pembimbing Laporan



           NURAFIAH.S.T
           NIP.


Mengetahui,
Kepala SMK Negeri  1  Gunung Jati



                                   Ir. SUCIPTO HADI WALUYO, M.M
                                   Pembina
                                   NIP. 19650827 199802 1 001




LEMBAR PENGESAHAN DU/DI

Mengetahui / Mengesahkan

LAPORAN PRAKERIN DI SATRIO MOTOR
Jl. Raya Sunan Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon

JUDUL :


BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA


Pada tanggal     bulan Juli  tahun 2015



Pimpinan DU/DI,



WAHYOE

Pembimbing DU/DI,



WAHYOE






ii
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah hirobbil-‘aalamiin. Puji syukur atas kehadiratallah SWT. Karena berkat rahmat taufik dan hidayahnya laporan ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada :
1.      Bapak Ir. Sucipto Hadi Waluyo,MM, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1
Gunung Jati.
2.      Bapak Mohammad Iskak,S.Pd, Selaku Kaprog Keahlian Teknik Sepeda Motor
3.      Ibu Nurafiah.ST, selaku guru pembimbing yang dengan kesabaranya dalam memberikan bimbingan dan motivasi yang baik terhadap kami.
4.      Bapak Wahyoe, selaku pimpinan DU/DI Beserta para karyawan Mekanik SATRIO MOTOR selaku pembimbing DU/DI, yang dengan keikhlasanya dalam memberikan ilmu dan pengalaman dunia kerja yg luar biasa bermanfaat untuk kami.
5.      Guru-guru dan Staf  SMK Negeri 1 Gunung Jati
Di dalam laporan ini banyak sekali kekurangan-kekurangan yang perlu di perbaiki. oleh karena itu, demi untuk memperbaiki laporan ini kritik dan saran sangat kami harapkan. Dan semoga hal ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.
Cirebon    Juli 2015


                            Penulis,




DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN OLEH SEKOLAH…………………………..            i
LEMBAR PENGESAHAN OLEH DU/DI………………………………. ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………….  iii
DAFTAR ISI………………………………………………………………  iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………………………………………..  1
1.2 Dasar Hukum……………………………………………………..... 2
1.3 Tujuan dan Sasaran………………………………………………… 2
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanakan Prakerin……………………….    3
BAB II URAIAN UMUM
2.1 Gambaran Singkat  DU/DI………………………………………..   4
2.2 Tata Tertib Kerja…………………………………………………..   4
2.3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (k3)……………………………  4
2.4 Tata Letak Ruang………………………………………………….  5
2.5 Struktur Organisasi………………………………………………… 6
BAB III URAIAN KHUSUS
3.1 Materi Praktik ……………………………………………………... 7
3.2 Dasar Teori…………………………………………………………. 7
3.3 Kegiatan Praktik…………………………………………………….            14
      3.3.1 Alat dan Bahan………………………………………………. 14
      3.3.2 Langkah Kerja……………………………………….............. 15
      3.3.3 Prosedur Pengujian…………………………………………... 16
      3.3.4 Masalah dan Pemecahanya…………………………………... 17
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan………………………………………………………..   18
4.2 Saran……………………………………………………………….  18
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………..  19
LAMPIRAN-LAMPIRAN
iv
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
 Ketatnya persaingan di dalam dunia kerja khususnya di Indonesia, kualitas   sumber daya manusia merupakan salah satu faktor keberhasilan. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah unsur dunia pendidikan  yang secara khusus membidangi pendidikan tentang kejuruan. Tujuan utama dari pendidikan kejuruan ialah melatih dan mempersiapkan siswa dan tamatanya untuk siap bersaing di dunia kerja dan bukan hanya itu, pendidikan kejuruan ini juga bertujuan untuk meningkatkan potensi siswa untuk terampil di dalam dunia kerja.
 SMK Negeri 1 Gunung Jati sebagai salah satu SMK Teknologi dan industri yang ada di kabupaten Cirebon dalam upaya membantu pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) dan potensi siswa yang berkualitas. Sekolah kejuruan ini mengembangkan beberapa prinsip kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu sebagai berikut :
1.      Ada keterkaitan antara pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan pelatihan yang dilakukan di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) sebagai suatu rangkaian yang utuh untuk mencapai kompetensi lulusan yang siap untuk bersaing di dunia kerja
2.      Peraktik keahlian di DU/DI merupakan proses belajar yang utuh, bermakna dan syarat nilai untuk mencapai kompetensi lulusan.
3.      Ada kesinambungan proses belajar dengan waktu yang sesuai dalam mencapai tingkat kompetensi yang dibutuhkan.
  Sesuai dengan prinsip pengelolaan KBM tersebut maka SMK Negeri 1 Gunung  jati telah mempersiapkan dan merencanakan program praktek kerja industri (prakerin) yang akan di laksanakan pada instansi DU/DI baik pemerintah maupun swasta.


1

1.2 Dasar Hukum
      Dasar hukum penyelenggaraan prakerin adalah:
1.      Undang-undang dasar 1945.
2.      Undang-undang sisdiknas tahun 2003.
3.      Kalender pendidikan SMK tentang PSG/Prakerin berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan nasional no. 84/MENPAN/1993 tanggal 24 desember 1993.
4.      Keputusan bersama mendikbud dan kepala BANK no.0433/P/1993 dan no. 25 th.1993, tanggal 24 desember 1993.
5.      Keputusan mendikbud no.025/O/1995, tanggal 8 maret 1995.

1.3   Tujuan dan Sasaran

1.3.1        Tujuan
1.3.1.1Tujuan Umum
     Tujuan Umum prakerin adalah sebagai berikut :
1.      Mengembangkan potensi siswa secara seimbang sehingga menghasilkan tamatan yang sesuai dangan kualifikasi dunia kerja.
2.      Menciptakan kualitas siswa yang baik untuk mampu bersaing di dunia kerja.
3.      Mempromosikan potensi siswa-siswi kepada DU/DI sebagai pengguna tenaga kerja.
4.      Merangsang DU/DI untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada perkembangan sekolah.
5.      Mengembangkan kerja sama kepadaDU/DI dalam hal pemanfaatan atau penggunaan peralatan, bahan, tenaga kerja denga prinsip saling menguntungkan


1.3.1.2. Tujuan Khusus
     Tujuan khusus prakerin adalah sebagai berikut:
1.      Agar siswa dapat mengetahui ketatnya persaingan di dunia kerja .
2.      Agar siswa mengetahui dan memahami standar operasional pekerjaan yang di tentukan DU/DI.
3.      Agar siswa dapat mengenal dan memahami analisis tugas, kemampuan yang diperlukan, peralatan yang di digunakan dan tingkat kemahiran yang dipersyaratkan DU/DI.
4.      Agar siswa dapat mengetahui dan memahami kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan DU/DI pada masa sekarang dan masa yang akan datang.
5.      Agar siswa terampil membuat laporan prakerin dengan tata cara penyusunan makala/karya ilmiah.

1.3.1.3.Sasaran
Sasaran prakerin adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Gunung Jati kelas XI semester 2 yang telah memenuhi syarat sebagai berikut :
1.      Telah memenuhi persyaratan prakerin.
2.      Telah mengikuti pembekalan prakerin.
3.      Sanggup mentaati  tata tertib di DU/DI.
4.      Sanggup menjaga nama baik sekolah.

1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin
1.4.1. Waktu Pelaksanaan Prakerin
Praktek kerja industri dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 20 April 2015 sampai dengan tanggal 20 Juni 2015.
1.4.2. Tempat Pelaksanaan Prakerin        
Tempat melaksanakan praktik kerja industri dilaksanakan di bengkel umum tepatnya di SATRIO MOTOR yang beralamat di Jl. Raya Sunan Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon.



BAB II
URAIAN UMUM

2.1 Gambaran Singkat DU/DI
Bengkel SATRIO MOTOR ini berdiri pada tahun 1997. Di bengkel ini menerima sevice, tune-up, ganti oli, setrum aki, suku cadang, dll. Dibengkel SATRIO MOTOR ini menerapkan sistim 6 hari kerja yaitu hari senin sampai hari sabtu sedangkan hari minggu libur.
2.2 Tata Tertib Kerja
       Tata tertib selama Prakerin di Bengkel SATRIO MOTOR antara lain :
1.      wajibkan hadir tepat waktu, yaitu 15 menit sebelum pukul 07.30 wib.
2.      Selalu menjaga kebersihan tempat kerja.
3.      Lakukan pekerjaan sesuai ketentuan WO atau surat kerja
4.      Dilarang memainkan hand phone (HP) jika sedang bekerja.
5.      Dilarang bergurau saat melakukan pekerjaan.
6.      Istirahat harus tepat pada waktunya yaitu pukul 12.00 wib, dan masuk pukul 12.30 wib.
7.      Pekerjaan harus selesai sebelum pukul 15.30 wib.
8.      Membersihkan tempat kerja sebelum pulang.
2.3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
1.      Memakai wearpak atau pakaian kerja saat melakukan pekerjaan.
2.      Selalu membersihkan tempat kerja setelah pekerjaan selesai
3.      Menaruh kembali alat kerja setelah selesai di gunakan.
4.      Dilarang menaruh alat kerja sembarangan karena bisa terinjak.
5.      Selalu berhati-hati jika sedang dekat dengan knalpot.
6.      Berhati-hatilah jika sedang melakukan pekerjaan
7.      Jika sedang menggati minyak rem cakram depan, tutuplah body kendaraan dengan lap agar tidak menetes pada bodi motor karena dapat merusaknya.
8.      Dilarang melamun jika sedang melakukan pekerjaan
4


5

2.4  Tata Letak Ruang
Depan

Tempat Ganti Oli
 
6


Tempat Spare Part

Tempat Service
 









                                                         Belakang








2.5 Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL SATRIO MOTOR
Wahyoe
Pimpinan DUDI
Wahyoe
Mekanik
 






















BAB III
URAIAN KHUSUS

3.1 Materi  Praktik
Pada sepeda motor terdapat pendukung keamanan. Salah satunya ialah Rem. Rem memiliki fungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.
Berdasarkan paparan diatas maka akan kita bahas tentang topik seputar Rem yang telah dirumuskan kedalam judul laporan.
BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA

3.2 Dasar Teori
Rem tromol merupakan system rem yang menjadi metode pengereman standar yang digunakan pada sepeda motor berkapasitas kecil. Alasannya kerena rem tromol sangat sederhana. Rem tromol terbuat dari besi tuang, pada permukaan luarnya terdapat sirip sirip pendingin yang terbuat dari panduan alumunium. Pada bagian dalam tromol akan tetap bebas dari air dan debu karena tromol memiiki alur untuk menahan masuknya air dan debu dengan mengalirkanya melalui lubang pembuangan.





7



8
3.2.1 Komponen-Komponen Rem Tromol dan Fungsinya
     Rem tromol sendiri mempunyai bagian-bagian atau komponen-komponen  yang memiliki fungsi sebagai berikut :
1.    Pedal rem,
Memiliki fungsi sebagai penarik batang penghubung untuk menggerakan lengan rem.
                            ( gambar pedal rem )

2.    Batang penghubung,
memiliki fungsi sebagai penarik lengan rem untuk menggerakan cam/nok.

3.    Cam/nok, memiliki fungsi untuk mengembangkan sepatu rem sehingga kampas yang terdapat pada sepatu rem saling bergesekan dengan tromol.









9
4.    Sepatu rem,
memiliki fungsi sebagai dudukan kampas rem tromol.
5.    Kampas rem,
Memiliki fungsi untuk menahan dan menghentikan putaran tromol,
.
           ( gambar sepatu rem dan kampas rem )
6.    Pasak rem,
Memiliki fungsi sebagai titik tumpu dari sepatu rem.
7.    Pegas pengembali,
Memiliki fungsi sebagai pengembali sepatu rem saat tekanan pada pedal rem dikurangi ataupun dilepas
          ( gambar pegas pengembali sepatu rem )


10
8.    Panel rem,
Memiliki fungsi sebagai tempat untuk semua komponen rem tromol

                        ( gambar panel rem )















3.2.2 Konstruksi dan Cara Kerja Rem Tromol
         3.2.2.1. Konstruksi Rem Tomol.
( Gambar Konstruksi Rem Tromol )
   3.2.2.2. Cara Kerja Rem Tromol.
            Cara kerja rem tromol ialah ketika pedal rem ditekan maka batang penghubung akan menarik lengan rem sehingga lengan rem menggerakan cam/nok untuk mengembangkan sepatu rem, dan ketika sepatu rem mengembang maka kampas rem saling bergesekan satu sama lain dengan tromol yang berputar berlawanan arah, sehingga panas yang dihasilkan dari gesekan tersebut memperlambat dan menghentikan putaran tromol ataupun laju kendaraan.





Berdasarkan sistim cara kerjanya, rem tromol dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
1.      Tipe Satu Cam/nok Penggerak
       Rem tromol tipe ini merupakan rem paling sederhana yang hanya  mempunnyai satu buah cam/nok penggerak untuk menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya memiliki satu buah pasak sebagai titik tumpu sepatu rem.
                        ( gambar tipe rem tromol dengan satu cam/nok )







13
2.      Tipe dua Cam/nok Penggerak
      Rem tipe ini dapat menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali dari tipe satu cam/nok penggerak, Terutama untuk digunakan sebagai rem depan, tetapi baru-baru ini di gantikan oleh rem cakram.  Rem tipe ini mempunyai dua com/nok dan di tempatkan di masing-masing ujung dari sepatu rem. Cam /nok tersebut bergerak secara bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bisa distel. Setiap sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri untuk menggerakan cam/nok.
                    ( gambar tipe rem tromol dengan dua cam/nok )






14
3.3 Kegiatan praktek
        Bongkar pasang kampas rem tromol roda belakang pada sepeda motor Honda Supra FIT
3.3.1        Alat dan Bahan
3.3.1.1. Alat

Alat yang digunakan
Spesifikasi
Jumlah dan satuan
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci T
Palu Besi
19 mm
14 mm
12 mm
10 mm
12 mm
-
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah





3.3.1.2  Bahan
Bahan yang di perlukan
Jumlah dan satuan
Kampas Rem Tromol belakang
Ampelas kasar
Sepeda motor Yamaha
1 pasang
1 lembar
1 unit

















3.3.2    Langkah Kerja

3.3.2.1. Prosedur Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol Roda Belakang

1.      Pertama posisikan sepeda motor pada setandar utama.
2.      Lepaskan mur penyetel rem dengan menggunakan kunci Ring 14 mm, kemudian lepas batang penghubung dari lengan rem.
3.      Lepaskan lengan penahan rem dengan menggunakan kunci T 12 mm.
4.      Lepaskan As poros belakang dengan melepas mur As menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
5.      Lepaskan roda dari sepeda motor dengan cara melepas rantai dari gear sprocket.
6.      Lepaskan panel rem dari rumah Tromol, kemudian lepaskan kampas remnya.
7.      Setelah itu, bersihkan rumah tromol dengan menyemprotkan angin kompresor. Kemudian ampelas rumah tromol dengan ampelas kasar agar keadaan rumah tromol tidak licin sehingga proses pengereman dapat maksimal.
8.      Bersihkan juga panel rem dengan menyemprotkan angin kompresor.
9.      Pasang pegas pengembali pada kampas rem yang baru. Kemudian pasang kampas rem yang baru pada panel rem.
10.  Pasang panel rem pada rumah treomol.
11.  Pasang rantai pada gear sprocket kemudian pasang roda pada sepeda motor.
12.  Pasang As poros belakang kemudian kencangkan murnya dengan menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm, tapi sebelumnya kencangkan mur lengan penahan rem dengan menggunakan kunci T 12 mm.
13.  Pasang batang penghubung pada lengan rem, kemudian pasang mur penyetel rem.





3.3.2.2. Prosedur Penyetelan Rantai

1.      Kendurkan mur As poros belakang dengan menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
2.      Kemudian stel kekenduran dan kekencangan rantai hingga kekencangan dan kekenduranya sesuai standar yaitu 20 mm – 30 mm dengan cara memutar mur penyetel rantai menggunakan kunci Ring 12 mm dengan arah kanan untuk mengencangkan dan arah kiri untuk mengendurkan.
3.      Cek kekenduran rantai jika sudah sesuai standar maka kencangkan kembali mur As poros belakang dengan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
4.      Lumasi rantai dengan pelumas rantai.



3.3.3        Prosedur Pengujian

1.      Periksa jarak main bebas pedal rem, ukuran jarak main bebas pedal rem belakang harus sesuai standar yaitu 20 mm – 30 mm .
2.      Periksa pengereman beberapa kali hingga pengereman maksimal.










17
3.3.4 Masalah dan Pemecahannya
Masalah
Kemungkinan penyebab
Solusi
Ban sulit di putar
Posisi As Poros belakang tidak sempurna
Periksa kemudian perbaiki
Rantai Terlalu kencang

Stelan terlalu kencang
Stel kekencangan rantai
Pemasangan
sepatu rem yang sulit
Pegas pengembali
yang
terlalu sulit di bentangkan
Pemasangan sepatu rem
Harus
Sesuaidangan
Prosedur yang
telah
diajarkan
agar pemasangannya mudah














BAB IV
PENUTUP
3.4.            KESIMPULAN
              Dengan diadakanya kegiatan prakerin ini pengetahuan siswa semakin luas, pengalaman-pengalaman baru banyak didapat, mereka menjadi semakin mengerti dan siap untuk bersaing didalam dunia kerja.
          Potensi dan kualitas yang baik tentunya akan membuat siswa berani dan mampu meraih kesuksesan serta  menggapai cita cita yang selama ini mereka harapkan.
     
4.2 SARAN
      Saran yang dapat kami ungkapkan ialah sebagai berikut :
1.      Pihak sekolah seharusnya lebih mempersiapkan pembekalan prakerin untuk siswa siswinya sejak jauh jauh hari agar siswa siswi lebih siap dan berani
2.      Guru pembimbing hendaknya lebih memantau agar kegiatan siswa siswi selama prakerin dapat terpantau dengan baik.
3.      Untuk kedepannya kami berharap pada adik-adik kelas yang akan melaksanakan prakerin hendaknya untuk lebih mempersiapkan diri.









DAFTAR PUSTAKA

















   

Lampiran-Lampiran
Lampiran Kegiatan
Hari dan Tanggal
Jenis pekerjaan
Uraian kerja
Senin 20 April 2015
Mengganti oli
Motor Bison
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3.      Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4.      Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5.      Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6.      Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.



Selasa 21 April 2015

Membersihkan
Filter udara motor
Jupiter
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
5.      Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)

Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Rabu 22 April 2015

Mengganti busi
Motor Mio
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi motor yang menghalangi pelepasan busi
3.      Lepas tutup busi
Kemudian lepas busi dengan kunci busi
4.      Pasang busi yang baru dan kencangkan dengan kunci busi
5.      Pasang tutup busi pada busi
6.      Pasang kembali bodi
yang telah dilepas kemudian kencangkan baut bautnya
            dengan obeng (+)


7.       
Kamis 23 April 2015

Membersihkan filter jupiter
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)







Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Jum’at 24 April 2015

Mengisi air baterai
Motor jupiter
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Buka jok motor
Kemudian lepas baterai dari motor dengan melepas
Terminal negative dan positif menggunakan obeng (+)
3.      Buka tutup lubang pengisian
Baterai dengan obeng (-)
4.      Isi baterai tersebut dengan air suling hingga batas paling atas
5.      Tutup lubang pengisian
baterai dan kencangkan
dengan obeng (-)
6.      Pasang kembali baterai pada motor dengan memasang
terminal negative dan terminal positif menggunakan obeng (+) kemudian tutup jok motor













Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Sabtu 25 April 2015

Mengganti kaca
spedo meter Mio
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas batok depan dengan obeng (+)
3.      Lepas kabel spedo meter
      bagian atas dengan tang dan
      lepas kaca spedo meter
     dengan melepas baut
      penguncinya menggunakan
      obeng (+)
4.      Pasang kaca speedometer
      yang baru dan kencangkan
      bautnya dengan obeng (+)
5.      Pasang kebel spedo meter  dan kencangkan dengan tang
6.      Pasang batok depan dan
kencangkan dengan obeng (+)
Minggu 26 April 2015


LIBUR

NIHIL

Senin 27 April 2015

Membersihkan rumah CVT  Mio
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.      Bersihkan rumah CVT dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8






Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Selasa 28 April 2015

Tune up karburator
Vega

1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi yang
      menghalangi pelepasan
      karburatotr dengan obeng (+)
3.      Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu lepas kerburator dengan
      melepas saluran filter
            menggunakan obeng (+) dan
            lepas saluran manifold dengan
            menggunakan kunci Ring 8
4.      Buka tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin dan koas setelah itu semprot
            dengan angin kompresor
5.      Pasang kembali semua
      komponenya kemudian
      pasang tutup karburator dan
      kencangkan dengan obeng (+)
6.      Pasang karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.      Pasang keran bensin dan
      kencangkan bautnya
      menggunakan obeng (+)
8.      Pasang bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.      Stel karburato hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar

Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Rabu 29 April 2015

Mengganti busi
Motor mx
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi motor yang menghalangi pelepasan busi
3.      Lepas tutup busi
Kemudian lepas busi dengan kunci busi
4.      Pasang busi yang baru dan kencangkan dengan kunci busi
5.      Pasang tutup busi pada busi
6.      Pasang kembali bodi
yang telah dilepas kemudian kencangkan baut bautnya
            dengan obeng (+)
Kamis 30 April 2015

Membersihkan filter udara motor
vixion
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)
Jum’at 01 Mei 2015

Mengganti kaca
spion x ride yang pecah
1.      Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan kunci Ring 14
2.      Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan kunci Ring 14




Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Sabtu 02 Mei 2015

Tune up karburator
jupiter

1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi yang
      menghalangi pelepasan
      karburatotr dengan obeng (+)
3.      Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu lepas kerburator dengan
      melepas saluran filter
            menggunakan obeng (+) dan
            lepas saluran manifold dengan
            menggunakan kunci Ring 8
4.      Buka tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin dan koas setelah itu semprot
            dengan angin kompresor
5.      Pasang kembali semua
      komponenya kemudian
      pasang tutup karburator dan
      kencangkan dengan obeng (+)
6.      Pasang karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.      Pasang keran bensin dan
      kencangkan bautnya
      menggunakan obeng (+)
8.      Pasang bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.      Stel karburato hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar

Minggu 03 Mei 2015


LIBUR

NIHIL

Senin 04 Mei 2015

Mengganti oli
Motor mio
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3.      Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4.      Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5.      Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6.      Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.

Selasa 05 Mei 2015

Membersihkan rumah CVT motor mio
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.      Bersihkan rumah CVT dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8





Rabu 06 Mei 2015

Mengganti oli
Motor force 1
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3.      Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4.      Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5.      Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6.      Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.

Kamis 07 Mei 2015

Membersihkan filter udara motor
bison
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)





Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Jumat 08 Mei 2015

Tune up karburator
Vega R New

1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi yang
      menghalangi pelepasan
      karburatotr dengan obeng (+)
3.      Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu lepas kerburator dengan
      melepas saluran filter
            menggunakan obeng (+) dan
            lepas saluran manifold dengan
            menggunakan kunci Ring 8
4.      Buka tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin dan koas setelah itu semprot
            dengan angin kompresor
5.      Pasang kembali semua
      komponenya kemudian
      pasang tutup karburator dan
      kencangkan dengan obeng (+)
6.      Pasang karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.      Pasang keran bensin dan
      kencangkan bautnya
      menggunakan obeng (+)
8.      Pasang bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.      Stel karburato hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar

Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Sabtu 09 Mei 2015

Mengganti bohlam depan jupiter MX
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas cover depan motor
      dengan obeng (+)
3.      Lepas soket lampu
4.      Lepas bohlam dan pasang
      bohlam baru kemudian pasang
            soket lampunya
5.      Pasang cover depan dan
      kencangkan bautnya dengan
      obeng (+)
Minggu 10 Mei 2015


LIBUR

NIHIL

Senin 11 Mei 2015

Membersihkan filter udara motor
Vixion
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)
Selasa 12 Mei 2015

Mengganti kaca
spion sebelah kiri
bison
1.      Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan kunci Ring 14
2.      Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan kunci Ring 14




Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Rabu 13 Mei 2015

Tune up karburator
Vega ZR

1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi yang
      menghalangi pelepasan
      karburatotr dengan obeng (+)
3.      Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu lepas kerburator dengan
      melepas saluran filter
            menggunakan obeng (+) dan
            lepas saluran manifold dengan
            menggunakan kunci Ring 8
4.      Buka tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin dan koas setelah itu semprot
            dengan angin kompresor
5.      Pasang kembali semua
      komponenya kemudian
      pasang tutup karburator dan
      kencangkan dengan obeng (+)
6.      Pasang karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.      Pasang keran bensin dan
      kencangkan bautnya
      menggunakan obeng (+)
8.      Pasang bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.      Stel karburator hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar

Kamis 14 Mei 2015

Mengganti oli
Motor supra X
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3.      Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4.      Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5.      Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6.      Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.

Jum’at 15 Mei 2015

Membersihkan filter udara motor
Beat injeksi
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)

Sabtu 16 Mei 2015

Membersihkan rumah CVT motor xeon
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.      Bersihkan rumah CVT dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8
Minggu 17 Mei 2015


LIBUR

NIHIL




Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Senin 18 Mei 2015
Tune up karburator
jupiter

1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas bodi bodi yang
      menghalangi pelepasan
      karburatotr dengan obeng (+)
3.      Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu lepas kerburator dengan
      melepas saluran filter
            menggunakan obeng (+) dan
            lepas saluran manifold dengan
            menggunakan kunci Ring 8
4.      Buka tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin dan koas setelah itu semprot
            dengan angin kompresor
5.      Pasang kembali semua
      komponenya kemudian
      pasang tutup karburator dan
      kencangkan dengan obeng (+)
6.      Pasang karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.      Pasang keran bensin dan
      kencangkan bautnya
      menggunakan obeng (+)
8.      Pasang bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.      Stel karburator hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar

Hari dan Tanggal
Jenis Pekerjaan
Uraian Kerja
Selasa 19 Mei 2015
Membersihkan filter udara motor
Vixion
1.      Posisikan motor pada standar utama
2.      Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng (+)
3.      Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan dengan angin kompresor
4.      Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut bautnya dengan obeng (+)
Rabu 20 Mei 2015
Mengganti kaca
spion sebelah kiri
vega R
1.      Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan kunci Ring 14
2.      Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan kunci Ring 14






No comments:

Post a Comment