LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI SATRIO MOTOR
Jl.
Raya Sunan
Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon
BONGKAR PASANG KAMPAS
REM TROMOL RODA
BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR
YAMAHA
DISUSUN OLEH :
NAMA : ROSI
KRISNADI
NIS :
1314.10.233
KELAS : XI TSM 2
PROGRAM
KEAHLIAN : TEKNIK SEPEDA MOTOR
PEMERINTAH
KABUPATEN CIREBON
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI
Jl. Raya Ki Gede
Mayung Desa Mayung Kec. Gunung Jati
Kabupaten
Cirebon 45151
LEMBAR PENGESAHAN OLEH SEKOLAH
Mengetahui
/ Mengesahkan
LAPORAN
PRAKERIN DI SATRIO MOTOR
Jl.
Raya Sunan Gunung Jati Desa Purwawinangun Cirebon
JUDUL
:
BONGKAR PASANG KAMPAS
REM TROMOL RODA
BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR
HONDA SUPRA X 125
Pada
tanggal bulan Juli
tahun 2015
Kaprog Keahlian Teknik Sepeda Motor
MOH. ISKAK, S.Pd
NIP. 19611126 198803 007
|
Pembimbing Laporan
NURAFIAH.S.T
NIP.
|
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri 1 Gunung Jati
Ir. SUCIPTO HADI WALUYO, M.M
Pembina
NIP.
19650827 199802 1 001
LEMBAR PENGESAHAN DU/DI
Mengetahui
/ Mengesahkan
LAPORAN
PRAKERIN DI SATRIO MOTOR
Jl.
Raya Sunan Gunung Jati Desa
Purwawinangun Cirebon
JUDUL
:
BONGKAR PASANG KAMPAS
REM TROMOL RODA
BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR
YAMAHA
Pada
tanggal bulan
Juli
tahun 2015
Pimpinan DU/DI,
WAHYOE
|
Pembimbing DU/DI,
WAHYOE
|
ii
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Alhamdulillah
hirobbil-‘aalamiin. Puji syukur atas kehadiratallah
SWT. Karena berkat rahmat taufik dan hidayahnya laporan ini
dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima
kasih kepada :
1. Bapak
Ir. Sucipto Hadi Waluyo,MM, selaku
kepala sekolah SMK Negeri 1
Gunung Jati.
2. Bapak Mohammad Iskak,S.Pd, Selaku Kaprog Keahlian
Teknik Sepeda Motor
3. Ibu
Nurafiah.ST, selaku guru pembimbing
yang dengan kesabaranya dalam memberikan bimbingan dan motivasi yang baik terhadap kami.
4. Bapak Wahyoe, selaku pimpinan DU/DI Beserta para karyawan Mekanik SATRIO
MOTOR selaku pembimbing DU/DI, yang dengan keikhlasanya
dalam memberikan ilmu dan pengalaman dunia kerja yg luar biasa bermanfaat untuk
kami.
5. Guru-guru dan Staf
SMK Negeri 1 Gunung Jati
Di dalam laporan ini
banyak sekali kekurangan-kekurangan yang perlu di perbaiki. oleh karena itu, demi untuk memperbaiki
laporan ini kritik dan saran sangat kami harapkan. Dan semoga hal ini
dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya.
Wassalamualaikum
Wr.Wb.
Cirebon Juli 2015
Penulis,
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN OLEH SEKOLAH………………………….. i
LEMBAR
PENGESAHAN OLEH DU/DI………………………………. ii
KATA
PENGANTAR……………………………………………………. iii
DAFTAR
ISI……………………………………………………………… iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang…………………………………………………….. 1
1.2 Dasar Hukum……………………………………………………..... 2
1.3 Tujuan dan
Sasaran………………………………………………… 2
1.4 Waktu dan Tempat
Pelaksanakan Prakerin………………………. 3
BAB
II URAIAN UMUM
2.1 Gambaran
Singkat DU/DI……………………………………….. 4
2.2 Tata Tertib
Kerja………………………………………………….. 4
2.3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (k3)…………………………… 4
2.4 Tata Letak
Ruang…………………………………………………. 5
2.5 Struktur Organisasi………………………………………………… 6
BAB
III URAIAN KHUSUS
3.1 Materi Praktik ……………………………………………………... 7
3.2 Dasar Teori…………………………………………………………. 7
3.3 Kegiatan Praktik……………………………………………………. 14
3.3.1 Alat dan Bahan………………………………………………. 14
3.3.2 Langkah Kerja……………………………………….............. 15
3.3.3 Prosedur
Pengujian…………………………………………... 16
3.3.4 Masalah dan
Pemecahanya…………………………………... 17
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan……………………………………………………….. 18
4.2 Saran………………………………………………………………. 18
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………….. 19
LAMPIRAN-LAMPIRAN
iv
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Ketatnya
persaingan di dalam dunia kerja khususnya di Indonesia, kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor
keberhasilan. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah unsur dunia
pendidikan yang secara khusus membidangi
pendidikan tentang kejuruan. Tujuan utama dari pendidikan kejuruan ialah
melatih dan mempersiapkan siswa dan tamatanya untuk siap bersaing di dunia
kerja dan bukan hanya itu, pendidikan kejuruan ini juga bertujuan untuk meningkatkan
potensi siswa untuk terampil di dalam dunia kerja.
SMK
Negeri 1 Gunung
Jati sebagai salah satu
SMK Teknologi dan industri
yang ada di kabupaten
Cirebon dalam upaya membantu pemerintah untuk
menciptakan
sumber daya manusia (SDM) dan potensi siswa yang
berkualitas. Sekolah kejuruan ini
mengembangkan beberapa prinsip kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu sebagai
berikut :
1.
Ada keterkaitan antara
pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan pelatihan yang dilakukan di Dunia
Usaha/Dunia Industri (DU/DI) sebagai suatu rangkaian yang utuh untuk mencapai
kompetensi lulusan yang siap untuk
bersaing di dunia kerja
2.
Peraktik keahlian di DU/DI
merupakan proses belajar yang utuh, bermakna dan syarat nilai untuk mencapai
kompetensi lulusan.
3. Ada
kesinambungan proses belajar dengan waktu yang sesuai dalam mencapai tingkat
kompetensi yang dibutuhkan.
Sesuai dengan prinsip
pengelolaan KBM tersebut maka SMK Negeri 1 Gunung jati telah mempersiapkan dan merencanakan
program praktek kerja industri (prakerin) yang akan di laksanakan pada instansi
DU/DI baik pemerintah maupun swasta.
1
1.2
Dasar Hukum
Dasar
hukum penyelenggaraan prakerin adalah:
1. Undang-undang
dasar 1945.
2. Undang-undang
sisdiknas tahun 2003.
3. Kalender
pendidikan SMK tentang PSG/Prakerin berdasarkan surat keputusan menteri
pendidikan nasional no. 84/MENPAN/1993 tanggal 24 desember 1993.
4. Keputusan
bersama mendikbud dan kepala BANK no.0433/P/1993 dan no. 25 th.1993, tanggal 24
desember 1993.
5. Keputusan
mendikbud no.025/O/1995, tanggal 8 maret 1995.
1.3
Tujuan dan Sasaran
1.3.1
Tujuan
1.3.1.1Tujuan
Umum
Tujuan Umum prakerin adalah sebagai berikut :
1.
Mengembangkan potensi
siswa secara seimbang sehingga menghasilkan tamatan yang sesuai dangan
kualifikasi dunia kerja.
2.
Menciptakan
kualitas siswa yang baik untuk mampu bersaing di dunia kerja.
3.
Mempromosikan potensi
siswa-siswi kepada DU/DI sebagai pengguna tenaga kerja.
4.
Merangsang DU/DI untuk
memberikan perhatian yang lebih besar kepada perkembangan sekolah.
5.
Mengembangkan kerja
sama kepadaDU/DI dalam hal pemanfaatan atau penggunaan peralatan, bahan, tenaga
kerja denga prinsip saling menguntungkan
1.3.1.2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus prakerin adalah sebagai berikut:
1. Agar
siswa dapat mengetahui ketatnya persaingan di dunia
kerja .
2.
Agar siswa mengetahui
dan memahami standar operasional pekerjaan yang di tentukan DU/DI.
3.
Agar siswa dapat
mengenal dan memahami analisis tugas, kemampuan yang diperlukan, peralatan yang
di digunakan dan tingkat kemahiran
yang dipersyaratkan DU/DI.
4.
Agar siswa
dapat mengetahui dan memahami kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan DU/DI
pada masa sekarang dan masa yang akan datang.
5.
Agar siswa
terampil membuat laporan prakerin dengan tata cara penyusunan makala/karya
ilmiah.
1.3.1.3.Sasaran
Sasaran prakerin adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Gunung Jati kelas XI semester 2
yang telah memenuhi syarat sebagai berikut :
1.
Telah memenuhi
persyaratan prakerin.
2.
Telah mengikuti
pembekalan prakerin.
3.
Sanggup mentaati tata tertib di DU/DI.
4.
Sanggup menjaga nama
baik sekolah.
1.4 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Prakerin
1.4.1. Waktu
Pelaksanaan Prakerin
Praktek
kerja industri dilaksanakan selama 2 bulan
terhitung dari tanggal 20 April 2015 sampai dengan tanggal 20
Juni 2015.
1.4.2. Tempat Pelaksanaan Prakerin
Tempat
melaksanakan praktik kerja industri dilaksanakan di bengkel umum tepatnya di SATRIO MOTOR yang
beralamat di Jl. Raya Sunan Gunung Jati Desa
Purwawinangun Cirebon.
BAB II
URAIAN UMUM
2.1 Gambaran Singkat
DU/DI
Bengkel SATRIO MOTOR ini berdiri pada tahun 1997. Di
bengkel ini menerima sevice, tune-up, ganti oli, setrum aki, suku cadang, dll. Dibengkel SATRIO MOTOR ini
menerapkan sistim 6 hari kerja yaitu hari senin sampai hari sabtu sedangkan
hari minggu libur.
2.2 Tata Tertib
Kerja
Tata tertib selama Prakerin di Bengkel SATRIO
MOTOR
antara lain
:
1. wajibkan
hadir tepat waktu, yaitu 15 menit sebelum
pukul 07.30 wib.
2. Selalu
menjaga kebersihan tempat kerja.
3. Lakukan
pekerjaan sesuai ketentuan WO
atau surat kerja
4. Dilarang
memainkan hand phone (HP) jika sedang bekerja.
5. Dilarang bergurau saat melakukan pekerjaan.
6. Istirahat harus tepat pada waktunya yaitu pukul 12.00
wib, dan masuk pukul 12.30 wib.
7. Pekerjaan harus selesai sebelum pukul 15.30 wib.
8. Membersihkan tempat kerja sebelum pulang.
2.3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
1. Memakai wearpak atau pakaian kerja saat melakukan pekerjaan.
2. Selalu
membersihkan tempat kerja setelah pekerjaan selesai
3. Menaruh
kembali alat kerja setelah selesai di gunakan.
4. Dilarang
menaruh alat kerja sembarangan karena bisa terinjak.
5. Selalu
berhati-hati jika sedang dekat dengan knalpot.
6. Berhati-hatilah
jika sedang melakukan pekerjaan
7. Jika
sedang menggati minyak rem cakram depan, tutuplah body kendaraan dengan lap
agar tidak menetes pada bodi motor
karena dapat merusaknya.
8. Dilarang
melamun jika sedang melakukan pekerjaan
4
5
2.4 Tata Letak Ruang
Depan
Tempat
Ganti Oli
|
6
Tempat
Spare Part
|
Tempat
Service
|
Belakang
2.5 Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI BENGKEL SATRIO
MOTOR
Wahyoe
Pimpinan DUDI
|
Wahyoe
Mekanik
|
BAB III
URAIAN KHUSUS
3.1 Materi Praktik
Pada sepeda motor terdapat pendukung keamanan. Salah
satunya ialah Rem. Rem memiliki fungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju
kendaraan.
Berdasarkan paparan diatas maka akan kita bahas
tentang topik seputar Rem yang telah dirumuskan kedalam judul laporan.
BONGKAR PASANG KAMPAS REM TROMOL RODA
BELAKANG PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA
3.2 Dasar Teori
Rem tromol merupakan system rem yang menjadi metode
pengereman standar yang digunakan pada
sepeda
motor berkapasitas kecil.
Alasannya kerena rem tromol sangat sederhana. Rem tromol terbuat dari besi tuang, pada permukaan
luarnya terdapat sirip sirip pendingin yang terbuat dari panduan alumunium.
Pada bagian dalam tromol akan tetap bebas dari air dan debu karena tromol
memiiki alur untuk menahan masuknya air dan debu dengan mengalirkanya melalui
lubang pembuangan.
7
8
3.2.1 Komponen-Komponen Rem Tromol dan Fungsinya
Rem
tromol sendiri mempunyai bagian-bagian atau komponen-komponen yang
memiliki fungsi sebagai berikut :
1. Pedal rem,
Memiliki fungsi sebagai penarik batang penghubung
untuk menggerakan lengan rem.
( gambar pedal rem
)
2. Batang penghubung,
memiliki fungsi sebagai penarik lengan rem untuk
menggerakan cam/nok.
3. Cam/nok,
memiliki fungsi untuk
mengembangkan sepatu rem sehingga kampas yang terdapat pada sepatu rem saling bergesekan
dengan tromol.
9
4. Sepatu rem,
memiliki fungsi sebagai dudukan
kampas rem tromol.
5. Kampas rem,
Memiliki fungsi untuk menahan dan menghentikan putaran
tromol,
.
(
gambar sepatu rem dan kampas rem )
6. Pasak rem,
Memiliki fungsi sebagai titik tumpu dari sepatu rem.
7.
Pegas pengembali,
Memiliki fungsi sebagai
pengembali sepatu rem saat tekanan pada
pedal rem dikurangi ataupun dilepas
(
gambar pegas pengembali sepatu rem )
10
8. Panel rem,
Memiliki fungsi sebagai tempat untuk semua komponen rem
tromol
( gambar panel rem )
3.2.2 Konstruksi dan Cara Kerja Rem Tromol
3.2.2.1. Konstruksi Rem Tomol.
( Gambar Konstruksi Rem Tromol )
3.2.2.2. Cara Kerja Rem Tromol.
Cara
kerja rem tromol ialah ketika pedal rem ditekan maka batang penghubung akan
menarik lengan rem sehingga lengan rem menggerakan cam/nok untuk mengembangkan
sepatu rem, dan ketika sepatu rem mengembang maka kampas rem saling bergesekan
satu sama lain dengan tromol yang berputar berlawanan arah, sehingga panas yang
dihasilkan dari gesekan tersebut memperlambat dan menghentikan putaran tromol
ataupun laju kendaraan.
Berdasarkan sistim cara kerjanya, rem tromol dibedakan
menjadi dua jenis yaitu :
1. Tipe
Satu Cam/nok Penggerak
Rem
tromol tipe ini merupakan
rem paling sederhana yang hanya
mempunnyai satu buah cam/nok penggerak
untuk menggerakkan dua buah sepatu rem. Pada ujung sepatu rem lainnya memiliki satu buah pasak sebagai
titik tumpu sepatu rem.
( gambar tipe rem tromol
dengan satu cam/nok )
13
2. Tipe
dua Cam/nok Penggerak
Rem
tipe ini dapat menghasilkan gaya pengereman kira-kira satu setengah kali dari
tipe satu cam/nok penggerak, Terutama untuk digunakan sebagai rem depan, tetapi
baru-baru ini di gantikan oleh rem cakram. Rem tipe ini mempunyai dua com/nok dan di
tempatkan di masing-masing ujung dari sepatu
rem. Cam /nok
tersebut bergerak secara
bersamaan ketika rem digunakan melalui batang penghubung yang bisa distel.
Setiap sepatu rem mempunyai titik tumpuan tersendiri untuk menggerakan cam/nok.
( gambar tipe rem tromol dengan dua cam/nok )
14
3.3 Kegiatan praktek
Bongkar pasang kampas rem tromol roda belakang
pada sepeda motor Honda Supra FIT
3.3.1
Alat dan Bahan
3.3.1.1. Alat
Alat yang digunakan
|
Spesifikasi
|
Jumlah dan satuan
|
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci Ring
Kunci T
Palu Besi
|
19 mm
14 mm
12 mm
10 mm
12 mm
-
|
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
|
3.3.1.2 Bahan
Bahan yang di perlukan
|
Jumlah dan satuan
|
Kampas Rem Tromol belakang
Ampelas kasar
Sepeda motor Yamaha
|
1 pasang
1 lembar
1 unit
|
3.3.2 Langkah Kerja
3.3.2.1. Prosedur Bongkar Pasang Kampas Rem Tromol Roda Belakang
1.
Pertama
posisikan sepeda motor pada setandar utama.
2.
Lepaskan mur
penyetel rem dengan menggunakan kunci Ring 14 mm, kemudian lepas batang
penghubung dari lengan rem.
3.
Lepaskan lengan
penahan rem dengan menggunakan kunci T 12 mm.
4.
Lepaskan As
poros belakang dengan melepas mur As menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
5.
Lepaskan roda
dari sepeda motor dengan cara melepas rantai dari gear sprocket.
6.
Lepaskan panel
rem dari rumah Tromol, kemudian lepaskan kampas remnya.
7.
Setelah itu,
bersihkan rumah tromol dengan menyemprotkan angin kompresor. Kemudian ampelas
rumah tromol dengan ampelas kasar agar keadaan rumah tromol tidak licin
sehingga proses pengereman dapat maksimal.
8.
Bersihkan juga
panel rem dengan menyemprotkan angin kompresor.
9.
Pasang pegas
pengembali pada kampas rem yang baru. Kemudian pasang kampas rem yang baru pada
panel rem.
10. Pasang panel rem pada rumah treomol.
11. Pasang rantai pada gear sprocket kemudian pasang roda
pada sepeda motor.
12. Pasang As poros belakang kemudian kencangkan murnya
dengan menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm, tapi sebelumnya kencangkan mur
lengan penahan rem dengan menggunakan kunci T 12 mm.
13. Pasang batang penghubung pada lengan rem, kemudian
pasang mur penyetel rem.
3.3.2.2. Prosedur Penyetelan Rantai
1.
Kendurkan mur As
poros belakang dengan menggunakan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
2.
Kemudian stel
kekenduran dan kekencangan rantai hingga kekencangan dan kekenduranya sesuai
standar yaitu 20 mm – 30 mm dengan cara memutar mur penyetel rantai menggunakan
kunci Ring 12 mm dengan arah kanan untuk mengencangkan dan arah kiri untuk
mengendurkan.
3.
Cek kekenduran
rantai jika sudah sesuai standar maka kencangkan kembali mur As poros belakang
dengan kunci Ring 19 mm dan 14 mm.
4.
Lumasi rantai
dengan pelumas rantai.
3.3.3
Prosedur Pengujian
1.
Periksa jarak
main bebas pedal rem, ukuran jarak main bebas pedal rem belakang harus sesuai
standar yaitu 20 mm – 30 mm .
2.
Periksa
pengereman beberapa kali hingga pengereman maksimal.
17
3.3.4 Masalah dan Pemecahannya
Masalah
|
Kemungkinan
penyebab
|
Solusi
|
Ban
sulit di putar
|
Posisi As Poros belakang
tidak sempurna
|
Periksa kemudian perbaiki
|
Rantai
Terlalu kencang
|
Stelan terlalu kencang
|
Stel kekencangan rantai
|
Pemasangan
sepatu rem yang sulit
|
Pegas pengembali
yang
|
Pemasangan
sepatu rem
Harus
Sesuaidangan
Prosedur yang
telah
diajarkan
agar
pemasangannya mudah
|
BAB
IV
PENUTUP
3.4.
KESIMPULAN
Dengan
diadakanya kegiatan prakerin ini pengetahuan siswa semakin luas, pengalaman-pengalaman
baru banyak didapat, mereka menjadi semakin mengerti dan siap untuk bersaing
didalam dunia kerja.
Potensi
dan kualitas yang baik tentunya akan membuat siswa berani dan mampu meraih
kesuksesan serta menggapai cita cita
yang selama ini mereka harapkan.
4.2 SARAN
Saran yang dapat kami ungkapkan ialah
sebagai berikut :
1.
Pihak sekolah
seharusnya lebih mempersiapkan pembekalan prakerin untuk siswa siswinya sejak
jauh jauh hari agar siswa siswi lebih siap dan berani
2.
Guru pembimbing
hendaknya lebih memantau agar kegiatan
siswa siswi selama prakerin dapat terpantau dengan baik.
3.
Untuk kedepannya kami
berharap pada adik-adik kelas yang akan melaksanakan prakerin hendaknya untuk lebih
mempersiapkan diri.
DAFTAR
PUSTAKA
Lampiran-Lampiran
Lampiran Kegiatan
Hari dan
Tanggal
|
Jenis
pekerjaan
|
Uraian kerja
|
Senin 20
April 2015
|
Mengganti oli
Motor Bison
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3. Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4. Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5. Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6. Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang
pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.
|
|
|
|
Selasa 21
April 2015
|
Membersihkan
Filter udara
motor
Jupiter
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya
menggunakan obeng (+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
5. Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Rabu 22
April 2015
|
Mengganti busi
Motor Mio
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi motor yang menghalangi pelepasan busi
3.
Lepas
tutup busi
Kemudian lepas busi dengan kunci busi
4.
Pasang
busi yang baru dan kencangkan dengan kunci busi
5.
Pasang
tutup busi pada busi
6.
Pasang
kembali bodi
yang telah dilepas kemudian kencangkan baut bautnya
dengan obeng (+)
|
|
|
7.
|
Kamis 23 April 2015
|
Membersihkan filter jupiter
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya
menggunakan obeng (+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Jum’at 24 April 2015
|
Mengisi air baterai
Motor jupiter
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Buka jok
motor
Kemudian lepas baterai dari motor dengan melepas
Terminal negative dan positif menggunakan obeng (+)
3.
Buka
tutup lubang pengisian
Baterai dengan obeng (-)
4.
Isi
baterai tersebut dengan air suling hingga batas paling atas
5.
Tutup
lubang pengisian
baterai dan kencangkan
dengan obeng (-)
6.
Pasang
kembali baterai pada motor dengan memasang
terminal negative dan terminal positif menggunakan
obeng (+) kemudian tutup jok motor
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Sabtu 25 April 2015
|
Mengganti kaca
spedo meter Mio
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
batok depan dengan obeng (+)
3.
Lepas
kabel spedo meter
bagian atas dengan tang dan
lepas kaca spedo meter
dengan melepas baut
penguncinya menggunakan
obeng (+)
4.
Pasang kaca
speedometer
yang baru dan kencangkan
bautnya dengan obeng (+)
5.
Pasang
kebel spedo meter dan kencangkan
dengan tang
6.
Pasang
batok depan dan
kencangkan dengan obeng (+)
|
Minggu
26 April 2015
|
LIBUR
|
NIHIL
|
Senin 27 April 2015
|
Membersihkan rumah CVT Mio
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.
Bersihkan
rumah CVT dengan angin kompresor
4.
Pasang
kembali tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Selasa 28 April 2015
|
Tune up karburator
Vega
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi yang
menghalangi pelepasan
karburatotr dengan obeng (+)
3.
Matikan
keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu
lepas kerburator dengan
melepas saluran filter
menggunakan obeng
(+) dan
lepas saluran
manifold dengan
menggunakan kunci
Ring 8
4.
Buka
tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin
dan koas setelah itu semprot
dengan angin
kompresor
5.
Pasang
kembali semua
komponenya kemudian
pasang tutup karburator dan
kencangkan dengan obeng (+)
6.
Pasang
karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan
kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.
Pasang
keran bensin dan
kencangkan bautnya
menggunakan obeng (+)
8.
Pasang
bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.
Stel karburato
hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Rabu 29 April 2015
|
Mengganti busi
Motor mx
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi motor yang menghalangi pelepasan busi
3.
Lepas
tutup busi
Kemudian lepas busi dengan kunci busi
4.
Pasang
busi yang baru dan kencangkan dengan kunci busi
5.
Pasang
tutup busi pada busi
6.
Pasang
kembali bodi
yang telah dilepas kemudian kencangkan baut bautnya
dengan obeng (+)
|
Kamis 30 April 2015
|
Membersihkan filter udara motor
vixion
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya
menggunakan obeng (+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Jum’at 01 Mei
2015
|
Mengganti kaca
spion x ride yang pecah
|
1. Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan
kunci Ring 14
2. Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan
kunci Ring 14
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Sabtu 02 Mei
2015
|
Tune up karburator
jupiter
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi yang
menghalangi pelepasan
karburatotr dengan obeng (+)
3.
Matikan
keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu
lepas kerburator dengan
melepas saluran filter
menggunakan obeng
(+) dan
lepas saluran
manifold dengan
menggunakan kunci
Ring 8
4.
Buka
tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin
dan koas setelah itu semprot
dengan angin
kompresor
5.
Pasang
kembali semua
komponenya kemudian
pasang tutup karburator dan
kencangkan dengan obeng (+)
6.
Pasang
karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan
kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.
Pasang
keran bensin dan
kencangkan bautnya
menggunakan obeng (+)
8.
Pasang
bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.
Stel
karburato hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar
|
Minggu 03 Mei
2015
|
LIBUR
|
NIHIL
|
Senin 04 Mei
2015
|
Mengganti oli
Motor mio
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3. Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4. Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5. Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6. Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang pengisian
oli kemudian kencangkan dengan tang.
|
Selasa 05 Mei
2015
|
Membersihkan rumah CVT motor mio
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.
Bersihkan
rumah CVT dengan angin kompresor
4.
Pasang kembali
tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8
|
Rabu 06 Mei
2015
|
Mengganti oli
Motor force 1
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3. Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4. Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5. Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6. Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang
pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.
|
Kamis 07 Mei
2015
|
Membersihkan filter udara motor
bison
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya
menggunakan obeng (+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Jumat 08 Mei 2015
|
Tune up karburator
Vega R New
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi yang
menghalangi pelepasan
karburatotr dengan obeng (+)
3.
Matikan
keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu
lepas kerburator dengan
melepas saluran filter
menggunakan obeng
(+) dan
lepas saluran
manifold dengan
menggunakan kunci
Ring 8
4.
Buka
tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin
dan koas setelah itu semprot
dengan angin
kompresor
5.
Pasang
kembali semua
komponenya kemudian
pasang tutup karburator dan
kencangkan dengan obeng (+)
6.
Pasang
karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan
kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.
Pasang keran
bensin dan
kencangkan bautnya
menggunakan obeng (+)
8.
Pasang
bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.
Stel
karburato hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Sabtu 09 Mei
2015
|
Mengganti bohlam depan jupiter MX
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
cover depan motor
dengan obeng (+)
3.
Lepas
soket lampu
4.
Lepas
bohlam dan pasang
bohlam baru kemudian pasang
soket lampunya
5.
Pasang
cover depan dan
kencangkan bautnya dengan
obeng (+)
|
Minggu 10 Mei
2015
|
LIBUR
|
NIHIL
|
Senin 11 Mei
2015
|
Membersihkan filter udara motor
Vixion
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya
menggunakan obeng (+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Selasa 12 Mei
2015
|
Mengganti kaca
spion sebelah kiri
bison
|
1. Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan
kunci Ring 14
2. Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan
kunci Ring 14
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Rabu 13 Mei
2015
|
Tune up karburator
Vega ZR
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
bodi bodi yang
menghalangi pelepasan
karburatotr dengan obeng (+)
3.
Matikan
keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng (+) setelah itu
lepas kerburator dengan
melepas saluran filter
menggunakan obeng
(+) dan
lepas saluran
manifold dengan
menggunakan kunci
Ring 8
4.
Buka
tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin
dan koas setelah itu semprot
dengan angin
kompresor
5.
Pasang
kembali semua
komponenya kemudian
pasang tutup karburator dan
kencangkan dengan obeng (+)
6.
Pasang
karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan
kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.
Pasang
keran bensin dan
kencangkan bautnya
menggunakan obeng (+)
8.
Pasang
bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.
Stel
karburator hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar
|
Kamis 14 Mei
2015
|
Mengganti oli
Motor supra X
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Letakan wadah pembuangan oli dibawah lubang pembua-
ngan oli
3. Buka mur lubang pembuangan oli dengan kunci Ring 17
4. Buka lubang pengisian oli
Dengan tang
5. Setelah oli terkuras, tutup lubang pembuangan oli
Kemudian kencangkan dengan kunci Ring 17
6. Masukan oli baru kedalam lubang pengisian oli
Menggunakan corong, setelah itu tutup lubang
pengisian oli kemudian kencangkan dengan tang.
|
Jum’at 15 Mei
2015
|
Membersihkan filter udara motor
Beat injeksi
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng
(+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Sabtu 16 Mei
2015
|
Membersihkan rumah CVT motor xeon
|
1.
Posisikan
motor pada standar utama
2.
Lepas
tutup rumah CVT
dengan melepas bautnya
menggunakan kunci T8
3.
Bersihkan
rumah CVT dengan angin kompresor
4.
Pasang
kembali tutup rumah CVT dan kencangkan baut bautnya dengan kunci T8
|
Minggu 17 Mei
2015
|
LIBUR
|
NIHIL
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Senin 18 Mei 2015
|
Tune up karburator
jupiter
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas bodi bodi yang
menghalangi pelepasan
karburatotr dengan obeng (+)
3. Matikan keran aliran bensin kemudian lepas keran bensin dengan obeng
(+) setelah itu lepas kerburator dengan
melepas saluran filter
menggunakan obeng
(+) dan
lepas saluran
manifold dengan
menggunakan kunci
Ring 8
4.
Buka
tutup karburato dengan obeng (+) dan lepas semua komponenya kemudian
Bersihkan dengan bensin
dan koas setelah itu semprot
dengan angin
kompresor
5.
Pasang
kembali semua
komponenya kemudian
pasang tutup karburator dan
kencangkan dengan obeng (+)
6.
Pasang
karburator pada motor kemudian kencangkan saluran filter dengan obeng (+) dan
kencangkan saluran manifold dengan kunci Ring 8
7.
Pasang
keran bensin dan
kencangkan bautnya
menggunakan obeng (+)
8.
Pasang
bodi bodi motor dan kencangkan bautnya dengan obeng (+)
9.
Stel
karburator hingga pada perbandingan yang sesuai
Standar
|
Hari dan Tanggal
|
Jenis Pekerjaan
|
Uraian Kerja
|
Selasa 19 Mei 2015
|
Membersihkan filter udara motor
Vixion
|
1. Posisikan motor pada standar utama
2. Lepas tutup rumah filter dengan melepas baut bautnya menggunakan obeng
(+)
3. Lepas filter dari rumah filter kemudian bersihkan
dengan angin kompresor
4. Pasang kembali filter pada rumah filter
Pasang tutup rumah filter dan kencangkan baut
bautnya dengan obeng (+)
|
Rabu 20 Mei 2015
|
Mengganti kaca
spion sebelah kiri
vega R
|
1. Lepas kaca sepion kiri motor dengan menggunakan kunci Ring 14
2. Pasang kaca spion yang baru dan kencangkan dengan kunci Ring 14
|
No comments:
Post a Comment