BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan metode demonstrasi
Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI pada materi
standar kompetensi shalat di SMKN 1 Cirebon sangat berperan atau terhadap
korelasi yang positif, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.
Penggunaan
metode demonstrasi pda materi standar kompetensi shalat kelas XI di SMKN 1
Cirebon adalah sebesar (96%) yang artinya prosentase ini dinyatakan digunakan
dalam pencapaian proses pembelajaran
2.
Motivasi
belajar siswa pada materi standar kompetensi shalat kelas XI SMKN 1 Cirebon
pada saat guru menggunakan metode demonstrasi dalam kategori baik dengan rata –
rata mencapai (99,25%)
3.
Dari
hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien kolerasi antara penggunaan metode
demonstrasi dengan motivasi belajar siswa pada materi standar kompetensi shalat
di SMKN 1 Cirebon yaitu sebesar 2,255 terdapat pengaruh yang positif dan kuat
karena berada pada rentang 0,80 – 1000 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat
korelasi positif dan signifikan antara penggunaan metode demonstrasi Pendidikan
Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa pada materi standa kompetensi
shalat di SMKN 1 Cirebon
B. Saran – Saran
Adapun saran
yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas sebagai
berikut :
1.
Guru
sebagai tenaga pendidik dalam rangka meningkatkan ibadah siswa hendaknya mampu
menerapkan metode dan teori yang dimilikinya dengan baik, agar apa yang menjadi
tujuan dari proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik.
2.
Kepala
Sekolah sebagai administrator dan supervisor, hendaknya selalu memberikan
arahan dan bimbingan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan dan
keterampilan, guru meningkatkan kualitas pendidikan.
3.
Orang
tua, hendaknya memberikan arahan dan motivasi yang baik kepda anaknya, agar
selalu melaksanakan shalat dengan baik, serta bisa] meningkatkan ibadahnya
kepada Allah SWT.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi,
Abu dan Joko Tri Prasetya, 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung ; Pustaka
Setia
Angkowo,
Robertus dan A. Kosasih 2007. Optimalisai Media Pembelajaran Jakarta;
PT.Grasindo
Arikunto,
Suharsimi.2006. Prosedus Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta;Rineka
Cipta
Ash-Shidiqy,Hasby.1992.Proyek
Al Qur’an dan Terjemahannya. Depag RI.
Drajat,Zakiah.2004.Metodik
Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta ; Bumi AKsara
Darajat,Zakiah.2004.Metodologi
Pengajaran Agama Islam.Jakarta ; Bumi Aksara
Djamarah,Syaiful
Bahri dan Aswan Zain.1996.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta;Rineka Cipta
Faruq,Abu
Umar.1998.Didaktik Metodik.Jakarta ; Bina Aksara.
Humalik,Oemar.2001.Proses
Belajar Mengajar.Jakarta;Bumi Aksara.
N.K.Roestiya.1998.Didaktik
Metodik.Jakarta ; Bina AKsara
Poerwadarminta,
WJS.1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta;Balai Pustaka
Purwanto,NGalim
2002.Psikologi Pendidikan.Bandung ; Remaja Rosda Karya
Rasjid,
Sulaiman 2008.Figh Islam.Bandung ; SInar Baru Algensindo
Sudijono,
Anas 2006.Pengantar Statis Pendidikan.Jakarta ;Raja Grafindo Persada
Sudijono
Anas. 2006.Pengantar Evgaluasi Penddikan.Jakarta ; Raja Grafindo Persada
Zainudin,
Masyhuri.2008.Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif.Malang ;
Refika Aditama.
Lampiran
1
Tabel
4.23
Analisis
Rehabilitas
Variabel
X (Metode Demonstrasi)
No
|
Item Jumlah
Soal
|
X
|
X2
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
2.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
3.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
4.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
5.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
6.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
7.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
8.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
9.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
10.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
11.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
12.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
28
|
784
|
13.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
14.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
15.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
16.
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
27
|
729
|
17.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
18.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
27
|
729
|
19.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
20.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
21.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
22.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
23.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
24.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
25.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
26.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
27.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
28.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
29.
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
1
|
27
|
729
|
30.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
31.
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
28
|
784
|
32.
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
28
|
784
|
33.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
34.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
35.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
1
|
27
|
27
|
36.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
37.
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
28
|
784
|
38.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
39.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
40.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
∑
|
119
|
117
|
116
|
119
|
119
|
117
|
119
|
119
|
119
|
116
|
1180
|
34852
|
Lampiran
2
Tabel
4.24
Analisis
Rehabilitas
Variabel
Y (Motivasi Belajar Siswa)
No
|
Item Jumlah
Soal
|
X
|
X2
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
2.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
3.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
4.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
5.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
6.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
7.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
8.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
9.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
10.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
11.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
12.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
13.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
14.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
15.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
16.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
29
|
841
|
17.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
18.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
19.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
20.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
21.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
22.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
23.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
24.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
25.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
26.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
27.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
28.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
29.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
30.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
31.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
32.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
29
|
841
|
33.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
34.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
35.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
36.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
37.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
38.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
39.
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
29
|
841
|
40.
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
900
|
∑
|
119
|
120
|
120
|
120
|
120
|
119
|
120
|
120
|
119
|
120
|
1197
|
35823
|
Lampiran
3
Penggunafan Metode Demonstrasi
Instrumen Angket
Nama : ……………………………………
Kelas : ……………………………………
PETUNJUK
Jawablah
Pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf a,b, atau c yang dianggap paling
benar!
1.
Apakah
penggunaan metode demonstrasi sering dilakukan oleh guru ?
a.
Ya
Sering
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
2.
Apakah
metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran materi shalat fardhu
a. Ya
b. Kurang
Efektif
c. Tidak
Efektif
3.
Apakah
siswa diikutsertakan dalam praktek shalat?
a.
Ya
Sering
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
4.
Apakah
diperagakannya shalat dapat mendorong kemauan siswa untuk mempraktekannya ?
a. Ya
sering
b. Kadang
– kadang
c. Tidak
pernah
5.
Apakah
penjelasan materi sebelum peragaan dilakukan ?
a.
Ya
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
6.
Apakah
penjelasan gurud apat dipahami siswa ?
a.
Ya
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
7.
Apakah
guru dalam mengajarkan materi shalat menunjukan gambar tata cara shalat ?
a.
Ya
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
8.
Apakah
guru menunjukan tata cara shalat yang baik ?
a.
Ya
b.
Kadang
– Kadang
c.
Tidak
Pernah
9.
Apakah
guru mengajukan pertanyaan setelah penggunaan metode demonstrasi?
a.
Ya
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
Pernah Bertanya
10.
Apakah
peragaan dapat menjadikan siswa memperhatikan tata cara shalat fardhu?
a.
Ya
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
Nenoergantujab
Lampiran
4
Motivasi belajar Siswa
Instrumen Angket
Nama : ……………………………………
Kelas : ……………………………………
PETUNJUK
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf a, b atau cyang dianggap paling benar
!
1.
Apakah
kamu memperhatikan pelajaran dengan baik
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
2.
Apakah
kamu tekun dalam mengikuti pelajaran di kelas
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
3.
Apakah
gairah belajar kamu meningkat
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
4.
Apakah
kamu tenang dalam menghadapi kesulitan
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
5.
Apakah
kamu tidak cepat menyerah
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
6.
Apakah
kamu berupaya menyelesaikan kesulitan
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
7.
Apakah
kamu aktif dalam proses belajar mengajar
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
8.
Apakah
kamu senang mengikuti pelajaran dikelas
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
9.
Apakah
kamu mengerjakan tugas dengan baik
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
10.
Apakah
kamu menggunakan waktu diluar jam pelajaran dengan baik
a.
Selalu
b.
Kadang
– kadang
c.
Tidak
pernah
Lampiran 5
Angket
Efektifitas Penggunaan Metode Demonstrasi pada Materi Standar Kompetensi Shalat
di SMKN 1 Cirebon
Nama
: ……………………..
Kelas : ……………………..
Bacalah
pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dan berilah tanda cek lis (P) pada kolom
jawaban sesuai dengan pendapat kamu.
Alternatif
jawaban dan skor yang disediakan sebagai berikut :
S : Selalu
KK : Kadang – kadang
TP : Tidak Pernah
No
|
Pertanyaan
|
Pilihan
Jawaban
|
||
S
|
KK
|
TP
|
||
|
Pada
saat guru menggunakan metode demonstrasi apakah kamu :
|
|
|
|
1.
|
Memperhatikan
pelajaran dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Tekun
dalam mengikuti pelajaran di kelas
|
|
|
|
3.
|
Gairah
belajar meningkat
|
|
|
|
4.
|
Tenang
dalam menghadapi kesulitan
|
|
|
|
5.
|
Tidak
cepat menyerah
|
|
|
|
6.
|
Berupaya
menyelesaikan kesulitan
|
|
|
|
7.
|
Aktif
dalam proses belajar mengajar
|
|
|
|
8.
|
Senang
mengikuti pelajaran di kelas
|
|
|
|
9.
|
Mengerjakan
tugas dengan baik
|
|
|
|
10.
|
Menggunakan
waktu diluar jam pelajaran dengan baik
|
|
|
|
Lampiran 6
Standar Kompetensi : 6. Memahami Tata
Cara Shalat Fardhu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
6.1
Menjelaskan Ketentuan – ketentuan shalat Fardhu
|
Shalat
Fardhu
|
1.
Menjelaskan pengertian Shalat fardhu dan dasar
hukumnya
|
2.
Menyebutkan syarat – syarat shalat
|
||
3.
Menyebutkan rukun – rukun shalat
|
||
4.
Menyebutkan hal – hal yang membatalkan shalat
|
||
5.
Menjelaskan tata cara shalat fardhu secara
berurutan (tertib)
|
||
6.
Mempraktekan shalat fardhu secara benar
|
Lampiran
Motivasi Belajar
SIswa Instrumen ANgket
Instrumen Angket
Nama : ……………………………………
Kelas : ……………………………………
PETUNJUK
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dengan memberikan tanda silang
(X) pada huruf a,b atau c yang dianggap paling benar
!
No comments:
Post a Comment